Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tentu ada kalanya kita melakukan kekhilafan dan dosa. Dosa dan khilaf tersebut terjadi baik disengaja, maupun tidak. Meski pernah berbuat dosa, Allah SWT Yang Maha Pengampun tetap memberikan kita kesempatan untuk bertaubat, menghapus dosa yang pernah kita perbuat dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebelum tutup usia, masih ada kesempatan bertaubat dan memperbaiki kesalahan. Besar atau kecilnya dosa yang pernah kita perbuat dapat Allah SWT hapuskan apabila kita benar-benar bertaubat.

Perihal bertaubat, bahkan sudah pernah Allah SWT tuliskan dalam Alquran berikut ini.

اَلَمْ يَعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهٖ وَيَأْخُذُ الصَّدَقٰتِ وَاَنَّ اللّٰهَ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

"A lam ya'lamū annallāha huwa yaqbalut-taubata 'an 'ibādihī wa ya`khużuṣ-ṣadaqāti wa annallāha huwat-tawwābur-raḥīm."

Artinya: "Tidakkah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima tobat hamba-hamba-Nya dan menerima zakat(nya), dan bahwa Allah Maha Penerima taubat, Maha Penyayang?" (QS. At-Taubat: 104)

Cara bertobat adalah dengan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan lagi, memperbanyak ibadah, dan membaca doa taubat. Apa saja kumpulan doa taubat yang bisa kita baca? Simak berikut ini.

1. Doa taubat Nabi Adam AS

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Kisah Nabi Adam AS yang melanggar perintah Allah SWT karena terhasut rayuan iblis tentu sudah kita ketahui sebelumnya. Karena perbuatannya itu, Nabi Adam AS menyadari kesalahannya, memohon ampun kepada Allah SWT dan bertaubat. Saat bertaubat, doa yang dibaca oleh Nabi Adam AS adalah sebagai berikut.

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

"Qālā rabbanā ẓalamnā anfusana wa il lam tagfir lanā wa tar-ḥamnā lanakụnanna minal-khāsirīn."

Artinya: “Keduanya berkata, "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

2. Doa taubat Nabi Yunus AS

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Nabi Yunus AS pernah melakukan kesalahan, yakni tidak sabar dan meninggalkan kaumnya yang tidak mau diajak memeluk agama Allah SWT. Ia pun mendapat teguran dari Allah SWT dan segera bertaubat. Doa yang dibaca Nabi Yunus AS saat bertaubat tercantum dalam Alquran Surat Al-Anbiya ayat 87 yang berbunyi sebagai berikut.

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

"Wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira 'alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn."

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, 'Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.'" (QS. Al-Anbiya: 87)

3. Doa taubat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Nabi Muhammad SAW pernah diminta oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mengajarinya doa taubat. Doa tersebut akhirnya dibaca selepas salat oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq. Doa taubat yang diajarkan Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

"Allahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiran wa laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta faghfirlii maghfiratan min 'indika warhamnii innaka antal ghafuurur rahiim."

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

4. Doa taubat berdasarkan hadis shahih

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Doa taubat berdasarkan hadis shahih adalah sebagai berikut.

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيْمَ الَّذِيْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

"Astaghfirullaahal 'azhiima-lladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, wa atuubu ilaih."

Artinya: "Aku minta ampun kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Yang Hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan aku bertobat kepada-Nya." (HR. Abu Dawud 2/85, At-Tirmidzi 5/569, Al-Hakim). 

5. Doa taubat berdasarkan HR. Bukhari dan Muslim

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Doa taubat berdasarkan HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705 dapat dibaca sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ ظُلْمًا كَثِيْرًا، وَلاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِيْ مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

"Allaahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiron, wa laa yaghfirudz-dzunuuba illaa anta, faghfir lii maghfirotan min 'indika, warhamnii, innaka antal ghofuurur-rohiim."

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, dan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka ampunilah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (HR. Bukhari no. 834 dan Muslim no. 2705).

6. Doa taubat berdasarkan HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari

Jalani Hidup Lebih Tenang, Ini Kumpulan Doa Taubat Menurut Agama Islamfreepik.com/Jcomp, edited by Niken Ari

Doa taubat berdasarkan HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari adalah sebagai berikut.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَتُبْ عَلَىَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

"Robbighfir lii wa tub 'alayya, innaka antat-tawwaabur-rohiim."

Artinya: "Ya Rabbku, ampunilah dosa-dosaku dan terimalah tobat dariku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa'i, Al-Bukhari). 

Itulah tadi kumpulan doa taubat menurut agama Islam yang dapat kita baca selepas salat. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita.

Baca Juga: Niat, Tata Cara Pelaksanaan, serta Doa Salat Taubat 

Baca Juga: Doa Nabi Nuh Memohon Diberi Keputusan, Keselamatan dan Pengampunan

Baca Juga: Supaya Jadi Berkah, Ini Kumpulan Doa Saat Sedekah yang Perlu Kamu Tahu