Di tahun 2021 kegiatan belajar dan sekolah dari rumah masih terus berlanjut mengingat pandemi yang masih belum terkendali. Untuk mendukung kegiatan tersebut, tak ada salahnya untuk memperbarui gawai supaya kegiatan belajar maupun bekerja dari rumah tetap maksimal dengan minim kendala.

Jika kamu terpikirkan untuk mengganti ponsel, kamu bisa melirik tiga brand smartphone yang sama-sama merilis ponsel seri terbarunya di awal April 2021 ini. Apa saja brand tersebut dan bagaimana spesifikasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Samsung

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Samsung Indonesia

Pada akhir Maret 2021 lalu, Samsung merilis ponsel terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy A52, A52 5G dan A72. Jajaran Samsung Galaxy A Series terbaru ini memberikan pengguna kemampuan untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dengan kamera yang dapat diandalkan, memanjakan diri pengguna dengan pengalaman menonton yang imersif dengan scrolling display yang smooth, serta menambah ketenangan hati kamu dengan fitur inovatif Galaxy Foundation seperti water-resistance dan baterai yang tahan lama.

Simak spesifikasi masing-masing seri dari Samsung Galaxy terbaru berikut ini.

Samsung Galaxy A52 dan Samsung Galaxy A52 5G

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Samsung Indonesia

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy A52|A72 adalah perlindungan dari air dan debu dengan grade IP67. Perlindungan ini memungkinkan Galaxy A52|A72 tahan terhadap air dan mampu dibawa menyelam pada kedalaman 1 meter, selama 30 menit.

Kehadiran fitur IP67 menjadi sebuah jendela baru bagi pengguna untuk melewati batas-batas yang ada saat mereka beraktivitas sehari-hari seperti, saat menikmati konten yang di kamar mandi atau di dapur, saat harus menerjang hujan ketika di jalan, hingga beragam aktivitas yang berisiko terkena air dan debu.

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Samsung Indonesia

Baik Samsung Galaxy A52, A52 5G dan A72 sama-sama dibekali dengan Awesome quad Camera 64MP, serta lensa Macro 5MP (F2.4). Ada pula fitur super slow motion dengan resolusi HD 960 fps di bawah air hujan, sehingga bikin video tanpa khawatir smartphone kamu rusak karena terciprat air.

Tersedia dalam pilih empat warna, yakni Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, dan Awesome White, Samsung Galaxy A52 dan A52 5G dibanderol dengan harga Rp4.999.000 (8/128GB) dan Rp5.399.000 (8/256GB).

Samsung Galaxy A72

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Samsung Indonesia

Secara spesifikasi, Samung Galaxy A72 tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A52 Series. Sama-sama dibekali dengan grade IP67 yang memungkinkan kamu mengambil foto dan video di kondisi basah tanpa takut ponsel kamu akan rusak.

Hal yang membedakan Samsung Galaxy A72 dengan Samsung Galaxy A52 Series adalah kapasitas memori dan baterai yang lebih besar, yakni 5.000 mAH yang tahan hingga dua hari.

Untuk harga Samsung Galaxy A72 dibanderol dengan harga Rp5.999.000 (8/128GB) dan Rp6.399.000 (8/256GB). Cukup terjangkau untuk spesifikasi yang ciamik, kan?

Xiaomi

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Xiaomi

Pada 30 Maret 2021 lalu, Xiaomi meluncurkan seri jawara terbarunya yaitu Redmi Note 10 Pro dan Redmi Note 10. Hadirnya fitur-fitur penggebrak standar seperti layar AMOLED dan kamera 108MP, menjadikan Redmi Note 10 Series sebagai pilihan tepat bagi kamu untuk upgrade smartphone, termasuk dari generasi Redmi Note sebelumnya.

Melalui seri legendaris Redmi Note, Xiaomi kerap menghadirkan terobosan teknologi di perangkat smartphone lewat berbagai fitur terbaik dengan harga sebenarnya. Penasaran bagaimana spesifikasi dari ponsel Redmi Note 10 Series ini?

Redmi Note 10 Pro

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Instagram.com/xiaomi.global

Redmi Note 10 Pro menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman menggunakan smartphone mid-range terbaik dengan menyatukan kecanggihan resolusi kamera 108MP, ketajaman layar 6.67” AMOLED 120Hz, serta kecepatan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 732G.

Sensor kamera 108MP pada Redmi Note 10 Pro memberikan pengalaman mobile photography yang memadukan 9-in-1 binning technology dan Dual native ISO. Perpaduan kedua teknologi ini, membuat perangkat dapat menangkap foto dengan detail secara baik, memiliki dynamic range yang luas dan menawarkan berbagai mode penyuntingan gambar.

Selain itu, berkat fitur Night Mode 2.0 yang didukung algoritma multi-frame RAW, kamu dapat menangkap visual meski dalam pengaturan cahaya rendah. Sebelumnya, kamera berkualitas 108MP hanya bisa ditemui di smartphone flagship, namun kali ini Xiaomi berhasil membawa fitur tersebut ke Redmi Note 10 series yang merupakan smartphone kelas mid-range di Indonesia.

Untuk mode perekaman video, Redmi Note 10 Pro hadir dengan mode video time-lapse pro dan video time-lapse tele macro yang melengkapi fitur tambahan seperti mode Photo Clones, Video Clones, Dual Video dan Long Exposure.

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Instagram.com/xiaomi.global

Layar 6,67” AMOLED DotDisplay dengan 120Hz refresh rate menghadirkan layar yang tidak hanya luas, namun juga komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, serta responsif berkat 240Hz touch sampling rate. Selain itu, adanya speaker ganda menghasilkan kualitas suara yang imersif, akan membuat pengalaman menonton lebih berkesan.

Redmi Note 10 Pro ditenagai oleh Qualcomm® Snapdragon™ 732G yang merupakan salah satu prosesor 4G paling kuat di pasaran saat ini. Menawarkan performa yang tinggi dan konsumsi daya baterai yang rendah.

Dengan kapasitas baterai besar, 5020 mAh (typ), yang didukung pengisian daya cepat 33W, kamu akan lebih menghemat waktu ketika harus mengisi daya baterai. Sehingga, terasa ideal bagi mereka yang ingin memiliki perangkat mumpuni untuk mendukung kebutuhan gaming maupun streaming.

Redmi Note 10 Pro akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Onyx Gray, Glacier Blue, dan Gradient Bronze. Desainnya semakin elegan dengan sensor sidik jari yang diletakkan di sisi samping (Arc side fingerprint sensor), membuat perangkat ini lebih nyaman digunakan. Untuk perlindungan lebih dari goresan, bagian depan perangkat juga dilengkapi Corning® Gorilla® Glass 5.

Harga: Rp3.599.000 (6GB + 64GB), Rp3.999.000 (8GB + 128GB)

Redmi Note 10

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Instagram.com/xiaomi.malaysia

Redmi Note 10 merupakan smartphone pertama di tahun ini yang menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ 678, menawarkan peningkatan performa kamera dan pengalaman gaming dengan tetap menjaga efisiensi daya baterai. Chipset ini menggunakan Octa-core CPU Kryo 460 dengan clock speed 2.2GHz dan didukung oleh teknologi image signal processor Spectra 250L.

Tidak hanya itu, konfigurasi empat kamera belakang (Quad-Camera) yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lensa makro 2MP dan depth camera 2MP, serta kamera 13MP pada bagian depan, menghadirkan kemampuan fotografi unggul yang membantu kamu mendokumentasikan momen berharga dari berbagai sudut. Untuk mode pengambilan video, selain beberapa fitur favorit seperti slow motion dan night mode, kini Redmi Note 10 menghadirkan dua jenis fitur time-lapse, yaitu time-lapse pro dan reguler.

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Instagram.com/xiaomi.malaysia

Kamu juga dapat tampil percaya diri dengan desain body elegan dengan sensor sidik jari Arc side. Redmi Note 10 dilindungi Corning® Gorilla® Glass di bagian depan, membuat perangkat tetap kokoh ketika terjatuh dan tergores. Perangkat ini akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Onyx Gray, Pebble White, dan Lake Green.

Redmi Note 10 Series yang hadir dengan berbagai fitur jawara merupakan pilihan tepat bagi Gen Z yang mencari keandalan, daya tahan, sekaligus desain elegan dalam satu genggaman. Dengan segala peningkatan fitur dan performa tersebut, kedua perangkat seri dari Xiaomi ini memberikan pengalaman premium kepada pengguna di segmen kelas menengah dengan keinginan memperoleh pengalaman maksimal, terutama dalam fotografi dan gaming.

Harga: Rp2.499.000 (4GB + 64GB)

vivo

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Vivo Indonesia

Setelah mengkonfirmasi kehadiran vivo X60 Series 5G di Indonesia, vivo X60 Series 5G akhirnya rilis pada 8 April 2021. Melalui vivo X60 Series, vivo menghadirkan teknologi-teknologi mobile photography terbaru, termasuk vivo ZEISS Camera System, teknologi Gimbal Stabilizations 2.0, dukungan dapur pacu Qualcomm® Snapdragon™ 870 5G SoC, kemampuan Extreme Night Vision 2.0, hingga kapabilitas siap 5G yang dibawanya.

Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Simak penjelasannya berikut ini.

vivo X60 Pro

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Vivo Indonesia

Gimbal Stabilization adalah salah satu teknologi yang diandalkan vivo untuk flagship smartphone-nya pada seri-X. Setelah menjadi pelopor teknologi gimbal lewat seri vivo X50 Pro, vivo terus mengembangkan teknologi ini agar menghasilkan dukungan kamera terbaik yang kini akan diwujudkan oleh Gimbal Stabilization 2.0 dan disematkan pada professional photography flagship smartphone vivo X60 Pro.

Teknologi gimbal inovatif ini mampu untuk mengimbangi guncangan kamera dan secara maksimal tetap bisa merekam dan menangkap gambar dengan mulus dan tidak buram. Teknologi Gimbal Stabilization 2.0 juga hadir untuk memberikan stabilisasi tiga dimensi yang fleksibel, sekaligus menampilkan aperture sebesar 1,48 untuk mengambil cahaya 16% lebih banyak dari seri-X pendahulunya.

Aperture yang besar ini juga didukung dengan AI Noise Reduction untuk menghasilkan gambar dalam cahaya minim yang menakjubkan, bahkan dalam keadaan gelap gulita sekalipun. Teknologi gimbal ini juga didukung dengan kemampuan potret profesional 13MP 50mm dan kamera ultra lebar 13MP. Selain itu, ada juga teknologi perangkat lunak Pixel Shift Ultra HD Imaging yang akan memberikan kesempurnaan dan kejernihan di setiap piksel hasil tangkapan gambar.

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Vivo Indonesia

Tidak seperti kebanyakan sensor kamera berbasis Pixel Shift lainnya, teknologi pada vivo X60 Pro ini merupakan sebuah terobosan dengan metode yang menghasilkan peningkatan detail dan ketajaman gambar, untuk membantu pengguna mendapatkan gambar ultra HD. Hal ini juga harus menggunakan rendering sub-piksel, yang diterjemahkan menjadi keluaran resolusi tinggi. 

Untuk perekaman videonya, vivo menyempurnakan dengan teknologi stabilisasi gambar 5 Axis VIS, yaitu teknologi yang dirancang untuk mengimbangi guncangan kamera saat pengambilan gambar video dalam kondisi saat bergerak. Dengan adanya teknologi ini, hasil rekaman video akan lebih jelas, lebih stabil, dan tetap tajam.

Teknologi VIS ini membantu meningkatkan performa gimbal dengan dukungan 4 sumbu, mulai dari vertikal, horizontal, pitch (lensa mengarah ke atas dan ke bawah), dan yaw (lensa kamera mengarah ke samping kanan maupun kiri), dengan sumbu ke-5 yang akan menambah performa sensor lensa dengan sistem gerakan memutar.

Harga: Rp9.999.000

vivo X60

Adu Canggih Smartphone Baru dari 3 Brand Ponsel yang Rilis April 2021Dok. Vivo Indonesia

Secara visual, vivo X60 sangat identik dengan vivo X60 Pro. Hal yang membedakan, hanyalah teknologi Gimbal Stabilization 2.0 yang tersemat pada vivo X60 Pro tidak ditemukan di vivo X60.

Meski begitu, vivo X60 sama-sama dibekali dengan panel AMOLED berukuran 6,56 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 240 Hz. Kameranya pun sama, yakni dengan spesifikasi 48 MP + 13 MP + 13 MP.

Kelebihan dari vivo X60 dibandingkan dengan vivo X60 Pro ada pada kapasitas baterai. vivo X60 memiliki kapasitas baterai 4.300 mAH, sementara vivo X60 Pro lebih kecil, yakni 4.200 mAH.

Harga: Rp6.999.000

Wah, dari masing-masing brand sama-sama mengeluarkan ponsel dengan kelebihan dan teknologi canggih mereka, nih. Kamu ingin punya yang mana, Bela?

Baca Juga: Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual 

Baca Juga: 5 Smartphone yang Rilis di Awal 2021 dengan Harga di Bawah Rp1,5 Juta

Baca Juga: 5 Cara Bikin Konten Berkualitas, Hanya Modal Smartphone!