Film-film yang diproduksi oleh rumah produksi Walt Disney Studios memang selalu menjadi favorit banyak orang. Terutama film yang mengisahkan tentang para Princess. Pakaian yang cantik, visual penuh warna, hingga lagu-lagu nan indah membuat kita betah menontonnya. Karena alasan itu pula, tak heran jika film dan lagu pendukungnya kini memiliki banyak penggemar.

Setelah dibuat film versi live action-nya, deretan film Disney Princess ini berkolaborasi dengan musisi Indonesia untuk membawakan lagu versi Bahasa Indonesia. Lagu ini dibawakan oleh musisi Indonesia sebagai salah satu bentuk promosi dari film tersebut.

Berikut ada lima soundtrack film Disney yang pernah dibawakan secara resmi oleh musisi Indonesia. Lagu apa saja?

1. "Kita Bisa" - Via Vallen

8 Soundtrack Film Disney Ini Pernah Dibawakan oleh Musisi IndonesiaDok. Disney Indonesia

Film Disney Princess terbaru, yakni Raya and The Last Dragon yang akan tayang pada 3 Maret 2021 ini menggandeng tiga musisi Indonesia untuk membawakan original soundtrack-nya. Salah satunya, yakni Via Vallen. Via dipercaya membawakan soundtrack Raya and The Last Dragon yang berjudul "Kita Bisa".

Kalau biasanya kita mendengar Via membawakan lagu berirama dangdut, di lagu ini kita akan lupa bahwa Via besar dari genre musik khas Indonesia tersebut. Lagu "Kita Bisa" yang ber-genre R&B ternyata cocok dengan warna suara Via, lho.

"Seneng banget bisa jadi bagian dari film yang sangat spesial ini. Nggak hanya melodinya yang catchy dan penuh semangat, lagu ini juga memiliki makna yang dekat dengan masyarakat Indonesia, yaitu tentang rasa percaya dan persatuan. Aku berharap, lagu ini bisa membawa kisah Raya dan teman-temannya lebih dekat dan dapat dinikmati oleh seluruh penggemar di Indonesia," ungkap Via.

2. "Warpaint" - Niki Zefanya

Coba, deh, putar video di atas. Apakah kamu mendengar lagu yang dibawakan oleh suara perempuan? Dalam trailer tersebut Niki Zefanya mendapat kesempatan spesial dari Disney. Niki mendapat spot khusus dalam trailer yang memperdengarkan suaranya lewat lagu "Warpaint". Meskipun versi lengkapnya masih belum dirilis, namun mendengar cuplikannya saja sudah membuat kita penasaran, bukan?

"Siapapun yang mengenalku pasti tahu bahwa aku dibesarkan dengan pengaruh Disney yang kuat. Hal ini sangat memotivasiku dan membentuk tendensi musik dan kreativitas yang aku miliki. Untuk melihat sesosok pejuang perempuan dari Asia Tenggara yang kuat dan merepresentasikan duniaku dalam sebuah film karya Disney Animation sangatlah melampaui dari mimpi-mimpiku. Tidak ada yang mampu mengalahkan hal ini, selain keberadaan laguku di dalam trailer ini," ungkap Niki dalam caption Instagram-nya saat membagikan kabar bahagia itu.

3. "Trust Again" - Raisa

8 Soundtrack Film Disney Ini Pernah Dibawakan oleh Musisi IndonesiaDok. Disney Indonesia

Lima tahun berselang sejak kolaborasi pertamanya dengan Disney lewat soundtrack "A Dream is A Wish Your Heart Makes", Raisa kembali dipercaya untuk membawakan original soundtrack Raya and The Last Dragon yang berjudul "Trust Again". Tak sendirian, Raisa berkolaborasi dengan rapper asal Asia Tenggara lainnya yang membuat lagu ini menjadi kaya dan penuh warna.

Sebagai penyanyi dari Indonesia, Raisa akan menyumbangkan suaranya sebagai lead vocal dalam lagu ini, ditemani oleh para rapper diantaranya Yonnyboii dari Malaysia, Matthaios dari Filipina, serta Sprite dari Thailand.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagiku untuk menjadi bagian kolaborasi spesial dari Disney Southeast Asia. Lagu ini merupakan sebuah karya spesial yang memberikan pengalaman unik untukku karena dapat berkolaborasi dengan musisi dari beberapa negara dengan latar genre yang berbeda. Sama seperti nilai dalam film ini, lagu 'Trust Again' membuktikan bahwa persatuan dalam perbedaan mampu menciptakan keharmonisan,” ungkap Raisa.

Sampai saat artikel ini ditulis, "Trust Again" masih belum dirilis dan kabarnya akan menjadi kejutan spesial untuk para penggemar Disney di Asia Tenggara. Nggak sabar menunggu lagunya rilis, nih!

4. “Reflection” – Yura Yunita, Sivia Azizah, Agatha Pricilla, Nadin Amizah

https://www.youtube.com/embed/239cOqTfopg

Tayang pada bulan Desember 2020 di Disney+ Hotstar Indonesia, Mulan versi live action memberikan banyak kejutan untuk penonton di Indonesia. Selain dialih bahasakan ke Bahasa Indonesia, Disney menggandeng empat penyanyi perempuan Indonesia berbakat untuk membawakan kembali soundtrack “Reflection” yang ikonik.

Mengusung ciri khas vokal masing-masing, Yura Yunita, Sivia Azizah, Agatha Pricilla dan Nadin Amizah berhasil membawa lagu yang dipopulerkan oleh Christina Aguilera ini, menjadi lebih powerful. Sudah dengar “Reflection” versi mereka yang bikin merinding?

5. "A Whole New World" - Isyana Sarasvati, Gamaliel

https://www.youtube.com/embed/QXr-UMtYXTg

Bersamaan dengan rilisnya film Aladdin versi live action, Isyana Sarasvati dan Gamaliel dipercaya untuk membawakan kembali soundtrack ikoniknya, "A Whole New World". Kesempatan ini menjadi kesempatan langka dan sangat berharga bagi mereka berdua. Sebab, dalam proses rekamannya, mereka langsung bertemu dengan Alan Menken, sang pencipta lagu tersebut.

6. "Wind in My Hair" - Ghaitsa Kenang

https://www.youtube.com/embed/t56E8jjWbRc

Tangled pernah dibuat versi serial dan tayang di salah satu televisi swasta Indonesia. Karena tayang di stasiun televisi lokal, maka seluruh serial ini dialih bahasakan menjadi bahasa Indonesia. Penyanyi Ghaitsa Kenang dipercaya untuk mengisi suara Rapunzel versi bahasa Indonesia, sekaligus menyanyikan soundtrack serial tersebut yang berjudul "Wind in My Hair".

7. "How Far I'll Go" - Maudy Ayunda

https://www.youtube.com/embed/Y9Omp8xd3DE

Moana menjadi Princess Disney terakhir yang baru diperkenalkan oleh Disney pada tahun 2016. Agar dapat diterima dengan baik oleh seluruh penggemar Disney, pihak rumah produksi mengajak banyak penyanyi lokal untuk membawakan soundtrack "How Far I'll Go" yang sudah dialih bahasakan ke bahasa lokal masing-masing.

Indonesia diwakili oleh Maudy Ayunda. Ia dipercaya membawakan lagu "How Far I'll Go" yang diartikan dengan judul "Seberapa Jauh Ku Melangkah". Sudah pernah dengar?

8. "A Dream is A Wish Your Heart Makes" - Raisa

https://www.youtube.com/embed/Zubiz8K9_xE

Tahun 2015, Cinderella dibuat versi live action dengan Lily James sebagai pemeran utamanya. Sebagai film pertama yang dibuat versi live action, banyak hal dilakukan Disney sebagai bentuk promosi. Mulai dari membagikan bunga di tempat umum, hingga menggandeng Raisa untuk membawakan ulang lagu "A Dream is A Wish Your Heart Makes" versi bahasa Indonesia.

Itulah tadi lima lagu Disney yang dibawakan ulang secara resmi oleh musisi Indonesia. Lagu paling berkesan buat kamu, yang mana, nih?

Baca Juga: Rilis, Yuki Kato Jadi Pengisi Suara ‘Mulan’ Versi Bahasa Indonesia

Baca Juga: 4 Ilustrasi Ini Gambarkan Jika Princess Disney Pakai Online Dating

Baca Juga: 5 Fakta “Luca”, Film Animasi Terbaru dari Disney Pixar