Sebagai pencinta musik, menunggu musisi yang kita suka berkolaborasi dengan musisi lain membuat rasa penasaran tersendiri. Terlebih jika yang berkolaborasi tersebut memiliki dua karakter musik yang berbeda. Pastinya akan ada satu inovasi musik baru yang dapat memanjakan telinga.

Kolaborasi tahun 2018 yang sedang menjadi pembicaraan hangat saat ini adalah kolaborasi antara Dua Lipa dan girlband asal Korea, BLACKPINK. Dilansir dari Twitter pribadi Dua Lipa, ia dengan senang mengumumkan bahwa album deluxe edition dengan judul DUA LIPA ini sudah rampung dan akan rilis pada 19 Oktober 2018 mendatang.

Selain Dua Lipa, 7 Musisi Barat Ini Pernah Kolaborasi Bareng Penyanyi KoreaTwitter.com/dualipa

Dalam cuitannya tersebut pula, Dua Lipa mengunggah foto sampul album dan list lagu yang terbagi menjadi dua disk. Dari list itu ada lima lagu yang berkolaborasi dengan Dua Lipa, salah satu yang menarik perhatian adalah lagu yang berjudul Kiss and Make Up. Dalam lagu tersebut Dua Lipa berkolaborasi dengan BLACKPINK.

Selain Dua Lipa, 7 Musisi Barat Ini Pernah Kolaborasi Bareng Penyanyi KoreaTwitter.com/dualipa

Banyak yang nggak sabar menunggu album ini keluar karena ingin segera mendengar seperti apa hasil kolaborasi mereka. Beberapa fans berpendapat lagu ini bisa rilis setelah keduanya bertemu di konser Dua Lipa di Seoul, Mei 2018 lalu. Jadi semakin penasaran kan bagaimana hasil kolaborasi keduanya?

Selain Dua Lipa, 7 Musisi Barat Ini Pernah Kolaborasi Bareng Penyanyi KoreaKoreaboo.com

Sebelum Dua Lipa dan BLACKPINK, ternyata banyak juga lho penyanyi Korea yang berkolaborasi dengan penyanyi dan musisi barat. Popbela telah merangkum tujuh kolaborasi musisi tersebut, siapa saja?

1. G-Dragon & Missy Elliott

https://www.youtube.com/embed/8VjE4RHZAaI

Ketika membuat lagu Niliria, musisi asal Korea yang akrab disapa GD ini ingin membuat gebrakan baru dengan berkolaborasi bersama musisi wanita. Akhirnya, ia memilih Missy Elliott sebagai rekan duetnya. Penampilan perdana mereka berdua mendapat sambutan meriah di KCON, Los Angeles tahun 2013 lalu.

2. BTS & Steve Aoki

https://www.youtube.com/embed/kTlv5_Bs8aw

Salah satu boyband dengan fanbase terbesar di dunia, BTS juga pernah berkolaborasi bareng DJ yang sedang naik daun, Steve Aoki. Kolaborasi di tahun 2017 ini bahkan sempat dinobatkan sebagai Collaboration of The Year di media sosial lantaran keduanya sama-sama tengah naik daun dan memiliki fanbase yang besar.

3. Far East Movement, Marshmellow, Tinashe, & Chanyeol

https://www.youtube.com/embed/BWDqy0zZAsY

Mundur lagi ke tahun 2016, ada lagi kolaborasi musisi antar-benua yang mencuri perhatian. Yakni Far East Movement, Marhmellow, Tinashe dan Chanyeol dalam lagu Freal Luv. Pada lagu ini, Chanyeol membuktikan bakatnya sebagai rapper dengan menyanyikan lirik rapp dalam bahasa Inggris dengan lancar dan pengucapannya yang terbilang cukup jelas.

4. CL & Black Eyed Peas

https://www.youtube.com/embed/paFHwhYHWoc

Meski hanya di atas panggung, namun kolaborasi antara CL dengan Black Eyed Peas sempat mencuri perhatian dunia di tahun 2011 lalu. Kolaborasi pada lagu Where Is The Love? di atas panggung Mnet Asia Music Awards ini benar-benar bagus. Saat itu, CL berkesempatan menyanyikan sebagian lirik rap dari lagu tersebut secara live dan tanpa ada kesalahan sedikit pun.

5. Taemin & Bruno Mars

https://www.youtube.com/embed/XsOGiTSZ_cg

Kolaborasi satu ini terbilang sangat unik. Pasalnya, baik Taemin maupun Bruno Mars sama-sama belum pernah bertemu sebelumnya. Bahkan, untuk proses rekamannya pun dilakukan di lokasi yang terpisah. Meski begitu, Taemin sangat bersyukur karena ia dapat berkolaborasi dengan musisi sekelas Bruno Mars dan berharap lagunya dapat diterima.

6. Wonder Girls & Akon

https://www.youtube.com/embed/quE6Cq4Q2bs

Saking viralnya dengan lagu Nobody, girlband Wonder Girls bisa menarik perhatian dari seluruh musisi di dunia. Salah satu yang tertarik dengan lagu tersebut dan langsung mengajak mereka berkolaborasi adalah Akon. Ia langsung membuatkan lagu berjudul Like Money dan rilis di tahun 2012. Lagu tersebut menjadi sangat sukses karena berhasil diunduh sebanyak hampir 600 ribu kali dan menjadi lagu berbahasa Inggris terlaris di Korea Selatan di tahun rilisnya.

7. PSY & Snoop Dogg

https://www.youtube.com/embed/HkMNOlYcpHg

Terkenal karena lagu dan tarian Gangnam Style, membuat PSY menjadi salah satu penyanyi terkenal di dunia. Rapper Snoop Dogg bahkan dengan senang hati membuat lagu untuk berkolaborasi dengan musisi tersebut. Entah apa alasannya, video ini mendapat lebih dari 460 ribu dislike. Beberapa fans berpendapat, lagu berjudul Hangover itu terdengar aneh dengan banyak pengulangan yang membuat bosan makanya banyak orang nggak menyukai hasil kolaborasi tersebut.

BACA JUGA: Selain Blackpink, Ini 10 Lagu Kpop dengan Judul Terunik​