Berkat yang diberikan Tuhan kepada setiap umatnya pasti sesuai dengan porsinya dan adil. Tak berkekurangan dan tak berlebih tapi cukup. Tak dipungkiri malah terkadang Dia memberikan lebih dari yang kita minta. Semua berkat baik jasmani dan rohani sudah Tuhan sediakan, oleh karena itu kita harus tetap bersyukur.

Meski demikian, kehidupan ini terkadang hidup tak sesuai ekspetasi. Ada orang yang dengan mudah mendapatkan semua yang diingini atau apa yang dikerjakannya berhasil. Namun, ada pula yang harus menunggu lama. Itu semua sudah dalam rancangan Tuhan. Apa yang dapat kita lakukan adalah bekerja sebaiknya dan berdoa pada-Nya menyerahkan seluruh usaha dan kehidupan kita.

Berikut ini ada doa katolik yang bisa kamu ucapkan untuk meminta kelancaran rezeki dan usaha kepada Sang Khalik.

1. Doa untuk kelancaran rezeki dalam usaha atau bisnis

Doa Kelancaran Rezeki dan Usaha untuk Umat Katolikpexels.com

Saat hendak melakukan sesuatu, mengawalinya dengan doa adalah hal yang bagus. Hal demikian juga berlaku saat kamu memulai usaha atau bisnis, kamu tentu berdoa untuk kelangsungan bisnis tersebut. Nah, Kamu bisa mendoakan doa berikut ini:

"Ya Tuhan, aku sadar bahwa Engkau lebih tahu apa yang akan kami pergumulkan dan kami harapkan. Namun, dengan segala kerendahan hati, aku mohon kepadaMu agar bisnis ini semakin lancar, tidak ada halangan, dan terus dapat berkembang pesat.

Ya Bapa, berkembangnya bisnis ini, usaha ini, biarlah tidak hanya melancarkan ekonomi kami, melainkan juga banyak orang yang kami pekerjakan. Khususnya anak-anak yang selalu percaya akan berkat dan penyertaanMu.

Bimbinglah mereka agar selalu bisa berkembang di tempat usaha ini. Dan hanya kepadaMu kami memohon. Hanya kepada Engkaulah, Kristus, juru selamat yang agung, jadilah kehendak-Mu, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin."

2. Doa kelancaran rezeki untuk hari ini

Doa Kelancaran Rezeki dan Usaha untuk Umat Katolikpexels.com/vanderlei-longo

Selain memohon kelancaran rezeki untuk bisnis atau usahamu, kamu juga bisa memanjatkan doa memohon kelancaran rezeki untuk hari ini. Agar kiranya hari-harimu selalu dalam lindungan penyertaan-Nya dan selalu dilimpahi berkat. Ucapkan doa berikut, ya:

"Ya Bapa, Tuhan yang maha kasih, terima kasih atas berkat dan rezeki yang Engkau limpahkan kepada kami. Betapa besar rasa bahagia dan sukacita yang kami peroleh darinya.

Bapa, pada kesempatan ini, kami memohon kepadaMu, selalu limpahkanlah hari kami dengan rezeki yang lancar. Selalu penuhilah hari kami dengan rezeki yang kami peroleh dari pekerjaan yang baik. Kiranya apa yang kami lakukan boleh berhasil dan beruntung. Biarlah Engkau selalu berjalan bersama kami dan kami dilingkupi oleh kasih-Mu.

Limpahkanlah pula, rezeki kepada orang-orang yang belum menerimanya. Biarlah mereka ikut merasakan apa yang orang lain nikmati. Serta tolonglah mereka, bebaskan dari kesengsaraan dan rasa lapar. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa dan mengucap syukur. Amin."

3. Doa untuk pemulihan keuangan

Doa Kelancaran Rezeki dan Usaha untuk Umat Katolikpexels.com/cottonbro

Jika kamu saat ini sedang dalam masa sulit ekonomi atau keuangan, kamu bisa melantunkan doa kepada Bapa di Sorga untuk memohon belas kasihannya memulihkan keadaanmu. Berikut doa yang bisa kamu panjatkan.

"Tuhan, Engkau tahu setiap persoalan hidup kami. Tuhan, lihatlah kondisi keuanganku. Persoalan keuanganku membuat diriku gelisah bagaimana menopang hidup keluargaku. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, tetapi keuangan tidak berjalan lancar. Apalagi, hutangku semakin hari semakin menumpuk karena tak terbayarkan. Semuanya itu menambah beban jiwaku. Tuhan, pulihkanlah keuangan dan kehidupanku. Berkati pekerjaan dan rencana usaha yang aku akan lakukan, yaitu...(sebutkan yang kamu lakukan).

Aku mengandalkan kekuatan dariMu, pasti tidak akan kekurangan apapun sebab Engkau adalah Tuhan yang penuh belas kasihan dan dekat dengan orang yang patah hati. Berikanlah aku hati yang sabar menantikan datangnya kebaikan-Mu karena aku yakin Engkau akan melepaskan aku dari kesesakan ini tepat pada waktunya. Terimakasih Tuhan atas kasih-Mu dan semoga damai sejahtera Allah melimpah dalam keluargaku saat ini. Amin."

4. Tuhan berjanji bahwa setiap orang yang takut akan Dia dan mencari-Nya tak akan kekurangan

Doa Kelancaran Rezeki dan Usaha untuk Umat Katolikpixabay.com

Janji Tuhan selalu ya dan amin bagi umat-Nya. Ia tak akan membiarkan dan meninggalkan kita. Kita pun harus takut akan Dia dan mencari-Nya maka kita tak akan kekurangan suatu apapun. Dalam kitab Mazmur 34:9-11, Tuhan mengajarkan:

"Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya! Takutlah akan Tuhan, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia! Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari Tuhan, tidak kekurangan sesuatu pun yang baik."

5. Doa sebagai komunikasi dengan Tuhan untuk bersyukur bahkan meminta sesuatu

Doa Kelancaran Rezeki dan Usaha untuk Umat Katolikpixabay.com/reenablack

Untuk setiap keinginan hati kita, ucapan syukur kita kepada Tuhan, dapat kita lakukan melalui doa. Doa sebagai komunikasi kita dengan Tuhan. Karena setiap orang yang datang dan meminta kepada-Nya,  Ia akan memberikannya. Ini tertuang dalam ajaran tentang pengabulan doa pada Matius 7:7-8,

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan."

Itulah doa meminta kelancaran rezeki dan usaha bagi umat Katolik. Panjatkan dengan iman yang sungguh dan penuh kerendahan hati, ya!

Baca Juga: Sebelum Beraktivitas, Inilah Rangkaian Doa untuk Umat Katolik

Baca Juga: 25 Ucapan Belasungkawa Turut Berduka Cita dalam Agama Kristen

Baca Juga: Sebelum Kristen dan Islam, Ini 8 Agama Tertua di Dunia