Bulan Ramadan, khususnya saat menjelang lebaran nanti, selalu identik dengan mudik. Tidak heran, saat mudik tiba, semua sarana transportasi akan menjadi sangat sibuk dan tiketnya akan ludes terjual hanya dalam waktu hitungan jam. Alhasil, banyak yang tidak kebagian tiket dan batal untuk pulang kampung.

Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sudah semakin dekat. Pemerintah mengeluarkan daftar mudik gratis Lebaran 2019 untuk bisa diikuti masyarakat. Pendaftaran program mudik gratis dan angkutan motor gratis dari pemerintah melalui BUMN hingga perusahaan swasta menggunakan moda transportasi bus dan kereta api (KA) juga sudah dibuka, dan cara daftarnya sangat mudah.

Apa saja perusahaan yang mengadakan mudik gratis lebaran 2019? Ini daftarnya.

1. Mudik-Balik Bareng Honda

Daftar Mudik Gratis Lebaran 2019Instagram.com/dayamotortambun

Buat kamu yang ingin membawa motor ke kampung halaman, kamu nggak perlu menaiki sepeda motor melintasi jalur mudik untuk bisa sampai di sana. Kamu bisa mengikuti Mudik-Balik Bareng Honda yang diadakan oleh PT. Astra Honda Motor. Dalam acara mudik bareng ini, motormu akan diangkut menggunakan truk ke lokasi tujuan, dan kamu akan diberi tumpangan bus. Seru bukan?

2. Mudik Gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Daftar Mudik Gratis Lebaran 2019Instagram.com/dishubdkijakarta

Seperti kita ketahui DKI Jakarta menjadi provinsi di mana banyak orang datang setiap tahunnya untuk mengadu nasib. Makanya, tidak heran jika banyak kaum pendatang dari berbagai darah yang merantau dan hidup di Jakarta. Melihat banyaknya pendatang yang akan mudik pada lebaran nanti, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berinisiatif mengadakan mudik bersama bagi beberapa warganya yang memiliki KTP Jakarta ke beberapa kota di Pulau Jawa.

3. Mudik Asik Bareng Motis 2019

Daftar Mudik Gratis Lebaran 2019Instagram.com/kemenhub151

Sudah dapet tiket kereta tapi tetap ingin membawa motor ke kampung halaman? Kamu bisa menitipkan motormu di Mudik Asik Bareng Motis 2019. Melalui program yang digagas oleh Kementerian Perhubungan ini akan memberikan fasilitas pengiriman motor secara gratis menggunakan kereta.

4. Mudik Bareng BUMN

Daftar Mudik Gratis Lebaran 2019mudikbumn.co.id

Selain perusahaan swasta yang sudah disebutkan atas, beberapa perusahaan milik pemerintah juga mengadakan mudik gratis bertajuk Mudik Bareng BUMN. Bukan hanya satu, ada 30 perusahaan BUMN yang ikut serta dalam acara ini. Perusahaan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. PT Jasa Raharja
  2. PT Angkasa Pura I
  3. PT Asuransi Jiwasraya
  4. PT Bio Farma
  5. PT Dirgantara Indonesia
  6. PT Garam
  7. PT Garuda Indonesia
  8. PT Hotel Indonesia Natour
  9. PT INTI
  10. PT Industri Sandang Nusantara
  11. PT Kawasan Industri Medan
  12. PT Kereta Api Indonesia
  13. PT Pelabuhan Indonesia III
  14. PT Pengembangan Pariwisata Indonesia
  15. PT Permodalan Nasional Madani
  16. PT Perusahaan Pengelola Aset
  17. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia
  18. PT Pindad
  19. PT SIER
  20. PT Semen Indonesia
  21. PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko
  22. PT Timah
  23. PT Yodya Karya
  24. Perum Damri
  25. Perum Jamkrindo
  26. Perum Jasa Tirta I
  27. Perum Jasa Tirta II
  28. Perum Percetakan Negara RI
  29. Perum Perumnas
  30. Perum Peruri

Itulah tadi daftar mudik gratis lebaran 2019 yang bisa kamu ikuti tahun ini. Semoga kamu bisa berlebaran bersama dengan keluarga besar di kampung halaman ya!

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman