Pelantikan Presiden Joko Widodo menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 hanya menunggu hitungan hari. Selama menunggu proses pelantikan tersebut, Presiden yang akrab disapa Jokowi ini mengaku sudah selesai menyusun Kabinet Kerja II Periode 2019-2024. Beberapa nama sudah dihubungi oleh Jokowi untuk menjadi menterinya.

Meskipun nama-nama tersebut belum diumumkan, namun banyak spekulasi beredar kalau akan ada beberapa Millennial yang akan mengisi kursi menteri di Kabinet Kerja II. Beberapa nama tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Nadiem Makarim

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiDok. Internet

CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, dinilai menjadi kandidat kuat menteri di Kabinet Kerja II. Nadiem yang merupakan lulusan Brown University dan Harvard University ini dinilai sukses membangun perusahaan start up hingga mendapatkan gelar unicorn. Banyak yang menganggap sosok Nadiem sangat dibutuhkan di Indonesia karena sangat memahami bagaimana industri 4.0 yang tengah berkembang saat ini.

2. Andhika Hazrumy

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiBantenhits.com

Sepak terjang Andhika Hazrumy di dunia politik memang tak perlu diragukan lagi. Millennial yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 ini sudah pernah menjadi anggota DPR-RI periode 2014-2019. Ia mengundurkan diri sebagai anggota DPR karena mencalonkan diri sebagai wakil gubernur.

3. Belva Devara

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiInstagram.com/belvadevara

Usianya belum genap 30 tahun di tahun ini, namun nama Belva Devara disebut-sebut sebagai salah satu Millennial yang akan menjadi menteri di Kabinet Kerja II. Belva merupakan lulusan Harvard University ini adalah CEO start up yang bergerak di bidang pendidikan, Ruang Guru.

4. Tsamara Amany

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiInstagram.com/tsamaradki

Siapa pun pasti mengenal sosok yang satu ini. Tsamara Amany adalah calon legislatif daerah pemilihan DKI Jakarta II. Sosoknya yang kritis dan vokal jika menyuarakan pendapat, terutama soal korupsi, membuat Tsamara patut diperhitungkan sebagai menteri Millennial.

5. Emil Dardak

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiDok. Internet

Suami dari Arumi Bachsin ini memulai karier politiknya di tahun 2015. Emil Dardak berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Trenggalek. Namun belum selesai masa baktinya, Emil mengundurkan diri dan mengikuti pemilihan umum gubernur Jawa Timur. Ia menjadi wakil gubernur Jawa Timur dengan Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur. 

6. Prananda Paloh

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiInstagram.com/pranandapaloh

Prananda Paloh merupakan politisi dari Partai Nasdem sekaligus putra dari Surya Paloh. Ia merupakan anggota DPR-RI periode 2014-2019. Diketahui ia tak lagi menjadi anggota DPR-RI periode ini. Namun, nama Prananda masuk di dalam bursa menteri Kabinet Kerja 2019-2024.

7. Angela Herliani Tanoesoedibjo

7 Daftar Nama Millennial yang Masuk Bursa Menteri Presiden JokowiInstagram.com/angelatanoesoedibjo

Bukan hanya Surya Paloh, anak dari Hary Tanoesoedibjo juga masuk ke dalam bursa menteri Millennial. Dari pengalaman, Angela Herliani Tanoesoedibjo memiliki pengalaman bisnis yang cukup mumpuni. Kini ia menjabat sebagai komisaris dan wakil direktur di RCTI dan GTV. Di kancah politik, Angela belum memiliki pengalaman sama sekali.

Kira-kira siapa saja ya yang benar-benar akan masuk ke dalam jajaran menteri Presiden Jokowi periode 2019-2024 ini?

Baca Juga: Kenalan Yuk Sama Tsamara Armany, Politisi Muda yang Ternyata Masih Kuliah