Siapa yang nggak senang menggunakan mode penghemat data yang tersedia di berbagai aplikasi? Selain bisa membuat kita menghemat kuota, akses ke situs yang kita tuju juga bisa semakin cepat. Salah satu aplikasi yang memiliki fitur penghemat data adalah Google.

Sejak tahun 2013, Google memiliki mode penghemat data yang memungkinkan kita mengakses situs meski koneksi internet melambat. Mode ini bisa kita akses secara otomatis karena Google membaca koneksi internet yang kita gunakan.

Namun, di pertengahan tahun ini, Google menghapus fitur tersebut lho. Tapi nggak perlu khawatir, sebab, Google sudah menyiapkan fitur penggantinya. Apa ya?

Fitur yang Kurang Efektif

Google Hapus Mode Penghemat Data, Ini Fitur PenggantinyaPexels.com/Caio Resende

Meski pada praktiknya mode hemat data dari Google bisa menghemat kuota hingga 50%, namun Google menilai fitur ini kurang efektif. Pengguna memang bisa mengakses situs dengan daya minimum tapi tampilan yang didapatkan akan sangat kurang berkualitas. Misalnya, baris yang berantakan, jenis font yang muncul tak sesuai yang seharusnya, hingga tak bisa memunculkan gambar.

Atas dasar itulah, Google menghapus mode penghemat data dari Chrome dan langsung menggantinya dengan fitur baru.

Fitur Lite Mode sebagai Pengganti

Google Hapus Mode Penghemat Data, Ini Fitur PenggantinyaPexels.com/Photomix LTD

Sebagai pengganti dari mode penghemat data, Google menghadirkan fitur lite mode. Sementara ini fitur ini baru bisa diakses oleh pengguna Android. Melalui fitur ini, pengguna akan tetap bisa mengakses situs dengan lebih cepat dan stabil.

Tampilan lite mode dari Google pun terlihat jauh lebih stabil dibandingkan dengan fitur sebelumnya. Misalnya gambar yang tetap muncul, tampilan yang tetap rapi, dan lebih cepat diakses.

Google Hapus Mode Penghemat Data, Ini Fitur PenggantinyaPopbela.com/Niken Ari

Fitur lite mode bisa diakses secara otomatis jika kamu menggunakan Chrome di ponsel Android. Namun, jika fitur ini tak muncul atau kamu ingin menggunakannya di laptop, kamu bisa mengaktifkannya secara manual. Caranya sebagai berikut.

  1. Ketik chrome://flags pada browser Chrome kamu
  2. Kemudian pada kolom pencarian ketik #force-effective-connection-type
  3. Ubah menjadi Slow 2G

Jika sudah diatur seperti cara di atas, maka setiap koneksi internetmu ada di 2G lite mode Google-mu akan aktif dengan sendirinya.

Google Hapus Mode Penghemat Data, Ini Fitur PenggantinyaPopbela.com/Niken Ari

Bagaimana, tidak sulit bukan menghemat kuota internet hanya dengan mengganti pengaturannya. Tapi, untuk sementara mode ini hanya bisa digunakan di laptop dan ponsel Android ya. Kamu yang menggunakan iOS masih belum bisa menikmatinya.

Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Cara Cepat Mengetahui Kamu Sudah Diblokir di WhatsApp