Kemajuan teknologi memang bisa mempermudah hidup kita. Namun, bagaikan dua sisi mata uang, ada pula sisi negatif yang bisa merugikan dan bahkan bisa menimbulkan kericuhan. Salah satu produk digital yang kini tengah marak digunakan adalah aplikasi percakapan WhatsApp. Apapun bisa terjadi di aplikasi tersebut. Mulai dari obrolan ringan di dalam keluarga, hingga disalahgunakan untuk penyebaran hoaks untuk menjatuhkan kelompok lain.

Menanggapi fenomena tersebut, WhatsApp memberikan tips yang bisa dilakukan penggunanya supaya tidak menyalahgunakan aplikasi percakapan tersebut. Apa saja?

3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyebaran Hoax di WhatsApp

Aplikasi percakapan WhatsApp menetapkan batasan untuk meneruskan pesan, hal ini menjadikan WhatsApp sebagai salah satu dari beberapa perusahaan teknologi yang membatasi kemampuan untuk berbagi. Batasan secara global adalah lima obrolan dalam satu waktu. Ke depannya WhatsApp berjanji akan terus mencari solusi baru untuk mengatasi peredaran informasi yang viral. Terutama informasi yang masih diragukan kebenarannya.

3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyebaran Hoax di WhatsApp

WhatsApp memiliki teknologi deteksi terbaik yang bekerja sepanjang waktu untuk menemukan akun yang menunjukkan aktivitas abnormal, sehingga mereka tidak bisa lagi digunakan untuk menyebarkan spam atau misinformasi. Aplikasi percakapan ini juga mengandalkan laporan dari pengguna untuk mengambil tindakan terhadap akun yang mengirimkan pesan-pesan yang tidak diinginkan.

3 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penyebaran Hoax di WhatsApp

WhatsApp melakukan beberapa perubahan terhadap fungsi pelaporan di dalam aplikasinya. WhatsApp menyediakan fungsi “Report Spam” dan kini fungsi itu disebut “Report” yang mengajak pengguna untuk memberitahukan kepada pihak aplikasi mengenai isu-isu potensial yang mereka temukan di WhatsApp. Tim WhatsApp terdiri dari para ahli Bahasa Indonesia. Selain itu, WhatsApp juga menyediakan opsi bagi pengguna untuk menyimpan pesan yang dilaporkan di ponsel mereka, jika mereka ingin membagikannya dengan tim pemeriksa fakta atau petugas penegakkan hukum.

Semoga dengan adanya cara yang diberikan oleh WhatsApp ini kita sebagai pengguna juga bisa berkontribusi untuk mengurangi penyebaran berita hoaks atau misinformasi. Yuk cegah hoaks dengan bijak membagikan pesan!

Baca Juga: Lawan Hoaks, Ini 4 Cara Whatsapp Mengedukasi Para Penggunanya