"Walaupun dirimu tak bersayap
Ku akan percaya
Kau mampu terbang bawa diriku
Tanpa takut dan ragu..."

Kalau kamu membuka TikTok atau Instagram belakangan ini, potongan lagu tersebut begitu viral karena telah dipakai dalam lebih dari 40 ribu video. Jenis videonya pun beragam, ada yang menampilkan pasangan mereka, hingga bentuk pujian terhadap pasangan yang telah memperlakukan mereka layaknya seorang dewi.

Potongan lagu yang diunggah pada awal Agustus 2022 lalu tersebut merupakan salah satu bentuk promosi menuju rilisnya "Sang Dewi" yang di-remake oleh komposer Andi Rianto dan dibawakan oleh Lyodra Ginting.

Tak hanya menjadi lebih segar, lagu "Sang Dewi" yang begitu melekat dengan sosok Titi DJ sebagai penyanyi pertamanya ini kemudian hadir dengan warna baru dan musik yang lebih megah. Penasaran dengan lagu ini, Bela? Simak selengkapnya berikut ini.

Rilis kembali setelah 21 tahun

Lyodra & Andi Rianto: Sang Dewi yang Terlahir Kembali Dok. Universal Music Indonesia

Melihat sejarahnya, "Sang Dewi" pertama kali diciptakan oleh Andi Rianto pada tahun 2001 untuk Titi DJ. Saat itu, Andi mengaku membuat lagu ini untuk menciptakan vibes yang lebih bersemangat dan menggambarkan perempuan yang kuat.

"Saat itu lagu 'Bahasa Kalbu' sudah booming. Jadi, saya berpikir lagi, lagu bagaimana lagi yang ingin saya ciptakan yang vibes-nya itu nggak galau terus. Akhirnya terciptalah lagu ini di tahun 2001 dengan Titi DJ sebagai penyanyinya," ungkap Andi dalam konferensi pers peluncuran lagu "Sang Dewi", Kamis, 11 Agustus 2022.

Sampai tahun 2022 ini--atau selama 21 tahun--meski banyak yang meng-cover lagu ini di YouTube, belum ada yang secara resmi membawakan ulang lagu "Sang Dewi" dan sosok Titi DJ begitu melekat dengan lagu tersebut. 

Alasan Andi Rianto memilih Lyodra untuk lagu "Sang Dewi"

Lyodra & Andi Rianto: Sang Dewi yang Terlahir Kembali Dok. Universal Music Indonesia

Setelah sukses menggandeng Raisa untuk membawakan ulang "Bahasa Kalbu", Andi kemudian mengaransemen ulang "Sang Dewi" untuk proyek kolaborasinya. Lalu, di antara semua penyanyi pendatang baru, Lyodra yang terpilih dan dipercaya untuk membawakan lagu yang berhasil mendapatkan Multi Platinum Award 2001 tersebut.

"Sebenarnya alasan mendasar karena saya ada pengalaman mengiringi Lyodra. Saya tahu, ini anak bisa, tekniknya bisa, bagus, dan dia menyanyi lewat hati. Buat saya juga harus suaranya merdu, bisa dapat feeling-nya. Lyodra ini paket lengkap," ungkap Andi soal alasannya memilih Lyodra sebagai penyanyi untuk membawakan ulang "Sang Dewi".

Gemetar dan menangis saat proses rekaman

Lyodra & Andi Rianto: Sang Dewi yang Terlahir Kembali Dok. Universal Music Indonesia

Bagi Lyodra, lagu "Sang Dewi" adalah lagu yang telah melekat dengan sosok Titi DJ, menjadi salah satu lagu tersulit, dan ia tak menyangka, kini dirinya dipercaya untuk membawakan kembali lagu tersebut.

"Lagu ini rilis bahkan sebelum aku lahir. Tapi, aku nggak awam banget soal lagu ini. Aku sering membawakannya saat ikut festival dan lomba menyanyi. Lagu 'Sang Dewi' merupakan salah satu lagu tersulit yang pernah aku bawakan karena range vokalnya luas. Tapi, aku bangga banget karena dipercaya untuk membawakan lagu ini," ungkap Lyodra.

Saat konferensi pers, Lyodra juga mengungkapkan ketakutannya ketika proses rekaman berlangsung. "Nggak tahu kenapa pas mau rekaman, aku gemetar hebat. Sampai-sampai Mas Andi telepon Mama Titi untuk menenangkan aku. Setelah ditelepon, Mama Titi memberikan restu, akhirnya aku sedikit lebih tenang dan bisa rekaman dengan lancar," cerita Lyodra.

"Sang Dewi" dengan musik yang lebih megah

Lyodra & Andi Rianto: Sang Dewi yang Terlahir Kembali Dok. Universal Music Indonesia

Melibatkan Budapest Scoring Orchestra, lagu yang menceritakan tentang seorang perempuan yang menemukan cinta sejatinya ini terdengar lebih megah dibandingkan dengan versi originalnya. 

Jika kamu sudah memfavoritkan "Sang Dewi" versi Titi DJ, POPBELA yakin, kamu juga akan menyukai versi remake ini karena warna baru yang diberikan Andi Rianto membuatmu ingin mendengarnya lagi dan lagi.

"Ini suatu kerhormatan untuk aku menyanyikan lagu 'Sang Dewi' yang dibawakan oleh salah satu penyanyi terbaik Indonesia, Titi DJ. Semoga banyak yang suka dan mendengarkan, juga bisamemberikan warna baru untuk lagunya," tutup Lyodra.

Lirik lagu "Sang Dewi"

https://www.youtube.com/embed/jzxCaNGJcPE

"Sang Dewi" - Lyodra & Andi Rianto

Walaupun jiwaku pernah terluka
Hingga nyaris bunuh diri
Wanita mana yang sanggup hidup sendiri
Di dunia ini

Walaupun t'lah kututup mata hari
Begitu pun telingaku
Namun bila di kala cinta memanggilmu
Dengarkanlah ini

Walaupun dirimu tak bersayap
Ku akan percaya
Kau mampu terbang bawa diriku
Tanpa takut dan ragu

Walaupun mulutku pernah bersumpah
Tak sudi lagi jatuh cinta
Wanita seperti diriku pun ternyata
Mudah menyerah

Walaupun kau bukan titisan dewa
Ku takan kecewa
Karena kau jadikanku sang dewi
Dalam taman surgawi

Walaupun dirimu tak bersayap
Ku akan percaya
Kau mampu terbang bawa diriku
Tanpa takut dan ragu

Walaupun kau bukan titisan dewa
Ku takan kecewa
Karena kau jadikanku sang dewi
Dalam taman surgawi

Baca Juga: Lyodra akan Kolaborasi dengan Calum Scott Lewat Lagu "Heaven"

Baca Juga: Makin Mesra, Ini 9 Gaya Pacaran Lyodra Ginting dan Riza Syah

Baca Juga: Potret Natural A la Lyodra Ginting, Manis Memikat!