Siapa yang tak kenal Raisa. Perempuan kelahiran 6 Juni 1990 ini langsung melejit saat single-nya, Could It Be Love, rilis. Bisa dibilang Raisa hadir di saat yang tepat. Sebab, di tahun debutnya sangat sedikit penyanyi perempuan yang sedang tenar saat itu. Maka, kehadiran Raisa kala itu seolah menjadi angin segar bagi penikmat musik Indonesia.

Kini, tak terasa sudah sepuluh tahun Raisa berkarya. Kehadirannya mewarnai industri musik Indonesia. Dengan ciri khasnya, yakni lagu-lagu ballad dan penampilan yang super girly, membuat siapa saja tak akan mudah lupa dengan sosoknya.

Ingin memanjakan sekaligus memberikan sesuatu yang baru bagi penggemarnya, Raisa sudah menyiapkan beragam kejutan. Pasca hiatus karena melahirkan beberapa bulan lalu, Raisa siap menyelenggarakan konser dan merilis lagu baru yang berbeda dari biasanya.

Ditemui secara eksklusif oleh Popbela.com saat melakukan pemotretan di kantor IDN Media HQ belum lama ini, Raisa membagi kisahnya tentang hiatus, persiapan konser, dan konsep lagu barunya. Simak yuk!

Konser Terakhir yang Sangat Emosional

10 Tahun Berkarya, Ini Cerita Raisa Tentang Hiatus, Konser & Lagu BaruPopbela.com/Sweet Escape

Masih jelas di ingatan betapa emosionalnya Raisa di konser terakhir sebelum ia memutuskan untuk hiatus dan cuti melahirkan selama beberapa bulan. Di konser itu, Raisa tiba-tiba saja merasa nostalgia dan memori perjalanan kariernya terputar begitu saja di otaknya yang membuat istri dari Hamish Daud ini menangis terharu.

“Sebenarnya nangis bukan karena harus cuti. Nangisnya lebih ke aku nostalgia melihat chapter demi chapter yang pernah aku lalui sampai akhirnya aku ada di detik ini. Aku juga menangis karena saat itu aku ada di masa transisi dari seorang remaja menjadi seorang ibu. Ibaratnya konser kemarin itu aku menutup satu chapter dan memulai bab baru. Aku merasa nostalgia aja sekaligus sangat bersyukur dengan apa yang aku dapatkan saat itu,” jelas Raisa.

Cuti Membuatnya Rindu Menyanyi

10 Tahun Berkarya, Ini Cerita Raisa Tentang Hiatus, Konser & Lagu BaruPopbela.com/Sweet Escape

Setelah konser, Raisa benar-benar berhenti sejenak untuk mempersiapkan kelahirannya. Meski cuti hanya beberapa bulan, tetap saja hal ini membuatnya rindu untuk menyanyi kembali. Biasanya jika rindu ini sudah melanda, Raisa akan mulai menyanyi atau bahkan mencoba membuat lagu di rumah.

“Ketika lagi kangen manggung yang aku lakukan adalah ya nyanyi aja di rumah. Berusaha bikin lagu. Paling itu sih. Karena belum sempat kangen manggung, eh sudah harus manggung lagi. Setelah melahirkan sibuk mengurus bayi dan nggak lama aku kerja lagi. Jadi jujur aja nggak terlalu kangen karena masa cutinya juga kan nggak lama,” ungkapnya.

Kembali ke Dunia Musik dengan Raisa yang Baru

10 Tahun Berkarya, Ini Cerita Raisa Tentang Hiatus, Konser & Lagu BaruPopbela.com/Sweet Escape

Masa cuti melahirkan yang dirasa cukup membuat Raisa siap kembali ke dunia musik. Tak ingin kembali dengan biasa saja, Raisa mengeluarkan sesuatu yang baru dan berbeda. Di single terbarunya yang berjudul You, banyak yang mengatakan kalau Raisa ingin mengubah citranya. Citra baru seperti apa yang ingin ditampilkannya?

“Sebenarnya aku nggak mengubah citra. Aku lebih ke pengin melebarkan range musik aku saja. Karena pertama di atas panggung aku sangat butuh lagu yang medium up tempo. Semua single aku kan ballad, dan ini membuatku mulai kesulitan mengatur dinamika di panggung. Jadi aku sangat butuh lagu yang up tempo.

Kebetulan lagu baru aku ini tuh cukup gaul dan fun. Berbeda dengan lagu up tempo aku sebelumnya. Beda banget sih. Mulai dari lagunya, style nyanyinya, video klipnya, aransemen dan semuanya. Karena aku nggak pernah membawakan lagu yang seperti ini jadi banyak yang bilang aku berbeda,” kata Raisa.

Kolaborasi dengan Gamaliel dan Mencoba Dancing

10 Tahun Berkarya, Ini Cerita Raisa Tentang Hiatus, Konser & Lagu BaruPopbela.com/Sweet Escape

Banyak hal baru yang memang Raisa tawarkan di lagu baru ini. Ia berkolaborasi dengan Gamaliel serta mencoba dancing. Dancing adalah satu hal yang sama sekali nggak pernah dicoba olehnya. Di single baru ini, dancing menjadi hal baru yang ia lakukan demi para penggemarnya.

“Aku merasa cocok aja dengan lagunya. Dance-nya juga lebih ke arah lucu-lucuan. Bukan yang serius banget kayak harus belajar koreografi segini minggu gitu nggak. Udah kepikiran sih memang. Soalnya kalo aku ngedance banget, pasti banyak orang yang akan bilang ini nggak Raisa banget. Karena itu cuma lucu-lucuan aja jadi aku nggak berusaha mengubah citra aku. Jadi dance-nya yang biasa aja, kalau aku bisa pasti orang lain juga bisa. Terasa cocok dengan lagunya.”

Soal kolaborasinya dengan Gamaliel, Raisa merasa lagu ini merupakan produksi favoritnya. Karena di lagu ini, ia bisa mengeksplorasi sisi dari dirinya yang belum pernah terkulik.

“Sebenarnya aku mencari partner lagu yang bisa mengeluarkan sisi lain aku yang selama ini belum terkulik. Karena kalau misalnya aku nggak mencari yang seperti itu, karyanya bisa jadi sama aja kayak yang pernah aku keluarkan sebelumnya. Makanya aku cari partner yang punya genre musik yang beda supaya bisa mengeluarkan sisi aku yang selama ini belum dikulik.

Sama Gamal ini awalnya mau nulis bareng, tapi pas di studio, ide Gamal semua lebih bagus dari ide aku. Jadilah dia yang lebih banyak andil di lagu ini. Akhirnya ya sudah jadilah lagu ini yang begitu indah dan fun,” kata Raisa.

Persiapan Konser Besar di Tahun Depan

10 Tahun Berkarya, Ini Cerita Raisa Tentang Hiatus, Konser & Lagu BaruPopbela.com/Sweet Escape

Tak cuma lagu baru yang menjadi kejutan dari Raisa untuk para penggemarnya. Di tahun depan, Raisa sudah mempersiapkan konser besar yang siap ditunggu. Konser ini akan menjadi sangat berbeda karena Raisa sendiri yang turun tangan untuk mempersiapkan semua detail konser tersebut.

“Konser ini akan menjadi konser aku dengan skala yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Konser ini akan menjadi suatu kolaborasi yang besar juga. Disebut kolaborasi karena akan penuh dengan kolaborasi. Kolaborasi di segala hal, mulai dari poster image-nya, event-nya, terus kolaborasi dengan penata panggungnya, yang membuat visualnya, musiknya, dan semuanya. Pokoknya semua berkolaborasi. Aku menyebutnya lebih ke arah movement dari generasi kita. Jadi aku ingin mengajak semua orang dari semua umur dan genre di generasi kita untuk berkolaborasi. Ini jadi project aku yang terbesar,” kata Raisa.

Wah kira-kira akan seperti apa ya konser Raisa nanti? Kita tunggu saja kejutan dan konser Raisa selanjutnya hanya di Popbela.com ya!

Photo Credit:

Photographer: Sweet Escape, Reza Adigraha  
Stylist: Eksy Dharmawan  
MUA: Bubah Alfian  
Hair Stylist: Maulana  
Outfits: Embellished gown Sapto Djojokartiko, Pleated dress Tory Burch

https://www.youtube.com/embed/hTN3MzZGWUA

Baca Juga: Kembali Bermusik, Raisa Bocorkan Caranya Bagi Waktu dengan Keluarga