Menangis tidak membatalkan puasa, karena menangis tidak disebutkan dalam al-Quran maupun hadist sebagai hal yang membatalkan puasa. Menangis bukan hal yang membatalkan puasa, kecuali jika air mata yang jatuh kemudian ditelan dengan sengaja. Menangis tidak akan membatalkan puasa kecuali menelan air mata dengan sengaja.

Sebagai manusia, wajar kita merasakan emosi yang naik dan turun. Ada kalanya kita merasa sedih dan tertekan, sehingga sampai menangis. Supaya kamu semakin tahu dan tidak lagi bertanya-tanya apakah menangis membatalkan puasa, simak yuk artikel berikut ini.

Hukum Menangis Saat Puasa

Apakah Menangis Membatalkan Puasa?Pexels.com/Juan Pablo Arenas

Pasti saat sedang berpuasa dan ingin menangis, ada saja teman kita yang akan menanggapi dengan kalimat “jangan menangis, nanti puasanya batal lho”. Mendengar kalimat tersebut kita akan langsung menahan tangis dan justru membuat dada terasa sesak.

Mengutip kitab Matnu Abi Syuja’  tertulis “Yang membatalkan puasa ada sepuluh hal, yakni (1) sesuatu yang sampai pada rongga bagian dalam tubuh (jauf) atau kepala, (2) mengobati dengan memasukkan sesuatu pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur), (3) muntah secara sengaja, (4) melakukan hubungan seksual secara sengaja pada alat kelamin, (5) keluarnya mani sebab bersentuhan kulit, (6) haid, (7) nifas, (8) gila, (9) pingsan di seluruh hari dan (10) murtad,” (Syekh Abi Syuja’, Matnu Abi Syuja’, hal. 127).

Di antara sepuluh perkara tersebut, tidak tertulis bahwa menangis akan membatalkan puasa. Ketika menangis saat sedang berpuasa, ditakutkan air mata yang keluar akan masuk ke dalam mulut bercampur air liur. Namun, hal ini sangat jarang terjadi. Bahkan hampir tidak mungkin. Sehingga, tidak masalah dan tidak apa-apa jika kita menangis saat puasa, sebab tidak akan membuat puasa kita batal.

Mengapa Menangis Tidak Membatalkan Puasa?

Apakah Menangis Membatalkan Puasa?Pixabay.com/Counselling

Menangis tidak akan membatalkan puasa sebab mata bukanlah rongga bagian dalam tubuh. Ketika menangis, air keluar dari mata atau tubuh seseorang. Sekalipun air mata mengalir di pipi hingga mulut, kemungkinan untuk menelan air mata sangatlah kecil. Sehingga hampir tidak mungkin jika kita menelan air mata yang keluar dari mata kita.

Melalui penjelasan ini, menangis tidak akan membatalkan puasa. Kecuali jika air mata kita tertelan dan sampai melewati tenggorokan. Jika sudah begini, maka puasa kita akan batal.

Menjaga Emosi Saat Berpuasa

Apakah Menangis Membatalkan Puasa?Pixabay.com/Free Photos

Meskipun menangis tidak akan membatalkan puasa, namun akan lebih baik jika kita bisa menahan emosi sehingga tidak perlu sampai menangis. Puasa pada hakikatnya adalah menahan lapar, haus, dan segala hal yang membatalkannya, termasuk hawa nafsu. Saat berpuasa, ada baiknya kita dapat menahan diri untuk tidak terlalu emosi yang berlebihan.

Perbanyak istigfar jika kita merasakan emosi mulai naik. Supaya lebih meredakan emosi yang kita rasakan saat sedang berpuasa, kita dianjurkan untuk berwudu dan salat dua rakaat untuk menenangkan diri.

Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaanmu ya. Semoga kita lebih bisa menahan diri saat sedang berpuasa. 

Baca Juga: Hukum Berenang Saat Puasa