Hari ini 16 September 2019, penyanyi legendaris Chrisye berulang tahun tepat ke-70 tahun. Meski telah meninggal dunia pada bulan Maret 2007 silam atau 12 tahun yang lalu, namun nama dan lagu-lagu dari penyanyi bernama asli Christian Rahadi ini tetap abadi seolah tak lekang dimakan waktu.

Chrisye dikenal sebagai penyanyi dengan gaya menyanyi yang kaku dan suara yang lembut. Sepanjang hidupnya, Chrisye sudah menelurkan kurang lebih 31 album antara tahun 1970 hingga awal 2000-an. Semua albumnya, meledak hingga terjual jutaan copy yang membuat Chrisye menjadi salah satu penyanyi Indonesia paling sukses sepanjang masa.

Kini 12 tahun berlalu, namun menurut Damayanti Noor, istri Chrisye, lagu-lagu milik almarhum suaminya masih abadi dan bisa tetap menafkahinya sampai saat ini. Hal ini menjadi bukti bahwa lagu-lagu Chrisye memang sukses dan dapat didengarkan tanpa lekang dimakan zaman.

Jadi Google Doodle, Ini 10 Lagu Chrisye yang Paling DiingatGoogle.com

Mengenang Chrisye sebagai legenda musik Indonesia, Google mengabadikannya dalam bentuk Google Doodle yang ditampilkan pada tanggal 16 September 2019. Dalam doodle tersebut, Google membuat ilustrasi sosok Chrisye lengkap dengan gitar dan lilin-lilin kecil di belakangnya yang menggambarkan salah satu lagu paling hits miliknya yang berjudul Lilin-Lilin Kecil.

Berbicara soal lagu-lagunya, berikut ini ada sepuluh lagu Chrisye yang paling diingat sepanjang masa.

1. Lilin-Lilin Kecil

https://www.youtube.com/embed/MGL6mYnKeIc

Siapapun pasti akan ingat dengan lagu Lilin-Lilin Kecil. Lagu yang dirilis pada tahun 1977 ini merupakan lagu pertama yang berhasil membawa nama Chrisye ke puncak popularitas. Lagu tersebut berkisah tentang teman-teman sebaya Chrisye pada masa itu yang sedang mengalami kesulitan dalam meniti karier.

2. Hip Hip Hura

https://www.youtube.com/embed/Cu89SJ6jIS8

Lagu Hip Hip Hura mulai dirilis pada tahun 1985. Kala itu lagu dengan beat menghentak sedang sangat disukai. Pada tahun 1985 juga karier Chrisye sedang jalan di tempat karena pendengarnya bosan dengan lagu slow milik Chrisye yang itu-itu saja. Chrisye pun membuat terobosan dengan merilis lagu yang lebih ceria, yakni Hip Hip Hura yang banyak diputar saat pesta.

3. Cintaku

https://www.youtube.com/embed/JWEK1AroaxQ

Satu hal yang paling Popbela ingat dari lagu Cintaku adalah video klipnya yang dibintangi oleh banyak selebritas Tanah Air yang sedang naik daun pada masanya. Lagunya yang catchy dengan nuansa pop yang kental, membuat siapa saja ingat dengan lagu Cintaku bahkan hanya dalam sekali dengar.

4. Untukku

https://www.youtube.com/embed/esmA_Yrd120

Di awal tahun 2000-an, Chrisye banyak bekerja sama dengan musisi muda. Salah satu yang pernah ia ajak kolaborasi bersama adalah Yovie Widianto. Lewat dentingan pianonya yang khas dipadu dengan suara lembut Chrisye, membuat lagu Untukku menjadi salah satu lagu romantis sepanjang masa.

5. Sakura dalam Pelukan

https://www.youtube.com/embed/y__s-2VlNik

Di tahun 2002, Chrisye merilis album berjudul Dekade yang di dalamnya berisikan lagu-lagu lama yang dibawakan ulang olehnya. Salah satunya adalah lagu Sakura Dalam Pelukan. Sakura Dalam Pelukan merupakan lagu yang ditulis dan dibawakan oleh Fariz R.M serta rilis pertama kali di tahun 1980.

6. Badai Pasti Berlalu

https://www.youtube.com/embed/tVdD6IkQZGQ

Lagu ini sudah dibawakan ulang sebanyak dua kali oleh Chrisye. Badai Pasti Berlalu merupakan album yang pertama kali rilis di tahun 1977. Di tahun itu, album yang berisikan 13 lagu itu digarap oleh Music Director Eros Djarot. Badai Pasti Berlalu kemudian dibuat ulang pada tahun 1999 dan semua lagu di dalamnya diaransemen ulang oleh Erwin Gutawa.

7. Seperti yang Kau Minta

https://www.youtube.com/embed/Y2VvvtNWpKo

Dalam album Dekade, Chrisye berkolaborasi dengan sembilan penulis lagu terkenal pada masanya. Delapan lagu di album Dekade merupakan lagu lama yang dibawakan kembali oleh Chrisye dan satu lagu baru, yakni Seperti yang Kau Minta yang ditulis oleh Pongki Barata.

8. Ketika Tangan dan Kaki Berkata

https://www.youtube.com/embed/BOHJw6EYYlY

Jika ada berita duka di televisi, baik meninggalnya selebritas atau kejadian bencana alam, lagu ini pasti akan selalu diputar sebagai backsound lagu untuk menimbulkan rasa simpati para penontonnya. Lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata ditulis sendiri oleh Chrisye pada tahun 1997 dan terinspirasi dari Surat Yasin.

9. Kisah Kasih di Sekolah

https://www.youtube.com/embed/uWbnSFWH3kA

Masih dari album Dekade, Kisah Kasih di Sekolah juga menjadi lagu yang paling diingat yang pernah dibawakan oleh Chrisye. Lagu ini dibawakan kembali pada tahun 2002 setelah sebelumnya pernah dirilis di tahun 1987 dan dibawakan oleh Obbie Messakh.

10. Menunggumu

https://www.youtube.com/embed/EuADpdBcEJA

Senyawa merupakan album terakhir yang dirilis Chrisye pada tahun 2004 sebelum ia meninggal dunia di tahun 2007. Dalam album ini, Chrisye bekerja sama dengan delapan musisi dan band yang sedang naik daun pada masa itu. Salah satu lagu paling hits dari album ini adalah Menunggumu yang dibawakan bersama band Peterpan.

Adakah lagu Chrisye yang menjadi favoritmu? Jika ada tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari Lagu Terpopuler Chrisye