Untuk kamu pecinta film Indonesia, nama Manoj Punjabi pasti sudah nggak asing lagi di telingamu. Bersama sang ayah, Dhamoo Punjabi, Manoj mendirikan rumah produksi dengan nama MD Entertainment dan kini berkembang menjadi salah satu rumah produksi film yang karya-karya filmnya selalu masuk jajaran box office Indonesia.

Sejak tahun 2003, MD Entertainment selalu membuat tontonan yang viral dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja sinetron Cinta Fitri yang laris hingga ratusan episode dan melambungkan nama Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu.

Bukan hanya sinetron, MD Entertainment juga memproduksi beragam judul film di bawah naungan MD Pictures. Berikut ini ada enam film Indonesia yang viral pada masanya yang diproduseri langsung oleh Manoj Punjabi. Apa saja?

1. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaDok. Internet

Film yang mengisahkan tentang seorang pemuda Indonesia bernama Fahri yang sedang menuntut ilmu di Kairo, Mesir. Tanpa terduga, di sana ia bertemu dengan Aisyah, perempuan bercadar yang kemudian menjadi istrinya. Entah apa alasannya, belum lama mereka menikah, Fahri difitnah sehingga membuatnya masuk penjara. Saksi kunci, Maryam, yang bisa membuatnya terbebas dari fitnah sedang terbaring koma karena kecelakaan. Fahri harus menikahi Maryam agar ia sembuh dan bisa bersaksi di pengadilan.

2. Habibie & Ainun (2012)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaIMDB.com

Kisah cinta penuh perjuangan antara Habibie dan Ainun yang tertulis dalam buku berjudul Habibie & Ainun diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian (Habibie) dan Bunga Citra Lestari (Ainun) juga sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang kembali mendiang istri dari Presiden Republik Indonesia Kedua itu. Film ini mengisahkan bagaimana pertemuan Habibie dan Ainun, serta bagaimana perjuangan hidup mereka di Jerman saat melewati masa-masa sulit.

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaDok. Internet

Mengangkat kisah perjuangan hidup seorang motivator bernama Merry Riana, Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar dibintangi oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko. Film ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang terpaksa melanjutkan kuliah di Singapura karena alasan keselamatan. Di tengah keterbatasannya, ia harus berjuang untuk lulus dan bekerja.

4. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaDok. Internet

Kembali mengangkat kehidupan pernikahan poligami, Surga yang Tak Dirindukan mengisahkan tentang kehidupan Arini (Laudya Cynthia Bella) dengan sang suami Pras (Fedi Nuril). Hidup mereka bahagia dan Arini berkomitmen mengabdikan dirinya hanya untuk keluarga. Namun, semua berubah saat Pras bertemu dengan Nadia (Raline Shah). Kisah cinta Arini dan Pras pun diuji dengan cara yang tidak terduga.

5. Rudy Habibie (2016)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaIMDB.com

Mengulang kesuksesan Habibie & Ainun, Manoj Punjabi kembali memproduseri film Rudy Habibie di tahun 2016. Masih dibintangi oleh Reza Rahadian, film ini mengisahkan tentang perjalanan hidup sosok Habibie saat kuliah di Jerman. Bagaimana ia berhemat karena keterbatasan uang yang dimiliki, persaingannya dengan mahasiswa lain, hingga bertemu dengan cinta pertamanya semua diceritakan di sini.

6. Danur (2017)

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaIMDB.com

Film yang diangkat dari buku berjudul Danur karya Risa Saraswati ini berkisah tentang pertemanan Lisa dengan empat hantu cilik yang menghuni rumahnya. Seperti teman, empat hantu cilik tersebut bermain bersama Risa setiap malam dan mencoba mengajak Risa untuk ikut serta ke dunianya. Film ini sempat viral lantaran setiap bioskop menyediakan empat kursi kosong yang katanya akan ditempati oleh keempat hantu cilik tersebut.

Diproduseri Manoj Punjabi, 6 Film Indonesia Viral Pada MasanyaInstagram.com/indonesia.millennial.summit

Melihat deretan film viral yang diproduseri langsung Manoj Punjabi, rasanya ingin banyak bertanya soal proses kreatif di baliknya. Kamu bisa lho bertemu dan mengikuti talkshow langsung bersama Manoj Punjabi di Indonesia Millennial Summit by IDNTimes yang akan diselenggarakan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. Sebanyak lebih dari 50 tokoh ternama akan hadir pada perhelatan tersebut, termasuk Manoj Punjabi. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website IMS.idntimes.com atau di akun Instagram @indonesia.millennial.summit. See you there!

Baca Juga: 5 Investigasi Najwa Shihab yang Selalu Heboh dan Inspiratif