Di era digital seperti saat ini, bukan hanya aplikasi yang semakin canggih. Perangkatnya pun semakin mutakhir dan sangat membantu pekerjaan manusia. Setelah muncul ponsel dengan layar penuh atau full screen, kini mulai bermunculan ponsel lipat atau fold.

Setidaknya sejauh ini sudah ada tiga brand ponsel yang dikabarkan telah merilis ponsel lipat. Apa saja brand tersebut, serta bagaimana spesifikasi dan harganya? Simak penjelasannya berikut ini.

Samsung Galaxy Fold

Adu Harga dan Spesifikasi di 3 Brand Ponsel LipatDok. Internet

Brand pertama yang merilis ponsel lipat adalah Samsung Galaxy Fold. Pada bulan September 2018, Samsung pertama kali memperkenalkan jenis ponsel ini. Samsung Galaxy Fold digadang-gadang menjadi yang pertama di kelasnya dengan desain yang elegan dan futuristik.

Secara spesifikasi, Samsung Galaxy Fold memiliki chipset octa-core Snapdragon 855, RAM sebesar 12GB dan penyimpanan internal berkapasitas 512GB. Samsung Galaxy Fold dilengkapi dengan dua buah baterai 3,100mAh yang masing-masing ditempatkan di setiap sisi dan speaker stereo dari AKG.

Fold dibekali dengan enam kamera, tiga di belakang, dengan masing-masing berresolusi 16M, 12MP, dan 12MP, satu di depan dengan resolusi 10MP dan dua di dalam dengan resolusi 10MP dan 8MP. Samsung Galaxy Fold memiliki SUPER AMOLED 4,6 inch beresolusi HD+.

Untuk harga, Samsung membanderolnya dengan nilai yang cukup fantastis. Untuk satu unik Samsung Galaxy Fold kamu bisa memilikinya dengan harga $1.980 atau sekitar Rp28 juta.

Huawei Mate X

Adu Harga dan Spesifikasi di 3 Brand Ponsel LipatDok. Internet

Menjadi saingan utama Samsung Galaxy Fold, Huawei meluncurkan seri serupa dengan tipe yang diberi nama Huawei Mate X. Dari segi spesifikasi, Huawei lebih kompleks dan harganya pun lebih mahal dibandingkan Samung Galaxy Fold.

Huawei Mate X berspesifikasi Android 9 Pie di atas EMUI 9.1.1 dengan Dual-SIM (Nano) dan menampilkan dua panel Layar FullView dalam ukuran 6,6 inci dan 6,38 inci. Ponsel ini juga dilengkapi HiSilicon Kirin 980 SoC, ditambah dengan RAM 8GB.

Semakin menambah kelebihannya, Huawei Mate X dilengkapi dengan chipset Huawei Balong 5000 5G yang hadir sebagai modem 7nm pertama di dunia, yang mampu memberikan kecepatan downlink / uplink hingga 4,6 / 2,5Gbps pada Sub-6GHz.

Untuk harga, Huawei Mate X dibanderol dengan harga $2.600 atau setara dengan Rp36 juta untuk satu unitnya.

Xiaomi Mi Fold

Adu Harga dan Spesifikasi di 3 Brand Ponsel LipatTechconfgurations.com

Tak mau kalah dengan Samsung dan Huawei, Xiaomi juga meluncurkan ponsel lipat namun dengan harga yang jauh di bawah dua pesaingnya. Uniknya bukan hanya satu lipatan, pada Mi Fold kabarnya akan bisa dilipat menjadi dua alias double fold.

Namun, detail spesifikasi dari ponsel ini juga belum banyak beredar. Kabar yang beredar adalah Xiaomi Mi Fold dilengkapi dengan SoC Snapdragon 855 seperti halnya Galaxy Fold and Mate X, dengan RAM bisa mencapai 10GB. Layar yang digunakan pada Mi Fold pun adalah display OLED yang dibuat oleh Visionox Technology.

Untuk harga, Mi Fold dikabarkan akan dijual dengan harga $999 atau setara dengan Rp14 juta. Jauh dari dua pesaingnya bukan?

Baca Juga: Hati-Hati, Tahun 2022 Deretan Ponsel Ini Akan Diblokir Pemerintah