Awal bulan saatnya mengurutkan daftar film apa saja yang akan rilis sepanjang bulan tersebut. Pada bulan Agustus 2019 ini, ada sekitar 13 film Indonesia yang rilis dan siap tayang di bioskop.

Meski didominasi genre drama, film Indonesia bulan Agustus 2019 ini juga menghadirkan beragam genre kok. Mulai dari horor, action sampai komedi. Apa saja film Indonesia yang akan tayang sepanjang Agustus 2019? Simak yuk!

1. Bridezilla

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/filmbridezilla

Menjadi debut dari Lucinta Luna, Bridezilla menghadirkan cerita bergenre drama-komedi yang unik. Berkisah tentang seorang perempuan bernama Dara (Jessica Mila) yang terobsesi membuat pernikahan terbaik demi memperbaiki citra buruk wedding organizer miliknya. Membuat pernikahan terbaik itu tentu nggak lepas dari drama yang harus Dara hadapi yang membuatnya stres hingga dijuluki sebagai Bridezilla.

Tanggal tayang: 1 Agustus 2019

2. Zeta: When The Death Awaken

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/zeta.movie

Film debut dari sutradara perempuan, Amanda Iswan ini termasuk unik dan berbeda. Mengangkat tema zombie, Zeta: When The Death Awaken berkisah tentang perjuangan Deon (Jeff Smith) yang harus menyelamatkan sang ibu, Isma (Cut Mini) yang menderita alzheimer dari serangan zombie di kota mereka. Perjuangan semakin berat karena Deon mengalami kejadian aneh setelah ia melihat suster sekolah digigit oleh zombie dan berubah menjadi kanibal.

Tanggal tayang: 1 Agustus 2019

3. The Wedding Agreement

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/weddingagreement

Apa jadinya kalau pernikahan yang kita impikan justru menjadi mimpi buruk yang tak berkesudahan? Hal itulah yang dirasakan oleh Tari (Indah Permatasari). Pernikahannya bersama dengan Bian (Refal Hady) terjadi akibat perjodohan. Bian yang terpaksa melakukan pernikahan tersebut memaksa Tari untuk membuat perjanjian pernikahan. Sebab, di luar sana Bian memiliki kekasih hati yang sudah dipacarinya sejak kuliah.

Tanggal tayang: 8 Agustus 2019

4. Aqidah Cinta

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Kemdikbud.go.id

Berbeda dengan film lainnya, Aqidah Cinta dibuat oleh siswa SMK Dewi Sartika Jakarta yang berkolaborasi dengan SMA Global Islamic School. Bukan hanya pemainnya, para krunya pun merupakan siswa dan siswi sekolah tersebut. Film ini sebagai bukti bahwa siapapun boleh membuat karya film dan bisa ditayangkan secara nasional melalui jaringan bioskop di Indonesia.

Tanggal tayang: 8 Agustus 2019

5. Mahasiswi Baru

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/film_mahasiswibaru

Mahasiswi Baru menjadi film dengan ide dan tema yang segar serta nggak biasa. Film produksi MNC Pictures ini mengisahkan tentang seorang lanjut usia, Lastri (Widyawati) yang bertekad melanjutkan kuliah demi sang cucu yang sudah meninggal dunia. Sayangnya, perjalanan Lastri di kampus nggak semulus yang diperkirakannya. Ia harus menghadapi seorang dekan angkuh, mendapat penolakan dari sang anak, serta berteman dengan teman-teman baru yang usianya jauh di bawah dirinya.

Tanggal tayang: 8 Agustus 2019

6. Bumi Manusia

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/falconpictures_

Diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia bercerita tentang sepasang kekasih yang berbeda latar belakang. Minke (Iqbaal Ramadhan), seorang pribumi, jatuh cinta dengan Annelies Melema (Mawar Eva) yang merupakan perempuan Indo keturunan Belanda-Indonesia. Keduanya harus menghadapi beragam cobaan untuk dapat bersama hanya karena keduanya berbeda latar belakang dan status.

Tanggal tayang: 15 Agustus 2019

7. Perburuan

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/falconpictures_

Bersamaan dengan Bumi Manusia, film yang juga diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer tayang pada tanggal 15 Agustus 2019. Film ini berkisah tentang masa di mana PETA kalah melawan pasukan Jepang atau Nippon. Hardo (Adipati Dolken) kembali ke kampung halamannya di Blora sejak kekalahan PETA. Masalah kemerdekaan baginya semakin rumit saat Hardo mengetahui berbagai macam pengkhianatan yang dilakukan oleh orang-orang terdekatnya.

Tanggal tayang: 15 Agustus 2019

8. Makmum The Movie

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/makmummovie

Tanpa kita tahu, selalu ada setan yang mengganggu manusia saat sedang salat. Setan tersebut selalu menjadi makmum dan mengacaukan konsentrasi saat kita sedang salat sendirian. Hal itu menjadi ketakutan tersendiri. Makmum The Movie akhirnya diangkat ke layar lebar setelah film pendeknya sukses ditonton oleh banyak orang.

Tanggal tayang: 15 Agustus 2019

9. #MoveOnAja

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/northcliff_pictures

Asmara Abigail sepertinya tengah produktif di tahun ini. Setelah sukses membintangi Ghost Writer, film Asmara lainnya berjudul #MoveOnAja akan tayang pada Agustus 2019 ini. Film #MoveOnAja berkisah tentang Irwan (Marthino Lio) yang patah hati. Dani (Uus) menyarankan Irwan untuk mendaftar aplikasi kencan yang membuatnya secara tak sengaja bertemu dengan Nadia (Asmara Abigail).

Tanggal tayang: 22 Agustus 2019

10. Bali, Beats of Paradise

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/livizheng

Berbeda dengan film yang lain, Bali, Beats of Paradise merupakan film dokumenter karya Livi Zheng. Film ini mengisahkan perjalanan hidup seorang Penari sekaligus Seniman Gamelan Bali bernama I Nyoman Wenten. Melalui film ini kita akan melihat Bali dari sudut pandang yang lain.

Tanggal tayang: 22 Agustus 2019

11. Ritual

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/scream_filmm

Rencana camping sebuah keluarga harus gagal karena hutan tempat tujuan mereka camping hujan lebat dan tidak memungkinkan untuk dikunjungi. Keluarga tersebut akhirnya memutuskan untuk berteduh di sebuah rumah kosong. Ternyata, rumah kosong tersebut berhantu lantaran keluarga yang menghuni rumah itu pernah menghidupkan lagi anak mereka melalui ritual.

Tanggal tayang: 22 Agustus 2019

12. Gundala

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/gundalaofficial

Film besutan Joko Anwar ini paling ditunggu. Sebab, ini merupakan film jagoan atau superhero Indonesia pertama. Gundala dibintangi oleh puluhan aktor terkenal, sebut saja Abimana Aryasatya, Tara Basro, Lukman Sardi, Aqi Singgih, Marissa Anita dan masih banyak lagi.

Tanggal tayang: 29 Agustus 2019

13. Twivortiare

13 Film Indonesia yang Rilis Agustus 2019Instagram.com/ikanatassa

Sebagai penutup di bulan Agustus 2019, ada film drama romantis Twivortiare yang diangkat dari novel berjudul sama karya Ika Natassa. Film ini berkisah tentang Beno (Reza Rahadian) dan Alex (Raihaanun) yang berjanji akan menjalani pernikahan mereka dengan baik dan lebih dewasa. Namun kenyataan tak sesuai dengan rencana, banyak masalah yang harus mereka hadapi berdua.

Tanggal tayang: 29 Agustus 2019

Baca Juga: Review Film Bridezilla: Penuh Kejutan, Tawa, dan Pesan Mendalam