Semalam, Seoul Music Awards 2019 baru selesai digelar. Sebanyak 12 penghargaan dibagikan kepada pelaku industri musik di Korea Selatan, khususnya kepada boyband dan girlband. Berbeda dengan ajang penghargaan lainnya yang hanya memiliki satu pemenang di setiap kategori, satu penghargaan di Seoul Music Awards bisa dimenangkan oleh 12 grup musik lho!

Selain fakta tadi, berikut ini ada lima fakta lain Seoul Music Awards 2019 yang wajib kamu tahu.

1. Lokasi Acara

BTS Mendominasi, Berikut Ini 5 Fakta Seoul Music Awards soompi.com

Tahun ini Seoul Music Awards 2019 diadakan pada 15 Januari 2019. Lokasi yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara tersebut adalah di Gocheok Sky Dome yang merupakan lapangan baseball indoor. Venue yang terletak di Gocheok-dong, Seoul ini mampu menampung hingga 25 ribu penonton. 

2. Tiga Orang Pembawa Acara

BTS Mendominasi, Berikut Ini 5 Fakta Seoul Music Awards soompi.com

Sama seperti pada ajang penghargaan lainnya, Seoul Music Awards juga dipandu oleh selebritas ternama selama acara berlangsung. Tahun ini Heechul ‘Super Junior’, Shin Dong-yup, dan Kim So-hyun yang dipercaya untuk memandu acara bergengsi tersebut. 

3. Sistem Penjurian yang Unik

BTS Mendominasi, Berikut Ini 5 Fakta Seoul Music Awards soompi.com

Salah satu hal yang membuat Seoul Music Awards berbeda adalah sistem penjuriannya. Jika pada ajang penghargaan lain keputusan juri atau voting menjadi syarat mutlak pemenang, maka berbeda dengan di Seoul Music Awards. Di acara yang sudah digelar sebanyak 28 kali ini, penentuan pemenang berdasarkan tiga hal, yakni 30 persen voting melalui media sosial, 40 persen dari banyaknya unduhan digital, serta 30 persen penilaian dari juri. 

4. Satu Penghargaan Dua Belas Pemenang

BTS Mendominasi, Berikut Ini 5 Fakta Seoul Music Awards soompi.com

Hal unik lainnya dari Seoul Music Awards adalah adanya satu penghargaan yang pemenangnya bisa sampai dua belas grup atau solois. Bonsang Awards, merupakan penghargaan utama dari acara Seoul Music Awards. Penghargaan ini diberikan kepada dua belas musisi, baik grup, duo atau solois, yang selama satu tahun berkontribusi besar kepada industri musik Korea Selatan.  

5. Daftar Pemenang Seoul Music Awards 2019

BTS Mendominasi, Berikut Ini 5 Fakta Seoul Music Awards soompi.com

Setelah melalui proses penjurian yang ketat dan pengamatan performa para musisi selama satu tahun penuh, maka didapatlah nama-nama yang berhak menerima penghargaan tersebut. Daftar pemenang Seoul Music Awards 2019 bisa kamu cek di sini ya! 

Bonsang Award (Main Prize):

MONSTA X, Momoland, NCT 127, iKON, Wanna One, NU'EST W, BTS, Red Velvet, MAMAMOO, Seventeen, EXO, TWICE

Daesang Award (Grand Prize):

BTS

Best Song Award:

iKON

Best Album Award:

BTS

New Artist Awards:

Stray Kids, IZ*ONE

Discovery of the Year:

Yang Da Il

Dance Performance Award:

GFriend

Best Ballad Award:

Lim Chang Jung

Best Hip-Hop/R&B Award:

Drunken Tiger

Best Band of The Year:

Crying Nut

Judges' Special Award:

ADOY

Hallyu Star Award:

EXO

Popularity Awards:

SHINee

Baca Juga: Asli atau Editan? Foto Blackpink dan BTS Ini Terlihat Mesra Banget