Upacara pengibaran Bendera Pusaka untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen yang paling ditunggu setiap tahunnya. Para siswa SMA di seluruh Indonesia pun rela mengikuti seleksi ketat untuk menjadi pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka di Istana Negara. Sulit dan panjangnya proses seleksi, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi mereka yang terpilih. 

Tiap tahunnya, sosok pembawa baki dalam upacara pengibaran Bendera Pusaka selalu menjadi sorotan. Sebab, ia yang akan berhadapan langsung dengan Presiden Republik Indonesia untuk mengambil duplikat Bendera Merah Putih.

Kenalan Sama Salma Mutafaqqiha, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019Instagram.com/ppiboyolali

Pada tahun 2019 ini, perempuan yang mendapat kepercayaan sebagai pembawa baki adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi. Salma merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah, tepatnya dari Kabupaten Boyolali.

Salma, lahir di Malang, 16 Desember 2002. Salma merupakan siswi SMA Pradita Dirgantara, Boyolali, Jawa Tengah.

Kenalan Sama Salma Mutafaqqiha, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019Instagram.com/ppiboyolali

Fakta unik tentang Salma adalah saat proses latihan berlangsung, Salma hanya sesekali berlatih sebagai pembawa baki. Sebab sebelumnya, Salma hanya diajukan sebagai pembawa baki cadangan. Namun, ketika hari-H tiba, Salma yang masuk ke dalam Tim Merah mendapat kepercayaan sebagai pembawa baki.

Sementara itu yang bertugas mengibarkan bendera adalah Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai pembentang bendera, yang mewakili provinsi DKI Jakarta, dan Rangga Wirabrata Mahardika sebagai penggerak bendera dari provinsi Jawa Barat, yang bersekolah di SMA Presiden.

Baca Juga: Dinyanyikan Setiap Tahun, Ini Lirik Lagu '17 Agustus'