Baru-baru ini Maia Estianty mengunggah curhatannya kalau ia tertipu oleh oknum GoJek. Penipuan yang ia alami mengakibatkan saldo GoPay-nya terkuras ini tak berhenti sampai di situ saja. Sang penipu ternyata juga berhasil meretas akun di salah satu e-commerce miliknya dan berusaha membeli sebuah ponsel terbaru.

Kok bisa? Bagaimana kronologi kejadiannya? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Berawal dari Memesan Makanan Secara Online

Saldo GoPay Terkuras, Ini Kronologi Maia Estianty Tertipu Oknum GoJekInstagram.com/maiaestiantyreal

Kejadian bermula pada tanggal 28 Desember 2019, saat itu Maia memesan makanan secara online menggunakan GoFood yang terdapat di aplikasi GoJek. Saat si pengemudi GoJek hendak mengantarkan makanannya, ia mengaku motornya mogok dan meminta Maia untuk memasukan kode *21*082178912261# dengan dalih supaya makanan pesanan Maia bisa diantar oleh rekan GoJeknya yang lain.

Maia menuruti permintaan sang oknum dan ternyata dengan mengklik kode tersebut semua data di ponsel Maia teralihkan ke ponsel sang oknum. Otomatis semua panggilan dan pesan masuk yang ditujukan ke nomor Maia teralihkan ke ponsel sang oknum, termasuk pesan kode One Time Password (OTP) yang membuat sang oknum dengan mudah log in ke akun GoJek Maia.

Akun GoJek Teretas dan Saldo GoPay Terkuras

Saldo GoPay Terkuras, Ini Kronologi Maia Estianty Tertipu Oknum GoJekInstagram.com/maiaestiantyreal

Setelah mengetik kode *21*082178912261#, tak cuma akun GoJek Maia yang teretas. Akun WhatsApp-nya pun juga diambil alih oleh sang oknum yang memudahkannya mendapatkan kode OTP GoJek yang dikirim melalui WhatsApp.

Dengan mendapatkan kode OTP, jelas sang oknum bisa dengan leluasa mengambil alih akun Maia. Ia pun menguras semua saldo GoPay yang ada di akun tersebut. Hingga saat ini, Maia belum mengonfirmasi berapa jumlah saldo GoPay-nya. Ia pun ikhlas dengan kehilangan yang menimpa dirinya saat itu.

Akun E-Commerce Juga Diretas dan Berusaha Membeli Ponsel Baru

Saldo GoPay Terkuras, Ini Kronologi Maia Estianty Tertipu Oknum GoJekInstagram.com/maiaestiantyreal

Tak berhenti sampai di situ, sang oknum juga meretas akun e-commerce Tokopedia milik Maia. Sang oknum masuk ke dalam akun Tokopedia Maia dan berusaha membeli ponsel baru. Namun, aksi ini dapat digagalkan lantaran akun Tokopedia Maia tersambung ke kartu kredit pribadinya.

Sehingga saat transaksi terjadi, ada notifikasi di ponsel asli Maia yang memberi tahu bahwa akun Tokopedia Maia akan membeli ponsel baru. Dengan cepat Maia memblokir kartu kreditnya dan transaksi dibatalkan.

Driver GoJek juga Jadi Korban

Saldo GoPay Terkuras, Ini Kronologi Maia Estianty Tertipu Oknum GoJekInstagram.com/maiaestiantyreal

Merangkum dari berbagai sumber, GoJek memberi klarifikasi bahwa tak hanya Maia yang menjadi korban dari kasus ini. Mitra driver-nya yang bernama Yusdi Alamsyah juga menjadi korban lantaran akun GoJek milik Yusdi-lah yang pertama diretas kemudian berlanjut ke akun Maia.

Penipuan ini disebut dengan nama social engineering, yakni penipuan dengan mengatas namakan sebuah instansi atau perusahaan.

Kini kasus Maia sudah dilaporkan ke pihak kepolisian dan berharap segera diusut hingga tuntas.

Lantaran kasus ini Maia menyarankan supaya pengguna jasa transportasi online membayar dengan uang cash dibandingkan uang digital karena memperkecil risiko. Maia juga mengatakan jika sang driver sudah meminta dan berkomentar aneh-aneh, kita jangan ragu untuk membatalkan pesanan.

Semoga masalah Maia cepat selesai dan sang oknum cepat tertangkap ya. 

Baca Juga: Ngakak Tapi Kasihan! 10 Orang Ini Kena "Zonk" Saat Belanja Online