Canggihnya teknologi yang bisa kita rasakan dalam gawai terkini, memang dapat memudahkan hidup sehari-hari. Bukan hanya berkomunikasi dan mencari informasi, melalui gawai, kita juga bisa berkarya. Salah satunya membuat film pendek yang epik.

Selasa, 4 Mei 2021, Galaxy Movie Studio 2021 resmi meluncurkan film pendek pertama yang seluruh adegannya direkam menggunakan inovasi teknologi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Berjudul Konfabulasi, sutradara Indonesia Angga Dwimas Sasongko merekam adegan demi adegan film dengan mengoptimalkan fitur kamera, seperti Director’s View, video recording 4K, Super Steady, dalam kondisi low light juga kinerja Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang ditenagai baterai 5.000 mAh.

Menampilkan aktor profesional ternama Indonesia seperti Reza Rahadian dan Dian Sastrowardoyo, film pendek Galaxy Movie Studio 2021 Konfabulasi dapat disaksikan di Official YouTube Samsung Indonesia mulai 5 Mei 2021.

Penasaran dengan film ini? Simak penjelasan lebih lanjutnya berikut.

Sinopsis: merekonstruksi memori dan mengisinya dengan ingatan baru

'Konfabulasi', Film Pendek yang Diproduksi Hanya Menggunakan PonselDok. Samsung Indonesia

Konfabulasi merupakan sebuah film pendek ber-genre action heist yang bercerita tentang Bilal (Reza Rahadian) dan Marla (Dian Sastrowardoyo) yang terhubung melalui sebuah perangkat untuk menjalani proses konfabulasi. Jelasnya, konfabulasi merupakan sebuah proses rekonstruksi memori dengan mengisi memori palsu yang berasal dari arahan, pernyataan dan tebakan yang masuk akal.

Marla adalah seorang mentor yang berusaha memasuki ingatan dan “mencuri memori” dari Bilal. Di sisi lain, Bilal merupakan seorang agen yang hendak menerima tugas pertamanya. Marla berusaha mengganti repressed memory Bilal dan menggantinya dengan false memory. Usaha itu membuat Marla masuk ke alam bawah sadar (memori) Bilal dan menggantinya dengan kesadaran baru. 

Berhasil nggakya, Marla merekonstruksi memori Bilal dan membuatnya menjalankan misi pertamanya?

Pengalaman pertama Angga memproduksi film menggunakan ponsel

'Konfabulasi', Film Pendek yang Diproduksi Hanya Menggunakan PonselDok. Samsung Indonesia

Bagi sang sutradara, Angga Dwimas Sasongko, Konfabulasi menjadi pengalaman pertamanya menjalani proses syuting berbekal smartphone. Hal ini menjadi tantangan yang membuatnya semangat, sebab ia harus memastikan setiap adegan, gambar, serta penyampaian karakter terekam dengan baik, meski hanya menggunakan ponsel.

“Saat  menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G, saya sering sekali mengoptimalkan fitur Director’s View, low-light, Super Steady, dan merekam dengan resolusi 4K 60fps. Laser Auto Focus menangkap fokus objek dengan sangat cepat sangat saya apresiasi. Saya yakin Galaxy S21 Ultra 5G ini dapat menjadi andalan siapa saja untuk membuat movie-like content dengan hasil yang epik,” ujar Angga.

Pengalaman tak terlupakan bagi Reza Rahadian

'Konfabulasi', Film Pendek yang Diproduksi Hanya Menggunakan PonselDok. Samsung Indonesia

Senada dengan Angga, bagi Reza Rahadian, ini merupakan pengalaman pertama yang terlupakan untuk syuting secara profesional menggunakan smartphone. Reza merasa bahwa segalanya dalam film ini disajikan dan dijalani dengan tingkat profesionalisme yang tinggi.

“Selama pembuatan film Konfabulasi saya mengalami sendiri bagaimana sebuah inovasi memberikan bermanfaat dan membuka peluang bagi para insan perfilman, maupun anak muda. Saya kagum dengan hasil video recording 4K 60fps saat saya beraksi. Jadi sinematik. Selama shooting saya hampir lupa kalau film ini direkam dengan sebuah smartphone,” ungkap Reza.

Konfabulasi, naskah film terpilih pemenang Samsung Galaxy Movie 2020

'Konfabulasi', Film Pendek yang Diproduksi Hanya Menggunakan PonselDok. Samsung Indonesia

Dalam proses syuting Konfabulasi, turut berpartisipasi Kenza Lutfhiani sebagai pemenang dari Galaxy Movie Studio 2020 yang berhak terlibat dalam pembuatan film pertama Galaxy Movie Studio 2021.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya bisa mendapat kesempatan Galaxy Movie Studio, belajar secara langsung dengan sutradara sekelas Angga Dwimas Sasongko bersama tim yang telah berpengalaman. Saya melihat dan mengalami sendiri, bagaimana Fitur Director’s View mempermudah seorang filmmaker mengambil gambar yang epik. Kesempatan ini membuka jalan bagi saya untuk mewujudkan mimpi saya menjadi filmmaker profesional,” ungkap Kenza Lutfhiani, pemenang Galaxy Movie Studio 2021.

https://www.youtube.com/embed/7nQXSz0cNPw

Selain Reza Rahadian dan Dian Sastrowardoyo, film pertama Galaxy Movie Studio 2021 ini turut menampilkan aktor kenamaan Indonesia lainnya seperti Putri Ayudya yang berperan sebagai Ibu dari Bilal, Ozkan sebagai Bilal kecil, dan juga Sheila Dara sebagai Ria, agen yang bekerja bersama dengan Marla.

Penasaran dengan hasil film yang dibuat menggunakan ponsel? Saksikan Konfabulasi mulai 5 Mei 2021 di YouTube Samsung Indonesia.

Baca Juga: Berkaca Lewat 5 Film Pendek Karya 5 Sutradara dalam 'Quarantine Tales'

Baca Juga: The Tale of Thomas Burberry, Film Pendek dari Burberry yang Wajib Kamu Tonton!

Baca Juga: Marvel Rilis Jadwal 10 Film Baru di Trailer Fase 4 yang Keren!