Di akhir quarter pertama tahun 2020, berbagai brand ponsel sudah menyiapkan berbagai seri terbarunya yang siap menemanimu sepanjang tahun ini. Dengan harga yang ramah di kantong, namun seri terbaru dari berbagai brand ponsel ini mengandalkan satu fitur yang sama, yakni kamera.

Apa saja spesifikasi dan harga dari masing-masing ponsel terbaru ini? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. OPPO Reno3

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Dok. OPPO Indonesia

OPPO secara resmi memperkenalkan perangkat Reno3 melalui digital launch show yang dapat dinikmati lewat akun youtube resmi OPPO Indonesia pada 17 Maret yang lalu. Perangkat Reno3 dijual OPPO melalui pemesanan awal pada periode 17 hingga 26 Maret 2020.

OPPO Reno3 hadir dengan membawa keunggulan pada fitur kamera yang diusungnya. Salah satunya adalah fitur Ultra Clear 108MP Image. Dengan fitur ini, hasil kamera OPPO Reno3 dapat menghasilkan gambar resolusi tinggi hingga 108 Megapixel.

OPPO Indonesia sendiri sudah membuktikan hasil kamera ini melalui iklan yang terpampang pada Gedung Veteran. Pada iklan tersebut terpampang dua brand representative Reno3, Yoshi Sudarso dan Cinta Laura Kiehl yang difoto oleh fotografer Ryan Tandya. Foto tersebut diambil dengan menggunakan perangkat Reno3 dan dicetak dalam ukuran 20x40 meter. 

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Instagram.com/oppoindonesia

Fitur lain yang menarik adalah pada seri ini, OPPO mengembangkan kecerdasan buatan untuk yang dikombinasikan dengan algoritma baru untuk fitur Ultra Night Selfie. Melalui kamera depan 44 megapixel, Reno3 dapat mengambil gambar malam hari dengan jernih, jelas dan tajam.

Untuk spesifikasi yang canggih, OPPO Reno3 yang hadir dalam tiga varian warna Slience Black, Silver Blue dan Morning Mist ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Harga yang ditawarkan yakni Rp5,2 juta per unitnya.

2. Huawei P40

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Dok. Huawei

Untuk kamu yang senang mengambil gambar menggunakan kamera DLSR, kini tak perlu repot lagi. Sebab, Huawei P40 Pro mengadopsi fitur DSLR yang memungkinkanmu mengambil gambar dengan kualitas terbaik.

Saat ini, Big Sensor dan High-resolution Imaging telah menjadi tren utama di industri smartphone, bahkan kini mencapai mencapai rekor 1 / 1,33 inci dan 100MP. Huawei telah menyebarkan sensor 1 / 1,7-inci ke dalam jajaran produk kelas menengahnya yaitu pada seri Huawei nova 6. Sebagai pelopor dalam teknologi sensor Quad Bayer, ada spekulasi bahwa seri Huawei P40 akan menghadirkan sensor yang lebih besar dan resolusi yang lebih tinggi.

Bentuk ramping smartphone juga membatasi ukuran sensornya, tidak seperti desain DSLR yang lebih besar. Artinya, untuk meningkatkan sensitivitas foto kamera, rahasianya adalah dengan meningkatkan sensitivitas setiap piksel. Oleh karena itu, piksel kuning telah diperkenalkan ke seri HUAWEI P untuk mengubah array RGGB ke array RYYB. Dengan melakukan ini, sensitivitas melonjak dari ISO102400 ke ISO409600, secara signifikan lebih tinggi dari pada DSLR biasa. 

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Dok. Huawei

Seri Huawei P juga memiliki pengaturan kamera mutakhir untuk mencocokkan sensor yang mengesankan. Ultra-Wide angle, Wide-Angle, Telephoto Lens dan kamera ToF yang disediakan dapat menciptakan full focal range yang hanya dapat dicapai dengan mengubah lensa secara fisik pada DSLR.

Seri Huawei P40 kemungkinan akan ditenagai oleh Kirin 990 5G SoC, yang mengintegrasikan Da Vinci NPU terbaru dan ISP generasi kelima. Memanfaatkan kemampuan AI yang ditenagai oleh Kirin 990 5G SoC, kamera dapat secara akurat mendeteksi objek dan tepian, menyesuaikan gambar yang buram dan terdistorsi, dan mengoptimalkan Long Exposure. Semua itu untuk membawa fotografi AI ke level berikutnya. Untuk harga, Huawei masih merahasiakannya nih Bela. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, ya.

3. HONOR 8A

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Instagram.com/honor_indonesia

Buat kamu yang aktif dan membutuhkan ponsel dengan daya tahan cukup tinggi, HONOR 8A bisa jadi pilihanmu. Dilengkapi fitur super canggih, HONOR 8A cukup unggul di kelasnya.

HONOR 8A dibekali dengan memori 3/32 GB serta Triple Card Slot, yakni slot untuk 2 kartu SIM plus 1 kartu MicroSD berkapasitas sampai dengan 512GB. Menggunakan octa-core processor MediaTek Helio P35 dan dilengkapi juga dengan kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP. HONOR 8A juga memiliki fitur FM Radio yang tentunya cocok bagi yang gemar mendengarkan siaran radio.

Harganya pun sangat ramah di kantong, yakni Rp1,299 juta saja. Pas banget untuk kamu yang ingin ganti ponsel tapi budget terbatas.

4. Samsung Galaxy M31

Andalkan Kamera, Ini Rekomendasi Smartphone yang Rilis Maret 2020Samsung Indonesia

Mengusung tema Sobat Anti Lowbat, Samsung merilil smartphone baru pada 20 Maret lalu. Berbekal baterai kuat berkapasitas 6.000 mAh dan Quad kamera belakang yang terdiri dari 64 MP lensa utama, lensa Ultra Wide 123° 8MP, Depth lens 5 MP, serta lensa macro 5 MP. Selain itu, layar 6,4 inci Super AMOLED memaksimalkan sisi hiburanmu, Bela. Ditambah lagi, Dolby Atmos™speaker surround sound effect yang akan turut mendukung pengalaman audio jernih. Dolby Atmos dapat diakses menggunakan earphone maupun Bluetooth speaker.

Dengan harga di bawah Rp4 juta, ponsel ini M31 dipersenjatai dengan 6 GB RAM dan penyimpanan data 128 GB yang dapat kamuupgrade hingga 512 GB. Sehingga, menonton film, video, maupun bermain games favorit, Galaxy M31 dapat menjadi andalan tanpa memberikan rasa kuatir baterai akan terkuras.

Galaxy M31 hadir dengan tiga pilihan warna kekinian yaitu Blue, Black, dan Red yang sesuai dengan gaya Gen Z dan millennial masa kini. Kamu juga bisa mengunjungi situsnya di  sobatantilowbat.com untuk info lebih lanjut.

Bagaimana, ada rencana untuk mengganti ponsel dalam waktu dekat?

Baca Juga: vivo V19 Sudah Bisa Dibeli, Sediakan Layanan Antar ke Rumah!