Pesta olahraga sepak bola terbesar di dunia, FIFA World Cup 2022 baru saja dimulai. Perhelatan empat tahunan ini kini digelar di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Banyak hal menarik dari kompetisi ini, Bela. Mulai dari opening ceremony-nya yang begitu meriah dan penuh warna, hingga munculnya Jungkook BTS sebagai pengisi acara dan membawakan official anthem FIFA World Cup 2022.

Tak cuma itu, maskot FIFA World Cup 2022 yang diberi nama La'eeb juga mencuri perhatian pencinta sepak bola. Bahkan, di opening ceremony yang digelar pada Minggu, 20 November 2022 lalu, La'eeb hadir di Al Bayt Stadium, Al Khor dengan ukuran raksasa yang memukau semua penonton.

Lantas, sebenarnya apa filosofi di balik maskot La'eeb yang berbentuk kuffiyah putih itu? Simak selengkapnya berikut ini.

Diperkenalkan ke publik pertama kali pada 1 April 2022

https://www.youtube.com/embed/_0OaO6dmxBA

Tujuh bulan sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2022 dimulai, atau tepatnya pada tanggal 1 April 2022, FIFA lebih dulu memperkenalkan La'eeb melalui YouTube. Perkenalan La'eeb bersamaan dengan proses drawing Piala Dunia 2022 yang digelar di Doha Exhibition Center, Doha, Qatar.

"Hi, I'm La'eeb, your best football buddy!" 

Kalimat tersebut muncul bersamaan dengan dirilisnya visualisasi La'eeb untuk pertama kalinya.

Berbentuk kuffiyah putih khas Qatar

Kenalan Sama La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang MenggemaskanTwitter.com/Football__tweet

Secara visual, La'eeb digambarkan sebagai kuffiyah berwarna putih. Kuffiyah merupakan penutup kepala yang biasa dipakai oleh orang-orang Timur Tengah. Selain itu, La'eeb juga divisualisasikan memiliki wajah yang riang gembira, sehingga diharapkan dapat memberikan semangat positif bagi yang melihatnya.

Filosofi di balik nama La'eeb

Kenalan Sama La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang MenggemaskanTwitter.com/Carlomika

Melansir dari situs resmi FIFA, nama La'eeb diambil dari Bahasa Arab yang memiliki arti pemain dengan kemampuan yang tinggi. Namun, sama seperti maskot Piala Dunia lainnya, semua orang bisa menginterpretasikan La'eeb dengan pemahaman mereka sendiri. Bagaimana orang-orang menginterpretasikan La'eeb, yang jelas, FIFA berharap La'eeb mampu menyebarkan kebahagiaan, semangat, dan kepercayaan diri bagi banyak orang.

Hadir dalam bentuk raksasa di opening ceremony FIFA World Cup 2022

Kenalan Sama La'eeb, Maskot Piala Dunia 2022 yang MenggemaskanTwitter.com/FIFAworldcup

Tentu pada opening ceremony FIFA World Cup 2022 kemarin La'eeb turut hadir. Bahkan, ia hadir dalam bentuk raksasa yang membuat penonton takjub. Di media sosial kata kunci 'La'eeb' juga sempat menjadi trending karena ada begitu banyak orang yang mengomentari soal maskot yang satu ini.

Itulah tadi fakta menarik tentang La'eeb, maskot FIFA World Cup 2022 yang menggemaskan. Ada lagi yang kamu tahu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Keseruan Opening Ceremony Piala Dunia 2022

Baca Juga: 12 Momen Spektakuler Jungkook 'BTS' di Pembukaan FIFA World Cup 2022

Baca Juga: Jadi Komentator Piala Dunia 2022, Intip Profil Bambang Pamungkas