Gempa bumi kembali melanda berbagai daerah di Indonesia. Di Malang, gempa berkekuatan magnitudo 6,1 itu mengguncang 16 kabupaten dan kota di Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) lalu. Hingga Selasa (13/4/2021) kemarin tercatat ada 11 kali gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil.

Tak hanya Malang, Kabupaten Tanggamus, di Lampung juga turut diguncang gempa berkekuatan 5,2 dengan kedalaman 95 km di bawah laut pada Senin (12/4/2021). Namun, yang terbaru adalah gempa bumi di Bayah, Banten berkekuatan magnitudo 5,1. Gempa tersebut terjadi kemarin, Rabu (14/4/2021) di siang hari pukul 13.28 WIB. Getaran terasa hingga beberapa wilayah di Jakarta dan Sukabumi.

Gempa bumi bisa datang kapan saja terlebih dengan posisi geografis Indonesia. Oleh karena itu, kita harus siap tak kala gempa datang. Masih ingat video TikTok yan sempat viral, ketika orang yang memvideokan situasi gempa di dalam mal, malah menertawakan temannya yang sebenarnya melakukan prosedur tepat dengan bersembunyi di bawah meja? 

Melansir dari madisonmutual.com  simak langkah-langkah dan panduan untuk mengantisipasi terjadinya gempa bumi di bawah ini!

Sebelum gempa

Jangan Panik! Ini Cara Melindungi Diri Sebelum, Saat dan Setelah Gempapexels.com/rfstudio

1. Berlatih tindakan dan siapkan rute

Saat gempa terjadi, biasanya kita secara spontan akan panik, itu memang hal yang manusiawi. Namun cobalah untuk tenang, kamu bisa mencoba berlatih dan menaruh perhatian untuk selalu tenang dalam kondisi yang kurang memungkinkan. Kontrol pikiranmu untuk tetap berpikir positif.

Hal lain yang perlu kamu lakukan adalah identifikasi tempat-tempat yang aman di rumah dan di area kerja. Tentukan barang atau sisi mana yang bisa menjadi tempat berlindung saat gempa terjadi. Juga, ketahuilah setidaknya dua cara agar kamu dapat keluar dari gedung dengan aman setelah kejadian itu.

2. Sediakan perlengkapan darurat

Sediakan perlengkapan darurat untuk setiap situasi, yaitu alat pemadam kebakaran, kotak P3K, radio bertenaga baterai, senter, dan baterai ekstra di rumah. Kamu juga perlu mempertimbangkan untuk menyatukan peluit, sepatu kokoh, dan selimut. Rencanakan seolah-olah sumber daya tidak akan tersedia untuk Kamu selama sekitar 24 jam. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor-nomor penting.

3. Jadilah cerdas dalam penempatan barang

Pastikan rak buku, lemari arsip besar, dan karya seni di rumah Kamu semuanya tertambat ke dinding. Kamu juga sebaiknya menyimpan benda berat di rak rendah karena dapat jatuh dan menyebabkan kerusakan saat gempa melanda.

4. Buat rencana dengan keluargamu

Buatlah rencana bersama dengan keluarga atau orang-orang terdekat di sekitarmu untuk menentukan di mana kalian akan bertemu setelah gempa bumi melanda. Disarankan untuk memilih tempat yang dikenal semua orang jika kamu terpisah dalam keadaan darurat.

Jangan Panik! Ini Cara Melindungi Diri Sebelum, Saat dan Setelah Gempaohlade.com

Saat Gempa

Jangan Panik! Ini Cara Melindungi Diri Sebelum, Saat dan Setelah Gempamadisonmutual.com

1. Tetap tenang

Hal terpenting yang dapat kamu lakukan saat gempa melanda adalah tetap setenang mungkin. Kamu akan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan rasional saat kamu tenang, serta orang lain akan memerhatikan tindakan kamu dan mengikutinya.

2. Tetap aman di dalam ruangan

Jika kamu berada di dalam ruangan saat gempa terjadi, tetaplah di sana. Pastikan untuk menjauh dari jendela dan furnitur tinggi yang berbahaya. Berlindunglah di bawah meja atau di sepanjang dinding interior, tutupi kepala, leher dan wajahmu. Tetap seperti itu sampai gempa mereda.

3. Tetap aman di luar ruangan

Jika kamu berada di luar ruangan saat merasakan bumi bergetar, tetaplah di luar. Pindahlah ke area terbuka yang jauh dari bahaya, termasuk pepohonan, kabel listrik dan bangunan. Sekali lagi, jatuhkan diri ke tanah dan tutupi kepala serta leher hingga gempa selesai.

Setelah Gempa

Jangan Panik! Ini Cara Melindungi Diri Sebelum, Saat dan Setelah Gempapixabay.com/sangelo_giordano

1. Periksa cedera

Periksa dirimu dan orang lain apakah ada cedera yang dialami. Jika kamu bisa, berikan pertolongan pertama kepada siapa saja yang mungkin membutuhkannya sampai pihak berwenang tiba. Selain itu, jangan pindahkan orang yang terluka kecuali mereka dalam bahaya.

2. Periksa saluran air, gas, dan listrik untuk kerusakan

Jika ada kerusakan yang kamu dapati pada saluran air, gas, atau listrik, matikan katupnya. Jika kamu mencium bau gas, buka semua jendela dan pintu, lalu keluar. Laporkan kerusakan tersebut pada pihak yang berwenang.

3. Gunakan perhatian ekstrim

Jika kamu harus meninggalkan gedung, berhati-hatilah. Evaluasi lingkungan sekitarmu secara terus-menerus dan perhatikan puing-puing yang jatuh serta pecahan kaca. Jika Kamu pergi, pastikan untuk membawa kunci, barang pribadi penting, dan persediaan darurat, tetapi lakukanlah jika kondisi aman. Juga, jangan pernah masuk kembali ke gedung yang rusak sampai semua izin telah diberikan.

4. Gunakan ponsel secara cerdas

Setelah gempa bumi, ponselmu mungkin akan mengalami gangguan karena sistemnya macet atau terganggu. Jika ada keadaan darurat yang mengancam jiwa, pastikan untuk menggunakannya untuk hal yang mendesak dan penting serta gunakan telepon yang sebenarnya. Ikutilah terus pembaruan beritanya, kamu bisa melakukannya dengan menyalakan radio.

5. Antisipasi gempa susulan

Tidak jarang gempa susulan terjadi setelah gempa bumi melanda. Getaran dan gempa susulan dapat terjadi selama berhari-hari atau beberapa hari setelah gempa utama, jadi jangan kaget jika kamu merasakan getaran-getaran kecil di sekitarmu.

Jangan Panik! Ini Cara Melindungi Diri Sebelum, Saat dan Setelah Gempatoucaned.com

Itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungimu sebelum, saat, dan sesudah gempa bumi melanda. Bagikan ke keluarga dan kerabatmu juga, ya.

Baca Juga: Super Kokoh dan Tahan Gempa, Ini 6 Keunikan Rumah Adat Sumatra Barat

Baca Juga: Ring of Fire: 8 Fakta Rentetan Gunung Berapi Penyebab Gempa di ASEAN

Baca Juga: Mengapa Gempa Sering Terjadi di Indonesia? Ini 7 Penjelasan Ilmiahnya