Kamis ini (27/8), kabar duka datang dari desainer mode senior, Barli Asmara. Ia dikabarkan meninggal dunia siang ini di Bali. Kabar tersebut beredar lewat komentar yang diunggah sahabat-sahabatnya di Instagram dan pesan singkat. Lewat komentar tersebut, para sahabat menyampaikan duka cita dan rasa tidak percaya kalau Barli telah meninggal dunia.

Barli dikenal sebagai desainer pakaian ready-to-wear dan haute couture yang cukup produktif. Bahkan ia berhasil menapakkan eksistensinya di industri fashion Indonesia sejak tahun 2001. Namun baru di tahun 2008, ketika ia dipercaya untuk memamerkan karyanya di panggung Dewi Fashion Knights pada gelaran Jakarta Fashion Week, publik baru membuka mata dan hati kepada desainer kelahiran 3 Marte 1978 tersebut.

Barli memulai mimpinya dengan modal hanya Rp2 juta—Rp3 juta untuk bekerjasama dengan sebuah butik milik teman sekolahnya. Dia juga menyewa rumah petakan untuk mengawali kariernya dalam membuat label busananya sendiri.

Lewat tangan dinginnya, Barli sukses menghadirkan beragam karya yang disukai, serta bisnis yang berjalan dengan sangat baik. Apa saja bisnis yang dimiliki Barli Asmara? Berikut daftarnya.

1. Pelangi Asmara

Bertahta di Industri Mode, Ini Deretan Bisnis Barli AsmaraInstagram.com/pelangiasmara.id

Bekerja sama dengan desainer Dian Pelangi, Barli merilis seri busana yang dikhususkan untuk perempuan berhijab. Bersama Dian, Barli mendesain gamis dan hijab dengan motif yang elegan.

2. Vaia Official

Bertahta di Industri Mode, Ini Deretan Bisnis Barli AsmaraInstagram.com/vaia.official

Tak hanya pakaian, Barli juga mendesain sepatu khusus perempuan. Sepatu cantik yang didominasi payet ini biasa dipesan dan digunakan untuk acara pernikahan. Bahkan belakangan, Vaia Official juga merilis masker berpayet yang senada dengan desain sepatu.

3. Aure Studios

Bertahta di Industri Mode, Ini Deretan Bisnis Barli AsmaraInstagram.com/aurestudios

Mendukung program pemerintah untuk #dirumahaja selama masa pandemi, Barli menghadirkan home dress yang cantik dan bisa kamu gunakan sehari-hari di rumah. Beragam motif sederhana ditampilkan untuk menemanimu di rumah namun tetap fashionable.

4. Barli Asmara

Bertahta di Industri Mode, Ini Deretan Bisnis Barli AsmaraInstagram.com/barliasmara.id

Lewat akun Instagram Barli Asmara ID, kita bisa melihat semua karya yang pernah Barli luncurkan. Mulai dari desain houte couture, hasil kerja samanya bersama influencer Dwi Hananda, koleksi Premium Ready to Wear, hingga kolaborasinya bersama fashion retail ada di sini.

Ternyata cukup banyak bisnis fashion yang digeluti Barli Asmara, ya. Apakah kamu sudah memiliki salah satu hasil rancangannya, Bela?

Baca Juga: Seru! Barli Asmara X Sorabel Menggelar Fashion Show di Taman Kota 

Baca Juga: #IPMI2017 Barli Asmara : All The Horses Siap Bersaing dengan Retail Internasional

Baca Juga: Desainer Indonesia Barli Asmara Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya