Kalau kita melihat kalender, sudah hampir satu bulan warga Indonesia melakukan social distancing atau isolasi mandiri di rumah. Pembatasan kegiatan di luar rumah dilakukan agar kita bisa meminimalisir penyebaran virus corona yang kian meluas. 

Kegiatan ini memang dinilai aman karena bisa menghindari kita dari tertular virus. Namun, terlalu lama di rumah juga membuat bosan. Apalagi bagi kamu yang sangat menyukai aktivitas outdoor. Hal ini tentu berat bukan?

Sama halnya dengan Prilly Latuconsina nih, Bela. Perempuan kelahiran tahun 1996 ini juga merasa bosan saat menjalani karantina mandiri di rumah. Apalagi kita sama-sama tahu kalau Prilly merupakan salah satu aktris yang punya kegiatan cukup padat.

Meski bosan, Prilly punya triknya lho supaya kita menikmati kegiatan di rumah dan nggak merasa bosan. Kepada Popbela melalui wawancara yang dilakukan secara live sebagai bagian dari "Road to BeautyFest Asia #DiRumahAja", Prilly membagi tips dan triknya mengatasi bosan. Apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini ya.

1. Menjalani Isolasi Mandiri Pasca Pulang dari Amerika Serikat

5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di RumahInstagram.com/prillylatuconsina96

Sebelum diberlakukannya karantina mandiri di rumah, Prilly sudah menjalani isolasi diri. Hal ini dilakukan sebab Prilly baru saja pulang dari Amerika Serikat pada tanggal 12 Maret 2020 setelah ia menghadiri gala premier film Mulan. 

Seharusnya, beberapa hari setelah isolasi diri selama 14 hari selesai, Prilly mulai syuting untuk film terbarunya. Sayangnya virus corona kian meluas dan ia pun harus mengurungkan niatnya untuk syuting sementara waktu. Sejak saat itu, mulai dari bekerja dan kuliah semua dilakukan dari rumah.

2. Menelepon Teman-Teman Setelah Mulai Merasa Bosan Sampai Menangis

5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di RumahInstagram.com/prillylatuconsina96

Awal melakukan karantina di rumah, Prilly melakukannya dengan baik. Ia masih bisa menyelesaikan tugas kuliah dan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Tapi, entah apa alasannya, Prilly mengaku ia sempat tiba-tiba saja menangis.

"Kemarin aku sempat nangis. Nggak tahu kenapa, tiba-tiba saja nangis. Mungkin karena sudah saking stresnya di rumah ya. Tapi nggak lama kok, pas merasa mood lagi kurang baik, aku langsung telepon dan video call teman-teman buat balikin mood aku," ungkap Prilly.

Salah satu tips yang bisa kamu coba nih Bela. Saat sudah bingung mau ngapain lagi, ada baiknya berkomunikasi kembali dengan teman-temanmu. Mereka juga pasti ingin tahu bagaimana keadaanmu setelah hampir satu bulan tak berkomunikasi kan?

3. Manfaatkan Teknologi untuk Beraktivitas

5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di RumahInstagram.com/prillylatuconsina96

Beruntung saat ini teknologi sudah sangat maju. Kita bisa memanfaatkannya untuk membantu aktivitas selama masa pandemi ini. Menurut Prilly, meskipun kita sedang dalam masa isolasi, bukan berarti kreativitas kita juga jadi terisolasi. Dengan adanya teknologi, seharusnya kreativitas kita bisa terus berkembang.

"Manfaatkan teknologi yang ada. Seperti aku kemarin bingung mau ngapain lagi, akhirnya tercipta ide bikin lagu bareng teman-teman, judulnya 'Semua akan Berlalu'. Kita bener-bener bikin ini di rumah, rekaman masing-masing di rumah dan jadi deh. Lusa lagu ini akan launching," curhat Prilly.

4. Mengobrol dengan Keluarga di Rumah

5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di RumahInstagram.com/prillylatuconsina96

Tips lainnya menghilangkan rasa bosan saat di rumah adalah dengan mengobrol bersama keluarga di rumah. Kita yang sehari-hari sibuk bisa memanfaatkan waktu saat ini dengan memperbanyak quality time bersama keluarga. Tak hanya keluarga, mengobrol bersama teman-teman melalui aplikasi percakapan juga bisa membunuh bosan dan bahkan mungkin saja memberikan inspirasi baru.

"Aku jadi sering ngobrol di rumah, baik itu sama keluarga atau sama teman-teman lewat chat. Dari obrolan itu, biasanya aku dapat inspirasi untuk menulis. Apalagi aku suka banget nulis puisi kan, dari obrolan aja aku dapat ide nulis. Jatuhnya kita produktif juga di rumah," jelas Prilly.

5. Mencatat Daftar Kegiatan yang Belum Pernah Kita Lakukan Sebelumnya

5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di RumahInstagram.com/prillylatuconsina96

Buat kamu yang masih bingung mau melakukan kegiatan apalagi ya selama di rumah, tips Prilly selanjutnya adalah mencatat kegiatan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Misalnya, nggak pernah memasak, beres-beres rumah, olahraga atau belajar make up

"Kalau yang bingung mau melakukan apa di rumah, kamu bisa catat dulu list kegiatan yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Kalau aku misalnya, aku nggak pernah bisa catokan atau curlying my hair, saat isolasi diri ini aku jadi punya banyak waktu untuk belajar catokan. Aku juga jadi rajin memasak dan ngobrol sama orangtuaku di rumah. Pokoknya apa saja deh, kamu catat dulu dan buat jadwalnya kapan kamu akan melakukan kegiatan itu," ungkap Prilly.

Terakhir, sebelum menutup obrolan, Prilly punya pesan untuk kamu yang sudah mulai bosan di rumah.

"Untuk kamu yang mulai bosan di rumah, coba ingat-ingat kembali. Kita yang bisa work from home termasuk orang-orang yang beruntung. Sebab, masih banyak orang di luar sana yang masih berjuang bekerja untuk keluarga dengan risiko tertular penyakit. Tapi hal itu mereka lakukan demi mengatasi masalah finansial keluarga. Jadi buat yang bisa work from home, banyak-banyak bersyukur ya," tutup Prilly.

Semoga tips dari Prilly bisa membantumu mengatasi rasa bosan saat di rumah ya, Bela. Buat menemani kamu di rumah, Popbela masih akan menghadirkan "Road to BeautyFest Asia #DiRumahAja" di akun Instagram @BeautyFest.Asia. Masih banyak seleb dan influencer yang akan menemani kamu selama masa karantina di rumah. 

Nggak cuma ikutan ngobrol bareng seleb dan influencer kece, kamu juga bisa berbelanja kebutuhan make up dengan banyak diskon sambil berdonasi. Selama live, IDN Media membuka donasi yang ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan APD tenaga medis yang menjadi garda terdepan melawan corona. Kalau kamu mau berdonasi, silakan kunjungi situs kitabisa.com/campaign/kitaidnlawancorona atau klik link di bio Instagram @BeautyFest.Asia.

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla Dimitri

Baca Juga: Punya 4 Lantai, Ini 20 Potret Rumah Super Mewah Prilly Latuconsina!

Baca Juga: 8 Gaya Rambut a la Prilly Latuconsina, Cocok Buat Pipi Chubby