Dunia hiburan Korea memang selalu mampu menarik penggemar agar jatuh hati. Namun, di balik gemerlap sorot kamera, tersembunyi sisi kelam yang penuh dengan tekanan dari banyak pihak. Sedikit saja melakukan hal yang tidak disukai publik, karier artis Korea bisa di ambang kehancuran.

Ada yang berpulang karena bunuh diri akibat depresi, ada pula yang menjadi korban kecelakaan fatal. Tak hanya satu atau dua, setidaknya ada 10 idol KPop yang dengan tragis menemui ajal, simak lengkapnya di bawah ini.

1. Goo Hara

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisKoreanarea.com

Hanya sebulan setelah kematian teman dekatnya Sulli, Goo Hara, anggota grup KPop KARA, ditemukan tewas di rumahnya pada 24 November 2019. Dia menjadi korban perundungan daring yang melibatkan mantan pacarnya. Mantan pacarnya diduga memaksanya untuk menyebarkan video intim mereka pada tahun 2018.

Beberapa bulan sebelum ditemukan meninggal, Goo Hara diketahui telah sempat mencoba mengakhiri hidupnya, tapi selamat pada Mei 2019 setelah mengunggah tulisan 'selamat tinggal' di saluran media sosialnya. Saat itu, dia dilarikan ke rumah sakit untuk diselamatkan. 

2. Sulli

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisTunwalai.com

Sulli ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada 14 Oktober 2019 oleh manajernya. Alasan kematiannya diduga adalah depresi yang diderita selama ini, ditambah dengan tekanan dari warganet yang terus menjadikannya target perundungan.

3. Jonghyun SHINee

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisDok. SM Entertainment

Tanggal 18 Desember 2017 membawa duka yang sangat mendalam bagi keluarga besar SM Entertainment, juga penggemarnya. Jonghyun SHINee ditemukan meninggal dunia dengan membakar briket batubara di atas penggorengan dalam ruang tertutup. Dilaporkan Jonghyun selama ini menderita depresi yang membuatnya memutuskan bunuh diri.

4. Ahn So Jin

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisChannel-korea.com

Setelah KARA ditinggal dua anggotanya, Ahn So Jin bisa dibilang sempat menjadi kandidat kuat untuk debut bersama KARA pada 2014. Namun dalam proses audisi, ia dinyatakan gagal dan dipindah ke rencana debut grup baru DSP Media.

Namun, ia justru dikeluarkan dari formasi grup debut terbaru DSP dan kontraknya bersama DSP diputus secara sepihak. Kondisi ini membuat So Jin mengalami depresi hebat, hingga nekat mengakhiri hidupnya dengan melompat dari lantai 10 apartemennya pada Februari 2015 silam.

5. EunB Ladies Code

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisBoombastis.com

Kecelakaan nahas dialami grup Ladies Code pada 2 September 2014. Saat itu, kelima member bersama manajer dan sopir menaiki minibus setelah baru saja menyelesaikan jadwal rekaman pada pukul 1 dini hari.

Minibus dikabarkan melaju dalam kecepatan tinggi, hingga akhirnya menabrak pagar pembatas jalan. Seluruh penumpang mengalami luka-luka, tetapi salah satu anggota, EunB dinyatakan meninggal dunia di tempat kejadian.

6. Rise Ladies Code

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisDok. Internet

Berada dalam satu kendaraan dengan EunB, Rise mengalami cedera yang sangat fatal dan segera dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi tidak sadarkan diri. Setelah empat hari dirawat, penyanyi yang saat itu berusia 23 tahun tersebut dinyatakan meninggal dunia.

7. Chae Dong Ha

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisChannel-korea.com

Mantan personel idol grup SG Wannabe, Chae Dong Ha ditemukan bunuh diri karena depresi pada 2011. Ia diduga mengetahui sebuah kebenaran atas kematian sang mantan manajer, tetapi tidak bicara dan terus memendamnya sendiri. Hal itu kemudian terus-terusan membuatnya tertekan.

8. Jung Da Bin

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisChannel-korea.com

Aktris dan penyanyi Jung Da Bin ditemukan bunuh diri di toilet apartemen kekasihnya di Seoul pada 2009. Mengaku depresi melalui blog pribadinya, Da Bin mengakhiri hidupnya dengan gantung diri menggunakan handuk yang melilit lehernya. 

9. Tany

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisAllkpop.com

Kecelakaan kapal feri di Korea Selatan atau yang dikenal dengan tragedi Sewol mendapat begitu banyak simpati dari warga Korea. Banyak film dan lagu dibuat untuk menghormati para korban dari tragedi tersebut. Salah satunya adalah Tany atau yang memiliki nama asli Kim Jin Soo.

Tany mendapat banyak pujian saat lagunya "Always Remember", yang dibuat untuk korban tragedi Sewol, rilis. Sayangnya, ia tak menikmati ketenarannya dalam waktu yang lama. Sebab, pada 14 April 2018, Tany dikabarkan meninggal dunia setelah mobil yang dikendarainya hancur total akibat menabrak bangunan.

10. Jo Hana

Tak Ada yang Menyangka, 10 Idol KPop ini Meninggal Secara TragisDok. Internet

Jo Hana ditemukan meninggal dunia pada April 2021. Sebelum meninggal, ia sempat ditipu sebanyak 2 juta won atau sekitar Rp26 juta melalui sambungan telepon. Ia dikabarkan juga merasa kesepian dengan permasalahannya tersebut.

Dikabarkan juga bahwa ia tidak sedang tinggal bersama orang tuanya. Sampai saat ini, belum ada keterangan lebih lengkap mengenai wafatnya Jo Hana.

Itulah sepuluh idol KPop yang meninggal secara tragis, meninggalkan duka yang mendalam bagi dunia hiburan Korea. Semoga tak ada lagi kejadian serupa, ya.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "8 Idol KPop yang Meninggal Secara Tragis, Duka Mendalam" ditulis oleh Maria Helen Oktavia

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Timeline Perjalanan Karier Virgil Abloh

Baca Juga: Kabar 10 Artis Porno Usai Pensiun, Jadi Idol KPop hingga Tokoh Agama

Baca Juga: Deretan Idol Kpop yang Miliki Fakta Unik di Masa Lalunya