Kamu yang sering membuka media sosial pasti akhir-akhir ini menyadari kalau beberapa figur publik dan online shop sering mengadakan giveaway. Tak tanggung-tanggung, hadiah dari giveaway yang mereka adakan berupa ponsel dengan harga belasan juta, hingga kendaraan bermotor.

Beberapa akun figur publik dan online shop mengadakan giveaway dengan tujuan untuk meningkatkan followers atau jumlah interaksi di akun sosial media mereka.

Ingin mencoba membuat giveaway sendiri di akun sosial media kamu, Bela? Coba beberapa tips berikut ini, ya.

1. Self-Giveaway

Lagi Viral, Ini Cara Bikin Giveaway untuk Naikan Followers di SosmedFreepik.com

Seperti yang Popbela perhatikan, ada dua jenis giveaway yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah followers kamu. Pertama, ada self giveaway. Giveaway jenis ini biasanya dilakukan secara mandiri. Maksudnya, mulai dari promosi, syarat dan ketentuan, serta modal hadiah kamu sediakan sendiri. Intinya, dari awal sampai akhir semua giveaway kamu yang mengatur sendiri.

Untuk membuat self giveaway, berikut cara yang bisa kamu lakukan, Bela.

  1. Tentukan tujuan dari giveaway kamu. Apakah ingin menambah jumlah followers, menambah interaksi atau menaikan branding. Tentukan satu tujuanmu karena tujuan giveaway ini nantinya akan berpengaruh besar terhadap mekanisme pelaksanaannya.
  2. Keterangan hadiah dan penentuan pemenang juga jangan lupa untuk kamu buat, ya. Hal ini dapat meminimalkan komplain dan giveaway kamu jadi lebih transparan.
  3. Setelah tujuan dibuat, tentukan jangka waktu giveaway. Berapa lama kamu menunggu jumlah peserta yang akan ikut sampai batas waktunya yang telah kamu tentukan.
  4. Buat mekanisme dan syarat ikut giveaway. Mekanisme dan ketentuan yang jelas ini akan memudahkanmu menentukan pemenang nantinya. Misalnya, syaratnya harus follow akun kamu jika tujuan giveaway kamu adalah menambah followers. Atau tulis komentar dan spam like jika tujuan kamu adalah meningkatkan interaksi (engagement).
  5. Jika semua syarat dan ketentuan telah rapi kamu buat dan periode giveaway telah sampai di batas waktu yang sudah kamu tentukan, kini saatnya menentukan pemenang. Supaya nggak repot memilihnya, kamu bisa memasukan nama atau username sosial media ke dalam aplikasi random picker agar pemilihan pemenang tranparan. Akan lebih baik jika pemilihan pemenang dilakukan secara live agar peserta giveaway tahu bahwa pemilihan pemenang benar-benar transparan dan tidak ada kecurangan.
  6. Kalau pemenang sudah terpilih, umumkan di sosial media kamu. Jangan lupa mention username pemenang agar mereka tahu dan segera mengonfirmasi untuk pengiriman hadiahnya.

Cukup rumit memang untuk mengadakan giveaway sendiri. Namun hasilnya bisa kamu ukur sendiri dan bisa menjadi bahan evaluasi di giveaway berikutnya.

2. Sponsored Giveaway

Lagi Viral, Ini Cara Bikin Giveaway untuk Naikan Followers di SosmedFreepik.com

Jika kamu tidak ingin repot untuk mengadakan giveaway sendiri, kamu bisa ikut giveaway sponsor. Maksudnya, kamu menjadi sponsor untuk salah satu giveaway yang diadakan oleh host. Biasanya, host ini akan mengumpulkan beberapa online shop yang ingin menjadi sponsor untuk giveaway dengan membayar dalam jumlah tertentu.

Masih bingung dengan cara ikut menjadi sponsored giveaway? Kamu bisa cek di thread Twitter ini ya.

Biasanya kalau sponsored giveaway ini, host akan memberikanendorsement kepada artis atau figur publik untuk mempublikasikan giveaway yang mereka adakan. Artis atau figur publik yang mempublikasikan giveaway ini nantinya akan menuliskan syarat dan ketentuan giveaway di sosial media mereka. Salah satunya adalah wajib follow akun sosial media kamu (dan semua sponsor yang mengikuti giveaway).

Tak perlu repot, kamu hanya tinggal menunggu jumlah followers-mu bertambah dengan sendirinya berkat giveaway ini, karena host yang akan mengurusnya sampai selesai. Atau jika kamu memiliki waktu luang, kamu mungkin tertarik untuk menjadi host giveaway, Bela?

Kekurangan dari sponsored giveaway adalah loyalitas followers yang sangat rendah. Ketika pengumuman pemenang giveaway dipublikasikan, followers yang tidak menang akan dengan sangat mudah unfollow akun kamu.

Apapun jenis giveaway yang kamu ingin lakukan, semua terserah padamu, Bela. Tapi satu hal yang perlu kamu ingat adalah kejujuran dan jangan menipu. Artinya, jika giveaway sudah selesai kamu harus benar-benar mengirimkan hadiah sesuai dengan yang kamu janjikan. Jangan sampai kamu ingkar janji, agar tingkat kepercayaan followers kepada akun media sosialmu meningkat.

Itulah beberapa tips dan cara membuat giveaway untuk naikan followers di sosmed. Selamat mencoba membuat giveaway!

Baca Juga: Akun Kekeyi Menghilang, Gara-Gara Unggahan Giveaway?

Baca Juga: Tips Belanja Tas Branded Second! Plus Daftar Website Resale yang Aman

Baca Juga: Nggak Perlu Beli, Ini Trik Menambah Followers Instagram Secara Gratis