Puan Bisa merupakan organisasi non-profit yang bergerak dalam mengembangkan kemampuan perempuan muda Indonesia dan cinta terhadap dirinya. Komunitas yang berdiri 1 Oktober 2020 ini, telah mengadakan festival yang bertajuk "Let’s Build Our
Future" dalam rangka ulang tahunnya yang ke-1 tahun pada 9-10 Oktober 2021 lalu.

Mengusung tiga pilar utama, yaitu self-improvement, karier dan kesehatan mental, Puan Bisa sudah berhasil menyebarkan pesan, sekaligus ilmu selama dua hari kepada peserta yang hadir. 

Diselenggarakan selama dua hari, Puan Bisa Festival menghadirkan narasumber narasumber inspiratif dalam setiap rangkaian acaranya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat perempuan muda sekaligus menjadi media hiburan. 

Festival ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan antusias yang baik dari para peserta, lho, Bela. Mau tahu kilas balik keseruan acara Puan Bisa Festival: Let’s Build Our Future ini? Simak selengkapnya berikut ini!

Day 1: makeup class dan kelas pengembangan karier

Ketinggalan Acara Puan Bisa Festival? Simak Keseruannya Berikut ini!Dok. Puan Bisa

Hari pertama acara Puan Bisa Festival ini dibuka dengan Wardah Beauty Class. Dalam acara ini, para peserta diberikan tutorial langsung oleh Make Up Artist Ayi Sumarni, atau yang akrab disapa Kak Ayi.

Dalam virtual makeup class ini, Kak Ayi memberikan tips tampilan makeup untuk kamu fresh graduate yang ingin tampil segar saat wawancara kerja. Look ala Kak Ayi ini tidak berlebihan, namun tetap terlihat elegan. Untuk mendapatkan tampilan ini, kamu cukup gunakan complexion (base). Yakni menggunakan foundation, cushion, compact powder atau loose powder, ditambah dengan menambahkan blush on

Kemudian, Kak Ayi juga memberikan tips riasan mata dengan teknik gradasi. Dalam tipsnya, Kak Ayi menyarankan untuk menggunakan warna muda, yang di-blend dengan warna yang lebih tua. Hasilnya? Kamu akan mendapatkan riasan mata yang elegan, tapi nggak berlebihan.

Eits! Tak berhenti sampai di situ. Kak Ayi juga mengajarkan teknik lipstik ombre yang banyak digunakan belakangan ini. Untuk mendapatkan hasil ombre, kamu bisa menggunakan lipstik berwarna coral atau pink nude. Setelah dipulaskan dengan rata, tambahkan lipstik dengan warna yang lebih gelap di atasnya. Tap tap lipstik supaya memberikan hasil ombre natural.

Bagaimana, Bela? Mudah banget, kan, tips dari Kak Ayi ini?

Hari pertama belum berakhir, Bela. Masih ada satu kelas lagi, yakni kelas pengembangan karier.

Siapa, sih, yang nggak bingung sama karier dan dunia profesional? Apalagi kalau sudah memasuki umur 20 tahun. Pasti ada saja pikiran-pikiran soal karier yang secara nggak sadar sudah membuat kita overthinking. Dalam acara Puan Bisa Festival sesi karier ini, Dinar Syarita sebagai narasumber membawakan topik “Cara Membuat Plan Karier dan Waktu Ideal untuk Memulainya”. 

Dalam sesi ini, Dinar mengatakan tidak ada waktu ideal untuk membuat rencana karier. Jawaban yang paling masuk akal adalah "better late than never", alias lebih baik terlambat mencoba daripada tidak sama sekali.

Jika kamu tidak memiliki rencana karier, tidak masalah, Bela. Kamu bisa memulainya dengan satu langkah kecil. Yakni membuat sketsa singkat tentang hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam waktu dekat. Sambil membuat rencanamu agar lebih matang, jangan lupa untuk menjalani kariermu sebaik mungkin agar kamu semakin mengetahui hal apa yang ingin kamu capai dalam hidup.

Day 2: kelas kesehatan mental dan self development

Ketinggalan Acara Puan Bisa Festival? Simak Keseruannya Berikut ini!Dok. Puan Bisa

Keseruan Puan Bisa Festival masih terus berlanjut di hari kedua, yakni pada tanggal 10 Oktober 2021. Di hari kedua ini, ada banyak kegiatan seru yang nggak cuma menyenangkan, tapi bisa membantu kita untuk mengembangkan diri.

Hari kedua Puan Bisa Festival dimulai dengan kelas kesehatan mental yang diisi oleh Gina Sinaga. Dalam kelas ini, Gina menyadarkan kita agar tidak kehilangan diri sendiri ketika kita terlalu fokus mengejar karier dan kuliah. Sesekali, lakukan kegiatan yang bisa menjaga kesehatan mentalmu di tengah padatnya aktivitas.

Untuk menjaga kesehatan mental ini, Gina memberikan tips untuk rutin melakukan meditasi, journaling dengan menulis kilas balik kehidupan yang sudah kamu jalani, me time, serta melakukan afrimasi untuk diri sendiri. Tak hanya itu Gina juga menyampaikan jangan pernah membandingan dirimu dengan orang lain karena setiap orang mempunyai pencapaiannya masing-masing, termasuk kamu.

Acara selanjutnya diisi dengan sesi self development bersama Maya Andzela. Dalam sesi ini, partisipan diajak untuk mencari tahu soal membangun, serta menerapkan growth mindset dalam hidup agar dapat membantumu menghargai setiap proses yang sedang kamu jalani.

Dalam self development ini, Maya seakan membuka pikiran para partisipan bahwa setiap kegiatan atau hal yang kita lakukan selama ini adalah proses untuk kita mencapai suatu hasil di kemudian hari. Maka dari itu, nikmati saja setiap langkah yang sedang kamu jalani saat ini. Susah dan senangnya, kamu syukuri. Jika kamu sudah menghargai proses ini, itu artinya kamu sudah dalam growth mindset.

Bela, tahu nggak, sih, seberapa penting hutan itu untuk kehidupan? Dalam sesi lingkungan ini Dini Setyorini sebagai narasumber dari Hutan Itu Indonesia (HII) mengatakan bahwa menjaga hutan sangat penting bagi siapapun yang tinggal di Bumi ini. Karena semua aspek kehidupan membutuhkan keberadaan hutan. 

Di sesi ketiga hari kedua Puan Bisa Festival, Dini mengajak kita untuk mulai menjaga hutan lewat satu langkah kecil dan sederhana. Misalnya, membeli produk-produk hutan yang nantinya akan memberikan dampak bagus untuk alternative income masyarakat sekitar hutan, menggunakan AC tidak lebih dingin dari 25°C, serta selalu memakai air secukupnya.

Ingin berkontribusi lebih pada lingkungan, Bela? Kamu bisa bergabung dengan program "Suka Hutan" yang digalakan oleh HII. Dalam kegiatan ini, kamu bisa mendalami kegiatan jaga hutan, sekaligus mendapat ilmu tentang kepemimpinan, serta kerja sama tim. Sebagai anak muda, kita dapat berperan aktif untuk menjaga hutan dan lingkungan. Karena bila kita jaga hutan, hutan akan menjaga kita!

Terakhir, rangkaian Puan Bisa Festival ditutup dengan music performance dari musisi-musisi muda. Festival musik ini menjadi penutup sekaligus metode self healing untuk para peserta yang telah mengiikuti seluruh rangkaian acara Puan Bisa Festival.

Bukan hanya tampil, para musisi, seperti Sandi Perdana, Jojo Laurens, Shena Malsiana, Mutiara Azka dan Tiara Putri juga menceritakan bagaimana jatuh bangun mereka selama meniti karier. Penampilan mereka pun mendapat sambutan hangat dan positif dari para partisipan Puan Bisa Festival yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara ini selama dua hari.

Itulah tadi rangkuman acara Puan Bisa Festival 2021. Jika kamu ketinggalan dan ingin menyimak ulang, kamu bisa membuka Instagram @PuanBisa. Sampai bertemu tahun depan!

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Mental selama Social Distancing 

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Kesehatan Mental

Baca Juga: 3 Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan untuk Kesehatan Mentalmu