Ada banyak film blockbuster besar yang kita ingat dan sukai sepanjang masa. Tapi tahukah kamu, bahwa tak semua film-film besar itu dibuat dengan anggaran besar? Banyak film independen berhasil menjadi besar dan berubah menjadi blockbuster yang mengesankan.

Seperti pada 12 film ini, yang walau dibuat dengan anggaran rendah atau minim budget, tapi menarik perhatian penonton dengan kontennya yang menarik. Hingga, menjadi blockbuster besar sepanjang masa dan mengumpulkan laba atas investasi yang ternyata bisa menjadi besar.

Yuk, kita cek 12 film minim budget yang berubah jadi blockbuster besar, di bawah ini!

1. The Blair Witch Project (1999)

https://www.youtube.com/embed/girSv9UH_V8

The Blair Witch Project memperkenalkan penonton pada jenis film horor baru berupa mokumenter. Meskipun bukan film horor "found footage" pertama, film independen ini adalah film pertama yang mengandalkan kampanye pemasaran melalui internet viral yang menyatakan bahwa peristiwa dalam film itu nyata. Nyatanya, dahulu banyak yang terkecoh!

Kisahnya mengikuti sekelompok mahasiswa pembuat film yang berusaha memburu legenda urban tentang blair witch. Ketiganya menghilang, tetapi peralatan dan rekaman mereka ditemukan setahun kemudian. Konon "rekaman yang dipulihkan" adalah film yang dilihat penonton.

Meskipun hanya dengan anggaran US$60.000, film ini terus menghasilkan hingga US$246,8 juta di seluruh dunia di box office, termasuk US$140,5 juta di dalam negeri. Menariknya lagi, The Blair Witch Project dibuat dalam delapan hari dan belum ada naskah yang selesai saat syuting dimulai.

2. Juno (2007)

https://www.youtube.com/embed/K0SKf0K3bxg

Untuk sebuah film independen kecil yang dibuat hanya dengan anggaran US$7,5 juta, Juno benar-benar keluar sebagai film favorit yang sukses besar. Film ini memiliki anggaran yang sangat rendah, sehingga Jennifer Garner harus mengambil keputusan pemotongan gaji untuk menekan biaya. Hal yang mengejutkan, film yang dibintangi Elliot Page dan Michael Cera ini, menghasilkan US$231,4 juta di seluruh dunia, termasuk US$143,4 juta di dalam negeri.

Film ini juga meraih sejumlah nominasi Oscar, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik dalam Peran Utama, serta membawa pulang Oscar untuk Skenario Asli Terbaik. Film ini menjadi hit besar, terutama bagi perempuan muda, berkat pengambilannya yang lucu dan realistis tentang topik kontroversial.

3. Little Miss Sunshine (2006)

https://www.youtube.com/embed/bQ7BZTMLImA

Sama seperti Juno, Little Miss Sunshine juga merupakan salah satu film indie yang meledak. Film tersebut meraih empat nominasi Oscar dan dua kemenangan setelah diputar di layar lebar pada tahun 2006. Film yang dibuat hanya dengan US$8 juta, akhirnya menghasilkan US$100,5 juta di seluruh dunia, termasuk US$59,9 juta di dalam negeri.

Lebih mengagumkan lagi, perilisan terluas film hanya mencapai 1.602 bioskop. Saat pemutaran pertamanya, tepuk tangan dan sambutan meriah menghiasi ruang bioskop. Fox Searchlight mengambil kesempatan dan membayar film tersebut dengan harga yang murah, yaitu US$10,5 juta. Sampai hari ini, film tersebut tetap menjadi favorit penggemar di kalangan penonton.

4. Annabelle (2014)

https://www.youtube.com/embed/paFgQNPGlsg

Kamu yang belum menontonnya sekalipun pasti kenal dengan film satu ini. Tapi tahukan, Bela, bahwa film horor satu ini dibuat dengan anggaran US$6,5 juta? Meski mendapat beberapa ulasan negatif dari para kritikus, Annabelle menjadi film horor yang telah lama ditunggu-tunggu ini berhasil meraup US$37,1 juta.

Salah satu faktor kesuksesannya adalah bahwa film itu merupakan spin-off dari franchise Conjuring yang sudah sukses. Prekuel film ini dirilis pada 2017 yang disebut Annabelle: Creation. Karena kesuksesan Annabelle, prekuel ini dibuat dengan anggaran US$15 juta, dan menghasilkan US$306,5 juta, termasuk US$102 juta di dalam negeri.

5. Saw (2004)

https://www.youtube.com/embed/S-1QgOMQ-ls

Dulu hingga sekarang, Saw masih menjadi film hit besar dalam genre gory-horror. Saw mendominasi box office, menghasilkan US$103,9 juta di seluruh dunia dengan anggaran hanya US$1,2 juta saja! Selain menghasilkan banyak uang di bioskop, Saw juga menjadi salah satu waralaba horor paling terkenal.

Saw pertama merupakan debut penyutradaraan James Wan muda, yang menyelesaikan filmnya hanya dalam 18 hari! James Wan juga merupakan pencipta dari The Conjuring Universe serta dalang di balik franchise The Conjuring, yang tentunya juga merupakan mesin uang.

6. Friday The 13th (1980)

https://www.youtube.com/embed/aDrOvFtzyPQ

Francise film Friday the 13th telah memberikan banyak pengikut sejak film pertama dibuat pada tahun 1980. Film slasher yang hanya dibuat seharga US$550.000 ini akhirnya menarik penonton dan meraup US$92,7 juta di seluruh dunia. Penjahat bertopeng hoki yang terkenal, Jason Voorhees, memicu waralaba besar-besaran dengan 12 film, buku komik, video game, dan banyak barang dagangan lainnya.

Film aslinya awalnya dibuat untuk memenuhi kesuksesan film Halloween, tapi ternyata publik sangat antusias dan tertarik. Friday the 13th menjadi waralaba horor terlaris, yang akhirnya tergeser saat Halloween terbaru dirilis pada 2018, menempatkan waralaba itu di tempat nomor satu.

7. Split (2016)

https://www.youtube.com/embed/84TouqfIsiI

M. Night Shyamalan memutuskan untuk membuat film horror yang rilis tahun 2017, Split, dengan anggaran hanya US$9 juta. Namun, terbukti menjadi keputusan yang fantastis. Shyamalan menjadikan Split sebagai sekuel tidak langsung dari Unbreakable (2000). Ceritanya mengikuti James McAvoy, seorang pria dengan gangguan identitas disosiatif, yang menculik tiga gadis remaja.

Film ini akhirnya menghasilkan US$278,5 juta di seluruh dunia. Film ini mendapat ulasan positif dengan rating 75 persen di Rotten Tomatoes dan nominasi untuk Film Thriller Terbaik di Saturn Awards. Film tersebut menjadi film ke-5 Shyamalan yang melewati US$100 juta di box office domestik.

8. Pulp Fiction (1994)

https://www.youtube.com/embed/tGpTpVyI_OQ

Film murah selanjutnya yang jadi hit besar adalah Pulp Fiction. Ini juga yang membawa pembuat film Quentin Tarantino menjadi salah satu nama terbesar di Hollywood, karena hits sinematiknya selama tahun 90-an. Pulp Fiction menghasilkan banyak pengikut dan membuat Tarantino mendapatkan Penghargaan Pal d'Or di Cannes, Academy Award, Oscar, dan tujuh nominasi Oscar.

Film ikonik yang dibuat dengan anggaran US$8 juta ini telah melebihi ekspektasi, menghasilkan US$213,9 juta di seluruh dunia. Dengan pemeran yang mengesankan termasuk John Travolta, Samuel L. Jackson, Bruce Willis, Tim Roth, Ving Rhames, dan Uma Thurman, tidak mengherankan film ini berhasil dengan baik di bioskop. Sejak dirilis tahun 1994, Pulp Fiction malah sukses menjadi fenomena budayanya tersendiri.

9. Napoleon Dynamite (2004)

https://www.youtube.com/embed/ZHDi_AnqwN4

Beralih ke genre komedi, Napoleon Dynamite adalah film terkenal tahun 2004 yang dibuat dengan anggaran terbatas sebesar US$400.000. Jon Heder, yang memainkan karakter utama dalam film tersebut, hanya dibayar US$1.000! Tidak hanya itu, Napoleon Dynamite diedit di apartemen produser Jeremy Coon di Mac.

Ketika film itu menjadi sukses besar, Heder menegosiasikan kembali pembayarannya dan menerima sebagian keuntungan dari film tersebut. Napoleon Dynamite menghasilkan US$46,1 juta di seluruh dunia, termasuk US$44,5 juta di dalam negeri. Film ini telah mengembangkan cukup banyak pengikut selama bertahun-tahun dan terpilih sebagai No. 14 di 100 Film Terlucu Bravo.

10. Get Out (2017)

https://www.youtube.com/embed/DzfpyUB60YY

Jordan Peele yang namanya sudah tak asing di ranah komedi Hollywood, membuat debut penyutradaraannya dengan film horor satir satu ini. Get Out dibuat hanya dengan anggaran US$4,5 juta, dan film tersebut akhirnya menjadi sukses besar. Get Out bahkan terus menghasilkan hingga US$255,4 juta di seluruh dunia.

Get Out adalah film yang berbeda berkat teknik pemasaran kreatif, yang membantu menghasilkan US$33,3 juta pada akhir pekan pembukaannya. Film ini sangat sukses sehingga mendapatkan empat nominasi Oscar, meskipun dirilis hampir setahun penuh sebelum nominasi diumumkan.

11. Insidious (2010)

https://www.youtube.com/embed/zuZnRUcoWos

Insidious juga merupakan waralaba horror yang sukses mendunia, tapi dibuat dengan anggaran minim, dan berhasil meraup jutaan dollar. Kamu pasti akan terkejut jika tahu film yang menakutkan itu dibuat hanya dengan US$800.000.

Pembuat film dan sutradaranya pun dibuat kaget saat film kecil ini popularitasnya meroket. Banyak orang menyebut film tersebut sebagai Paranormal Activity baru, karena menjadi film dengan pendapatan tertinggi di tahun 2011.

12 Film Minim Budget Ini Malah Berubah Jadi Film Blockbuster BesarUniversal Pictures

Insidious berkisah tentang sebuah keluarga yang menemukan bahwa roh-roh gelap telah merasuki rumah mereka, menyebabkan putra mereka mengalami koma. Ketika mereka meninggalkan rumah mereka dan melarikan diri, mereka menemukan bahwa bukan rumah mereka yang berhantu.

Para kritikus menyukai film tersebut, dan rekomendasi dari mulut ke mulut membantu menjaga film tetap bertahan dan makin populer, hingga akhirnya menghasilkan US$99,9 juta.

12. Paranormal Activity (2009)

https://www.youtube.com/embed/1rFCdKLh5bE

Last but not least, satu lagi film yang juga minim budget tapi melegenda dan sukses besar adalah Paranormal Activity. Film ini menunggangi kesuksesan The Blair Witch Project, mengambil konsep film horor bergaya found-footage.

Sutradara film, Oren Peli, merekam versi aslinya dalam seminggu. Setelah melihat betapa suksesnya di festival, Paramount Pictures memutuskan untuk membeli hak dan kemudian meminta beberapa perubahan, khususnya bagian akhir.

Film ini dirilis terbatas di Amerika Serikat pada 25 September 2009, lalu kemudian dirilis secara nasional pada 16 Oktober 2009. Berdasarkan laba atas investasi, film horor dengan anggaran US$15 juta ini adalah film paling menguntungkan yang pernah dibuat, menghasilkan US$193.355.800 di seluruh dunia.

Itulah 12 film dengan anggaran minim yang berubah jadi blockbuster besar, ada film favoritmu yang membuatmu terkejut dengan anggarannya, Bela?

Baca Juga: 10 Film Bollywood Termahal yang Berakhir Jadi Kegagalan Terbesar

Baca Juga: 10 Artis Bollywood ini Pernah Menolak Tawaran Peran Film Hollywood

Baca Juga: Alasan Kenapa Adegan Seks di Film Korea 'Parasite' Terasa Tak Nyaman