Menjadi seorang enterpreneur mungkin menjadi impian anak muda saat ini. Membangun kerajaan bisnis sendiri, bisa membuka lapangan pekerjaan, hingga berkontribusi untuk lingkungan sekitar menjadi mimpi yang dijanjikan bagi mereka ingin berwirausaha.

Terdengar mudah dan sederhana, namun pada kenyataannya, menjadi seorang wirausaha tidaklah gampang. Kamu membutuhkan support system yang cukup agar dapat bertahan menghadapi masa sulit. Salah satu support system yang kita butuhkan untuk menjadi seorang pengusaha adalah adanya dukungan dari komunitas.

Pada sesi kedua Festival Pulih by Popbela, Jumat 27 November 2021, Samira Shihab, CEO Tinkerlust dan Stellar Women membagikan pengalamannya dalam merintis usaha. Menurut Samira, memiliki komunitas menjadi hal yang paling penting bagi pengusaha. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Awal mula terbentuknya Stellar Women

Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira ShihabInstagram.com/Samira.shihab

Stellar Women merupakan komunitas yang didirikan oleh Samira di tahun 2019. Komunitas berdiri berdasarkan pengalaman Samira yang merasakan jatuh bangunnya sebagai seorang pengusaha.

"Menjadi pengusaha adalah perjalanan yang panjang dengan banyak lika-likunya. Bahkan aku pernah berada di satu titik di mana aku merasa nggak ada yang mengerti aku. Jadi hal inilah yang menginspirasi hadirnya Stellar Women," jelas Samira.

Stellar Women merupakan komunitas perempuan agar mereka nggak merasa sendirian

Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira ShihabYouTube.com/Popbela

Lebih jauh tentang Stellar Women, menurut Samira, adalah sebuah platform yang mempertemukan perempuan agar mereka tidak merasa sendirian dalam menjalani kehidupan profesional mereka sebagai seorang pengusaha.

"Jadi, Stellar Women itu adalah sebuah platform for women leaders. Untuk yang ingin gabung adalah mereka yang ingin mengembangkan personalitinya. Selain itu, mereka bukan hanya bisa mengembangkan profesionalitas mereka, tapi juga bisa terhubung satu sama lain untuk saling memahami, sehingga kita tidak merasa sendirian," ungkap Samira.

Pentingnya support system bagi pengusaha perempuan

Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira ShihabYouTube.com/Popbela

Sebagai seorang pengusaha perempuan, Samira mengatakan komunitas menjadi support system yang penting. Sebab, dalam komunitas mereka bisa saling belajar satu sama lain.

"Meskipun dalam perjalanan karier mereka itu berbeda-beda, tapi masalah yang mereka hadapi hampir serupa. Jadi, mereka bisa berbagi kisah yang sama, sehingga bisa saling belajar satu sama lain. Stellar Women berawal dari enam member dan kini sudah lebih dari 10 ribu member di seluruh Indonesia," kata Samira lagi.

Di masa pandemi, support system juga menjadi hal paling penting bagi perempuan

Bangun Stellar Women, Pentingnya Punya Komunitas Menurut Samira ShihabInstagram.com/Samira.shihab

Bukan hanya bagi enterpreneursupport system juga sangat dibutuhkan oleh perempuan di masa pandemi ini.

"Sebagai seorang ibu, apalagi di masa pandemi ini, aku sempat merasa tidak bisa survive. Maka dari itu, support system sangat penting. Komunitas di sini bukan hanya grup yang besar. Tapi, keluarga atau teman terdekat itu bisa jadi support system yang baik saat kita merasa sedih atau berada di titik terendah.

Support system bagi perempuan itu penting, karena jika tidak memilikinya, kita akan merasa sendirian. Apalagi bagi perempuan yang sudah menikah, mereka kadang lupa memprioritaskan diri sendiri. Mereka lebih sering memprioritaskan suami atau anaknya, misalnya. Maka dari itu, dengan adanya komunitas mereka bisa menjadikannya sebagai waktu me time. Jadi me time di sini adalah dengan saling berkoneksi satu sama lain melalui komunitas," kata Samira.

https://www.youtube.com/embed/5-_PHSDS8lc

Festival Pulih by Popbela merupakan komunitas kesehatan mental, serta ruang teduh untuk sembuh dan bertumbuh. Acara ini akan terselenggara secara online mulai dari tanggal 25-27 November 2021 yang bisa kamu saksikan secara gratis di YouTube dan Instagram Popbela.

Baca Juga: Instagram #RealTalk dengan Ariel Tatum, Bicara Kekerasan Online 

Baca Juga: Instagram #RealTalk dengan Ariel Tatum, Bicara Kekerasan Online 

Baca Juga: Ini Pesan Najwa Shihab untuk Anak Muda yang Ingin Sukses Cepat!