Virus corona nyatanya sudah membuat semua kegiatan berubah drastis. Kita yang tadinya bisa bebas keluar masuk rumah, bebas pergi ke mana pun yang kita inginkan, berubah total dengan rumah sebagai pusat kegiatan segalanya.

Mengikuti kegiatan, kebiasaan juga berubah. Situs Statista.com mencatat bahwa setidaknya ada lima kebiasaan masyarakat yang meningkat selama pandemi ini berlangsung. Kebiasaan apa saja, ya?

1. Mencuci tangan

Jadi Lebih Religius, 5 Kebiasaan Ini Meningkat Drastis Selama PandemiUnsplash.com/Purzlbaum

Kebiasaan mencuci tangan meningkat hingga 85% semenjak wabah corona melanda dunia. Kebiasaan ini dilakukan sejak pemerintah dan badan kesehatan mengimbau untuk melakukan cuci tangan karena dapat mengurangi serta meminimalkan tertular penyakit tersebut.

2. Melakukan social distancing

Jadi Lebih Religius, 5 Kebiasaan Ini Meningkat Drastis Selama PandemiPopbela.com/Ayu Utami

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Karena dengan mudahnya virus ini menular dari satu manusia ke manusia lainnya, sehingga social distancing atau physical distancing menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Setidaknya kebiasaan ini meningkat hingga 61% dari biasanya. Banyak orang kini memusatkan kegiatan mereka di rumah. Mulai dari belajar, bekerja bahkan sampai belanja pun dilakukan secara online.

3. Berdoa

Jadi Lebih Religius, 5 Kebiasaan Ini Meningkat Drastis Selama PandemiUnsplash.com/Ben White

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Statista.com, pandemi corona telah mengubah masyarakat menjadi lebih religius. Kebiasaan berdoa meningkat hingga 50% karena masyarakat percaya bahwa akan ada keajaiban jika kita selalu berdoa dan berserah kepada Tuhan. 

Baca Juga: 9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFH

4. Menghindari makan di restoran

Jadi Lebih Religius, 5 Kebiasaan Ini Meningkat Drastis Selama PandemiUnsplash.com/Jason Leung

Dulu sebelum wabah corona melanda, makan di restoran menjadi salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan. Namun, social distancing mengubah itu semua karena restoran termasuk salah satu lokasi yang banyak dikunjungi orang. Kebiasaan menghindari makan di restoran meningkat hingga 25% dan kini orang-orang lebih memilih membeli makanan secara online.

5. Menyetok makanan dan minuman

Jadi Lebih Religius, 5 Kebiasaan Ini Meningkat Drastis Selama PandemiUnsplash.com/Scott Warman

Beberapa negara bukan hanya menerapkan social distancing, tetapi juga lockdown atau karantina wilayah. Dengan adanya aturan ini, otomatis kita sama sekali nggak boleh keluar rumah kecuali ada kebutuhan mendesak yang harus diselesaikan. Maka dari itu, untuk menghindari terlalu sering keluar rumah, orang-orang mulai menyetok logistik, seperti makanan, minuman dan obat-obatan. Kebiasaan ini meningkat hingga 22% dari biasanya.

Dari lima kebiasaan ini, Popbela yakin kamu pasti sudah melakukan semuanya juga, bukan?

Baca Juga :

Tak Terduga, Ini 7 Cara Penularan Virus Corona
Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona