Arsenal kembali trending setelah berhasil mengalahkan AFC Wimbledon, Kamis (23/09/2021) dini hari tadi, Waktu Indonesia Barat. Pasuka Mikel Arteta itu berhasil memenangkan pertandingan putaran ketiga Piala Liga Inggris 2021-2022.

The Gunners, sebutan untuk para pemain Arsenal, tampil meyakinkan di hadapan pendukung di Emirates Stadium dan menang dengan skor telak 3-0. Arsenal memang menjadi salah satu klub sepak bola Inggris yang termasuk salah satu klub tersukses di sepak bola Inggris. Dengan 13 gelar kasta utama Liga Inggris, Arsenal menjadi klub pemenang liga Tingkat 1 Inggris terbanyak ketiga.

Meski alami pasang surut dan masih banyak kekurangan sebagai sebuah institusi, Arsenal masih mampu untuk menarik banyak perhatian dan tentunya memiliki pendukung yang lebih bersemangat di seluruh Inggris.

Kamu yang baru masuk menjadi penggemar Arsenal, ada 10 hal yang harus kamu pahami untuk benar-benar melabeli diri sebagai penggemar sejati Arsenal. Apa sajakah itu? Berikut selengkapnya.

1. Pastikan kamu bisa mengucapkan nama pemain dengan benar

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Banyak pemain Arsenal berasal dari negeri asing yang mendevaluasi vokal dan membuang apostrof dan tanda aksen yang tampaknya acak ke nama yang sudah rumit. Jadi, ketahuilah nama mereka dan coba untuk mempelajari cara mengejanya dengan memperhatikan video-video wawancara atau lainnya.

Kamu juga bisa mempelajarinya dengan mengetiknya seolah-olah itu adalah namamu sendiri. Atau coba tanyakan pada penggemar lain bagaiman mengucapkannya.

2. Tentu kamu harus tahu anthem atau chants Arsenal

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Setiap tim atau pendukung klub sepak bola pasti memiliki anthem atau jargonnya tersendiri, begitu juga dengan Arsenal. Jika kamu mengatakan dirimu adalah Gooner kamu tentu harus tau apa saja chants dan anthem mereka.

Untuk itu, kamu bisa mempelajarinya dari para anggota lain di klub penggemar atau mencari di mesin pencari tentang anthem mereka, serta "One-nil to the Arsenal," "Who's that team they call the Arsenal" atau "Boring, boring Arsenal". Pastikan juga untuk mengetahui asal-usul yang pertama dan yang terakhir.

3. Tahu sejarah klub Arsenalmu

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamiwikipedia.com

Dalam menjadi seorang penggemar klub sepak bola, dalam hal ini Arsenal, setidaknya kamu tahu secara dasar sejarah dari klub tersebut. Terutama pada era Arsene Wenger yang mencatat sejarah kesuksesan Arsenal.

Kamu juga bisa mengetahui bahwa The Gunners dipromosikan ke papan atas pada tahun 1919 dalam keadaan yang sangat teduh , dan berada di sana lebih lama dari siapapun dalam sejarah.

Ketahui juga bagaimana Arsenal menang ganda pertamanya pada tahun 1971, di bawah kapten legendaris Frank McLintock, 10 tahun setelah Tottenham memenangkan mereka. Ketahui pula semua pemain legenda klub, dari Cliff Bastin hingga Thierry Henry.

4. Ada kalanya kamu harus menerima dengan apa yang disebut ‘sepak bola yang indah’

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Apa itu ‘sepak bola yang indah’? Ini berlaku jika kamu penggemar Arsenal, pasalnya beberapa pelatih memiliki berbagai aturannya sendiri untuk membuat sebuah sepak bola menjadi permainan yang estetis.

Seperti pada hal Arsenal yang harus mengorbankan trofi di musim-musim terakhir untuk mewujudkan impian Arsene Wenger memainkan sepakbola paling estetis di Inggris. Lalu, hilangnya pemain dengan fisik besar di era Patrick Vieira.

Para pemain itu digantikan dengan datangnya pemain yang lebih kecil, lebih ringan tetapi lebih mahir secara teknis seperti Cesc Fabregas, Theo Walcott, Samir Nasri dan Tomas Rosicky. Bukan kebetulan bahwa, sejak kepergian Vieira pada tahun 2005, The Gunners belum memenangkan satu trofi pun untuk dibicarakan.

5. Kamu akan mencintai Arsene Wenger seperti ayahmu sendiri

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamiwikipedia.com

Saat membahas Arsene Wenger, ketahuilah bahwa kamu harus mencintai orang Prancis  yang luar biasa satu ini, seolah-olah dia adalah anggota keluargamu sendiri.

Terlepas dari beragam kritik yang dilayangkan untuk Wenger, tapi tidak ada yang mampu membalikkan tim dan mengangkatnya ke tempat ketiga seperti yang dilakukan Wenger, membawa Arsenal ke Liga Champions untuk musim ke-15 berturut-turut.

Ketika ia datang ke klub pada tahun 1996, Wenger membawa sepak bola revolusioner dan filosofi pelatihan ke klub yang telah putus asa terjebak di jalan itu. Memiliki mata yang tak tertandingi untuk permata tersembunyi dan keahalian tawar-menawarnya, membawa klub mencapai periode kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya sambil menjaga kesehatan keuangan klub.

6. Menganggap Tottenham seperti musuh terburuk dan rival sejati

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamiskysports.com

Dalam pertandingan tentu ada rival, begitu juga dengan klub sepak bola satu ini dengan rival sejatinya, Tottenham. Sudah seperti aturan baku yang harus dipatuhi, para penggemar Arsenal akan membenci atau tidak menyukai Tottenham. Ini harus dijalankan dengan setia dan penuh pengabdian yang teguh.

Rivalitas mereka sendiri telah terjadi bahkan sebelum abad 20, di mana bersaing menjadi menjadi yang terbaik mewakili London Utara. Permasalahan kedua tak hanya soal geografis, tetapi juga struktural dalam liga.

7. Mengetahui dan merayakan Hari St. Totteringham

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Hari St. Totteringham adalah perayaan tahunan yang menandai hari ketika The Gunners secara matematis dipastikan finis di atas Tottenham. Ini berbicara tentang supremasi Arsenal atas Spurs, dan setiap Gooner harus merayakan hari perayaan tersebut.

8. Rela bangun pagi dan begadang untuk mendukung dan melihat pertandingan sang idola

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Ya, aturan satu ini sudah pasti dilakukan. Menjadi seorang penggemar sepak bola apalagi kita yang berada di Asia atau Australia pasti harus rela meluangkan waktu di pagi hari dan bergadang untuk melihat pertandingan sang idola secara langsung.

Kantung mata dan mata pandamu menjadi tanda seberapa cinta dan setianya kamu pada klub sepak bola favoritmu satu ini.

9. Harus terbiasa dengan kekecewaan

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamipexels.com/tony-wu-photography

Menjadi penggemar Arsenal tentu bukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk hatimu. Pasalnya, di setiap musim, kamu pasti dituntun pada ‘rollercoaster emosi’ yang naik, turun, berputar, dan berbelok saat The Gunners membangun ekspetasi yang tinggi saat mereka menunjukkan potensi mereka di lapangan, dan berakhir ‘plot twist’ hanya untuk mengecewakan secara spektakuler nantinya.

Selama tujuh tahun terakhir tanpa trofi, penggemar Arsenal sudah mulai terbiasa dengan gelar mereka yang baru dan menyedihkan yang bisa membuat orang bersimpati. Tapi tentu, penggemar adalah hal terkuat bagi klub satu ini.

10. Kamu bisa mengganti semua yang ada padamu, tapi tidak dengan tim sepak bolamu

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitheguardian.com

Banyak hal dalam hidup yang bisa berubah, entah itu karena bosan dan rusak. Tapi satu hal yang pasti adalah kamu benar-benar, secara positif tidak dapat mengubah tim sepak bola mana yang kamu dukung.

Jika kamu pergi meninggalkan Arsenal dan beralih pada tim lain yang kinerjanya sedang naik akhir-akhir ini, kamu kehilangan gelarmu sebagai Gooner sejati.

Fakta dan track record Arsenal

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

Selain hal di atas, beberapa hal berikut ini juga perlu kamu ketahui, di antaranya:

1. Arsenal adalah satu-satunya tim yang masih ada yang belum pernah terdegradasi dan telah berada di papan atas sepakbola Inggris sejak kampanye 1919/20.

2. Arsenal dianugerahi trofi Liga Premier versi emas untuk memperingati pencapaian tak terkalahkan dalam perjalanan mereka untuk memenangkan gelar selama musim 2003/04.

3. Pertandingan Arsenal melawan Sheffield United pada 22 Januari 1927 di Highbury adalah pertandingan liga Inggris pertama yang disiarkan di radio.

4. Sepuluh tahun kemudian, pertandingan antara tim utama Arsenal dan cadangan mereka adalah pertandingan sepak bola pertama yang disiarkan langsung di televisi, pada 16 September 1937.

5. Pada tahun 1993, Arsenal menjadi klub pertama yang memenangkan Piala Liga dan Piala FA di tahun yang sama.

Baru Jadi Penggemar Arsenal? 10 Hal yang Perlu Kamu Pahamitwitter.com/Arsenal

6. Arsene Wenger adalah manajer asing pertama yang mengangkat gelar Liga Inggris, ketika The Gunners memenangkannya pada tahun 1997/98.

7. Pada tanggal 31 Januari 2010, pertandingan Arsenal melawan Manchester United adalah pertandingan pertama yang disiarkan di televisi dalam 3D.

8. Mereka diberi nama Arsenal, dan julukan 'The Gunners', karena mereka dibentuk oleh sekelompok pembuat meriam di Woolwich Arsenal pada tahun 1886.

9. Arsenal memegang rekor clean sheet berturut-turut di Liga Champions. Pada tahun 2006, ketika mereka mencapai final, mereka berhasil mengonntrol sepuluh pertandingan, dan 995 menit, tanpa kebobolan satu gol pun.

10. Arsenal memegang rekor pemain terbanyak dari satu klub di tim Inggris. Tujuh Gunners dipilih untuk pertandingan Inggris melawan Italia dalam laga persahabatan pada tahun 1934.

Itulah 10 hal yang perlu kamu ketahui jika kamu adalah seorang penggemar baru Arsenal. Welcome Gooners!

Baca Juga: Ini Mewahnya Harta Milik Cristiano Ronaldo yang Kembali ke MU

Baca Juga: Tuan Rumah Final EURO 2020, Ini Warisan Sejarah Sepak Bola di Inggris 

Baca Juga: Bukan Selena Gomez, Pesepak Bola Ini Jadi Orang Nomor 1 di Instagram