Bagi sebagian orang, karantina di rumah memang membosankan. Terlebih jika sebelumnya kamu adalah sosok yang aktif dan punya kegiatan yang banyak. Pasti akan sulit melewati masa-masa di rumah saja seperti saat ini.

Ini pula yang dirasakan oleh Kallula. Sebagai seorang penyanyi dengan segudang aktivitas yang cukup padat, Kallula juga merasakan hari-hari berat saat harus karantina mandiri di rumah demi meminimalisir penyebaran virus corona.

"Awalnya berat banget buat ngelewatin hari demi hari di rumah aja. Minggu pertama itu sangat berat. Tapi lama-lama terbiasa. Apalagi pemerintah baru mengumumkan untuk tiga hari ke depan ada pembatasan transportasi umum dan nggak boleh keluar kan? Mendengar pemberitaan itu aku merasa santai karena sudah terbiasa di rumah," ungkap Kallula kepada Popbela melalui live di acara "Road to BeautyFest Asia #DiRumahAja", Jumat (10/4) malam.

Mendengar penjelasan Kallula, mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana caranya membiasakan diri di rumah tanpa merasa bosan? Kallula punya tipsnya nih untuk kamu. Keep scrolling ya!

1. Bangun Mood dengan Mandi dan Bersiap-Siap

5 Tips Biar Betah di Rumah Buat Perempuan Sibuk a la KallulaInstagram.com/kallula

"Awal karantina di rumah aku memperlakukannya seperti saat weekend. Bangun siang dan sebagainya. Tapi ternyata itu salah banget. Aku merasa nggak produktif dan mood berantakan. Aku ubah kebiasaan itu. Jadi setiap pagi aku mandi dan dandan seolah-olah aku mau pergi hari itu," ujar Kallula. 

Memang selama di rumah, tak ada aturan untuk mandi pagi atau berpakaian rapi. Tapi ternyata, mandi, dandan, dan berpakaian rapi bisa membangun mood menjadi lebih baik lho, Bela. Kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan mengurangi stres.

2. Tetap Produktif dan Berkarya

5 Tips Biar Betah di Rumah Buat Perempuan Sibuk a la KallulaInstagram.com/kallula

Meskipun di rumah, Kallula juga selalu produktif dan berkarya. Meski mengaku nggak bisa main musik, ia tetap membuat lagu dengan memanfaatkan voice note.

"Saat di rumah sebenarnya nggak mempengaruhi kreativitas aku. Tapi, kekuranganku adalah aku nggak bisa main alat musik. Jadi kalau aku tiba-tiba ada ide, aku rekam dulu di voice note terus kirim ke produserku. Biasanya nanti dia yang akan buat instrumennya," ungkap Kallula.

Bisa ditiru nih Bela. Memanfaatkan teknologi, kamu juga bisa mencatat singkat ide yang terlintas di smartphone kamu untuk kemudian dieksekusi.

3. Beres-Beres Rumah

5 Tips Biar Betah di Rumah Buat Perempuan Sibuk a la KallulaInstagram.com/kallula

Sama seperti kita semua, Kallula juga memanfaatkan waktu di rumah untuk merapikan kamar. Bahkan saking berantakannya, Kallula mengaku ia sampai membeli kotak akrilik untuk menyimpan koleksi make up-nya.

Selain membuat kamar dan rumah menjadi lebih rapi, saat beres-beres rumah kita bisa menemukan harta karun yang tak terduga. Mungkin saja saat beres-beres, kamu menemukan buku yang belum kamu baca atau bahkan make up yang masih tersegel rapi. 

4. Olahraga dan Meditasi

5 Tips Biar Betah di Rumah Buat Perempuan Sibuk a la KallulaInstagram.com/kallula

Kalau di rumah saja kamu lebih banyak rebahan, Kallula memberikan tips untuk rutin olahraga atau meditasi supaya mood tetap terjaga.

"Aku sebenarnya orang yang suka banget dengan kesibukan. Makanya pas karantina di rumah ini aku jadi kurang kegiatan. Ujung-ujungnya aku malah jadi grumpy dan marah-marah sendiri. Daripada marah-marah nggak jelas, aku melampiaskan emosiku dengan olahraga, meditasi, atau beres-beres rumah. Apapun aku lakukan supaya ada kegiatan," jelas Kallula.

5. Buat Jadwal Kegiatan

5 Tips Biar Betah di Rumah Buat Perempuan Sibuk a la KallulaInstagram.com/kallula

Sebagai orang yang sibuk dengan banyak jadwal pekerjaan, membuat jadwal kegiatan harian juga menjadi hal penting bagi Kallula. Dengan adanya jadwal ini, banyak kegiatan yang bisa dilakukan tanpa membuang waktu. Kamu bisa membuat check list kegiatan harian yang rutin dilakukan atau malah melakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Semoga tips dari Kallula ini bisa kamu terapkan di rumah dan membuatmu nggak bosan dengan karantina mandiri ini ya.

Untuk menemani kamu karantina di rumah, Popbela punya acara seru nih Bela. Yakni "Road to BeautyFest Asia #DiRumahAja" di akun Instagram @BeautyFest.Asia. Selain live bareng seleb dan influencer favorit kamu, di Road to BeautyFest Asia #DiRumahAja" juga ada promo diskon dari berbagai brand make up, dan tak lupa juga donasi. 

Selama live, IDN Media membuka donasi yang ditujukan untuk membantu memenuhi kebutuhan APD tenaga medis yang menjadi garda terdepan melawan corona. Kalau kamu mau berdonasi, silakan kunjungi situs kitabisa.com/campaign/kitaidnlawancorona atau klik link di bio Instagram @BeautyFest.Asia.

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Dilakukan Prilly Latuconsina Selama Karantina di Rumah

Baca Juga: 5 Fakta di Balik Aksi #JemuranBareng a la Ayla Dimitri

Baca Juga: Ingin Tetap Produktif dan Semangat Saat #WFH Ini 7 Kiatnya