Memasuki pertengahan bulan Ramadan atau di 15 malam terakhir, umat Islam mulai menambahkan bacaan doa qunut di akhir salat witir. Qunut adalah doa yang dipanjatkan oleh umat muslim di antara gerakan rukuk dan sujud rakaat terakhir. Biasanya qunut dibaca di rakaat terakhir salat witir, salah subuh, dan salat fardhu lainnya (qunut nazilah).

Khusus untuk qunut witir, semua ulama sepakat bahwa membaca doa qunut witir dimulai pada tanggal 15 hingga akhir bulan Ramadan. Bagaimana bacaan doa qunut witir dan artinya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Bacaan Doa Qunut

Dibaca di 15 Malam Terakhir Ramadan, Ini Bacaan Qunut Witir & ArtinyaCanva.com, Edited by Niken Ari

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ, وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ, فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ , وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ,وَلاَ يَعِزُّمَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ,اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ,وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Allaahumahdinii fiiman hadait, wa 'aafinii fiiman aafait, wa tawallani fiimantawallait, wa baariklii fiimaaan aktoit, wa qini syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha 'alaik, wa innahu layadzillu mawwalait, wa la ya idzuman 'aadait, Tabarak tarabannaa wata 'aalait, Falakal hamdu 'alamaa qadhait, Astagfiruka wa atuubu ilaik, Wa shallalloohu 'ala Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa 'ala Aalihi wa shahbihi wa sallam."

Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang telah Engkau lindungi, uruslah aku sebagaimana orang yang telah Engkau urus. Berilah berkah apa yang Engkau berikan kepadaku, jauhkan aku dari kejelekan apa yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan qada’ (ketetapan), dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau cintai tidak akan hina dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia. Maha Suci Engkau, wahai Rabb kami dan Maha Tinggi Engkau. Oleh hal yang sudah Engkau hukum, aku memohon pengampunan dan taubat kepada-Mu. Dan semoga Engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad yang ummi, dan semua umat beliau dan para sahabatnya. Semoga Allah menambahkan keberkahan dan keselamatan."

2. Bacaan Doa Selepas Salat Witir

Dibaca di 15 Malam Terakhir Ramadan, Ini Bacaan Qunut Witir & ArtinyaCanva.com, Edited by Niken Ari

Setelah membaca doa qunut di rakaat terakhir di antara rukuk dan sujud, maka selepas salat witir, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa salat witir. Doa witir ini dapat dibaca sebelum ataupun setelah salam. Bacaan doa selepas salat witir adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ ، وَبِمَعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ ، لاَ أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ridho-Mu dari kemurkaan-Mu, dengan ampunan-Mu dari siksaan-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dan dari-Mu. Aku tidak bisa menghitung (untuk) memuji-Mu. Engkau sebagaimana yang telah Engkau puji pada diri-Mu."

Itulah tadi bacaan doa qunut witir lengkap artinya yang akan mulai rutin dibaca pada 15 Ramadan hingga akhir bulan Ramadan. Semoga kita bisa menjadi salah satu hamba Allah yang konsisten dalam beribadah.

Baca Juga: Baca Selepas Salat, Ini Doa Memohon Keselamatan, Rezeki dan Ampunan

Baca Juga: Doa Cepat Terjawab, Ini 7 Manfaat Rajin Membaca Alquran

Baca Juga: Sucikan Diri Sebelum Puasa, Ini Doa dan Niat Mandi Puasa Ramadan