Setelah dihadirkan untuk pengguna di Indonesia secara terbatas, kemarin (23/6) Instagram Reels dan Musik sudah dapat dinikmati oleh semua penggunanya. Reels memberikan pengalaman yang lebih seru dan baru bagi pengguna dalam membuat, membagikan, serta mengedit video berdurasi pendek yang dilengkapi dengan audio dan musik.

Reels disebut-sebut menjadi saingan baru TikTok, karena memiliki fitur dan konsep yang serupa. Penasaran seperti apa fitur Reels ini, Bela? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Beragam fitur menarik untuk membuat video lebih kreatif

Instagram Resmi Luncurkan Reels, Saingan Baru TikTok?Dok. Instagram

Instagram Reels menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat berbagai video kreatif. Fitur tersebut sebagai berikut.

  • Fitur Remix. Fitur ini memudahkan pengguna untuk membuat video Reels versi mereka sendiri dan menyatukannya dengan Reels yang sudah ada. Pengguna dapat membuat kreasi video kolaborasi, membagikan reaksi wajah, menambahkan perspektif, maupun konten menyenangkan lainnya di Reels.
  • Untuk memberikan kesempatan lebih bagi para pengguna dalam mengelola suara atau menambahkan audio ke dalam Reels mereka, Instagram meluncurkan fitur Voiceover (Alih Suara) yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke dalam Reels, dan Mixed Audio (Padukan Suara) yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu latar belakang.
  • Memperkenalkan Tab Reels untuk memberikan panggung yang lebih besar bagi para kreator dalam membagikan video menarik mereka dan memudahkan audiens global untuk menemukan konten mereka.
  • Menambahkan kemampuan menyimpan suara di fitur editing, fitur Share Audio Pages (Bagikan Halaman Audio) agar pengguna dapat membagikan seluruh Reels yang menggunakan bagian spesifik dari sebuah lagu melalui DM, dan Audio Browser untuk menemukan musik dari tab For You dan Trending.
  • Efek AR yang membantu mempercantik konten Reels pengguna. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan filter menyenangkan dari Instagram atau mencari filter favorit mereka di "Cari Efek", kemudian menggunakannya untuk membuat konten Reels yang lebih menarik bagi audiens mereka.
  • Instagram juga telah memperpanjang durasi Reels hingga 30 detik, menambahkan pengaturan timer hingga 10 detik, dan memperkenalkan kemampuan untuk memotong atau mengedit klip video.
  • Peluncuran tag Branded Content (Konten Bermerek) di Reels sehingga kreator dapat menginformasikan konten hasil kerja sama dengan sebuah brand secara transparan, serta meluncurkan Shopping di Reels ke negara-negara yang telah memiliki akses terhadap fitur Shopping secara global. Dengan fitur-fitur ini, Instagram berharap dapat membawa pengalaman berbelanja yang semakin menyenangkan dan menghibur, di mana pengguna dapat menemukan produk-produk yang mereka sukai selagi mereka menonton Reels.

Perbedaan Reels dan TikTok

Secara keseluruhan, fitur Reels memang mirip dengan TikTok. Mulai dari durasi video 15-30 detik, pilihan audio yang bisa disimpan, mengunggah konten dari galeri, hingga jumlah views yang bisa dilihat.

Namun, menurut pengalaman Popbela saat mencoba fitur ini, ada kekurangan dari Reels, yakni mencari filter yang cukup sulit. Karena filter yang tersedia juga dapat digunakan untuk membuat Story dan Live, maka kita harus mencari filter yang diinginkan di kolom pencarian. 

Mungkin hal ini memang sedikit menyulitkan. Namun, jika kamu menemukan pengguna lain menggunakan filter yang kamu inginkan, kamu hanya perlu mengklik pada bagian bawah dengan ikon bintang-bintang. 

Reels jangkau audiens yang lebih luas

Dengan peluncuran fitur Reels ini, pengguna Indonesia dapat membuat video berdurasi pendek dan terhubung dengan komunitas global Instagram dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

“Kami sangat senang dapat membawa Reels ke Indonesia. Instagram selalu berupaya untuk mendengarkan aspirasi para kreator dan penggunanya. Berangkat dari sini, kami banyak mendengar bahwa mereka menginginkan sebuah pengalaman membuat dan menonton video berdurasi pendek yang menghibur. Baik kreator konten yang memiliki minat untuk berbagi, maupun seorang pemilik bisnis yang memiliki sebuah cerita untuk dibagikan, Reels membantu mendorong kreativitas pengguna dan membantu mereka menjangkau audiens baru di skala global. Fitur-fitur yang kami luncurkan hari ini merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Bersama dengan kehadiran fitur Musik di Facebook dan Instagram, kami memberikan banyak cara dan pilihan bagi pengguna Indonesia dalam mengekspresikan diri, mencari hiburan, dan terhubung dengan apa yang mereka sukai,” kata Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia, dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Rabu, 23 Juni 2021.

Bersama dengan Reels, pengguna Indonesia kini dapat menemukan, menonton, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar pengguna Instagram secara global melalui sebuah bagian khusus di Explore. Fitur ini membantu pengguna Indonesia serta kreator-kreator muda untuk menjangkau audiens baru di panggung internasional. Lebih dari itu, konten Reels juga dapat ditemukan di halaman Explore dan dapat dibagikan melalui berbagai fitur seperti Feed, Stories, Close Friends, maupun dikirimkan secara privat melalui DM.

Ekspresikan diri dan buat konten seru dengan stiker Musik dan Lirik

Instagram Resmi Luncurkan Reels, Saingan Baru TikTok?Dok. Instagram

Selain Reels, pengguna di Indonesia kini juga memiliki akses terhadap fitur Musik di Instagram dan Facebook, sehingga mereka dapat mengekspresikan diri dengan cara baru. Misalnya, pengguna bisa menambahkan musik dan lirik ke Reels mereka, atau menambahkan stiker Musik di Stories Instagram dan Facebook untuk menambahkan lagu soundtrack yang tepat pada setiap momen yang dibagikan.

"Instagram dan Facebook kini telah menjadi sebuah wadah yang penting untuk menggaungkan karya musisi dan penulis lagu lokal, kami berharap fitur Musik ini dapat mempermudah seniman lokal untuk menjangkau lebih banyak fans dalam berbagi hasil karya musik mereka,” ujar Meidi Feraldi - Kepala Lisensi & Hak Cipta WAMI; Johannes ‘Jonky’ Junaedhy - Ketua Umum APMINDO; dan BIMAS - Ketua PAMPI.

Bagaimana, Bela? Apakah kamu sudah mencoba semua fitur baru Instagram ini? Kalau sudah mencobanya, jangan lupa untuk tag dan mention akun Instagram Popbela, ya!

Baca Juga: 7 Aplikasi Template Instagram Story Terbaik, Dijamin Antimainstream

Baca Juga: Belajar Lebih Seru Lewat Program #SamaSamaBelajar di TikTok

Baca Juga: Tren TikTok Sisca Kohl, Inilah 5 Pelajaran Seputar Content Marketing