Selama masih hidup di dunia pencobaan pasti selalu menghampiri. Baik itu dari diri sendiri, orang lain, bahkan atas seizin Tuhan. Terkadang pencobaan-pencobaan itu membuat iman kita goyah dan terpuruk.

Namun, dalam Firman-Nya, Ia berkata bahwa tak akan memberikan pencobaan dibatas kemampuan kita. Ia pun berjanji tak kan meninggalkan umatnya dan senantiasa memberi kelegaan serta kekuatan.

Agar lebih sabar dan tenang dalam menghadapi badai dan kondisi kehidupan yang tak menentu ini, kamu bisa membaca ayat-ayat Alkitab berikut sehingga senantiasa bersabar, tenang, dan penuh dengan harapan.

Ayat Alkitab tentang kesabaran

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com/Fotorech

Kolose 3 : 13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Pengkhobah 7:8

“Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati.”

Yakobus 5: 7-8

“Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!”

Yakobus 1: 19-20

“Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.”

Yakobus 1: 12                                  

“Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.”

Roma 12: 12

“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!”

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com/Republica

Amsal 14: 17

“Siapa lekas naik darah, berlaku bodoh, tetapi orang yang bijaksana, besabar.”

Amsal 15:18

“Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan.”

Amsal 16:32

“Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.”

Amsal 25:15

“Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.”

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com/leninscape

Efesus 4:2

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.”

Kolose 3:13

“Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.”

Ibrani 6:12

"Agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah."

1 Timotius 6:10-11

"Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan."

Ayat Alkitab tentang ketenangan hati

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com/StockSnap

Ulangan 31:8

“Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Mazmur 62:1-2

“Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.”

Mazmur 116:7

“Kembalilah tenang, hai jiwaku, sebab Tuhan telah berbuat baik kepadamu.”

Mazmur 55:23

“Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.”

Amsal 14:30

“Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.”

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com/Myriams-Fotos

Pengkhotbah 4:6

“Segenggam ketenangan lebih baik dari pada dua genggam jerih payah dan usaha menjaring angin.”

Yesaya 7:4a

“Dan katakanlah kepadanya: teguhkanlah hatimu dan tinggallah tenang, janganlah taku dan janganlah hatimu kecut karena kedua puntung kayu api yanng berasap ini..”

Yesaya 38:16

“Ya Tuhan, karena inilah hatiku mengharapkan Engkau; tenangkanlah rohku, buatlah aku sehat, buatlah aku sembuh!”

Yesaya 40:29-31

“Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”

Yeremia 29:11

“Sebab Aku ini mengethaui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hatipixabay.com

Matius 6:26

“Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”

Matius 6:34

“Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.”

Matius 11:28-29

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”

Matius 14:27

“Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: 'Tenanglah! Aku ini, jangan takut!'"

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan HatiPexels.com/Dominika-Gregusova

1 Petrus 4:7

“Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.”

Filipi 4:6-7

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.”

Yohanes 14:27

“Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

itulah kumpulan ayat Alkitab tentang kesabaran dan ketenangan hati

Baca Juga: Ayat Alkitab Tentang Kematian & Penghiburan Bagi yang Ditinggalkan

Baca Juga: 25 Ayat Alkitab tentang Cinta Kasih Sejati

Baca Juga: Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolik