Banyak drama Korea yang diadaptasi dari kisah nyata, novel, film luar negeri hingga serial webtoon. Bagi kamu yang tidak begitu akrab dengan webtoon, pada dasarnya mereka adalah buku komik online. Satu bab dirilis setiap minggu oleh penulis atau ilustrator.

Beberapa K-drama paling terkenal didasarkan pada serial webtoon atau manhwa adalah Princess Hours, Full House, Itaewon Class, serta yang terbaru The Uncanny Counter dan True Beauty. Tak ada yang bisa menghentikan drakor bergenre ini karena mereka hampir selalu sukses. Nah, berikut ada 11 KDrama yang mungkin belum kamu ketahui berdasarkan webtoon.

1. Lucky Romance

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Lucky Romance didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Kim Dal Nim. Webtoon tersebut rilis pada 15 Februari 2014 dan berlangsung hingga 22 November 2014. Kemudian diangkat menjadi drama Korea yang ditulis oleh Choi Yoon Kyo dan dirilis pada 25 Mei 2016.

Dibintangi oleh Ryu Jun Yeol dan Hwang Jung Eum, drama ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Bo Nui (Hwang Jung Eum), yang bekerja keras untuk membantu biaya rumah sakit adik perempuannya. Dia bertemu dengan Soo Ho (Ryu Jun Yeol) yang merupakan seorang jenius dan pemilik perusahaan game. Keduanya akhirnya jatuh cinta meski memiliki perbedaan.

2. The Item

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Drama MBC The Item didasarkan pada webtoon asli yang ditulis oleh Min Hyung dan Kim Joon Seok. Webtoon tersebut sukses berkat genre fantasi dan thriller-nya. Bab pertamanya diterbitkan pertama kali pada Maret 2017 sementara dramanya dirilis pada 11 Februari 2019. Dibintangi oleh Joo Ji Hoon dan Jin Se Yoon.

Berkisah tentang seorang jaksa penembak jitu bernama Kang Gon (Joo Ji Hoon) yang mempertaruhkan nyawanya untuk mencari tahu kebenaran di balik suatu barang yang menunjukkan kekuatan super. Penggambaran Joo Ji Hoon tentang Kang Gon yang berkemauan keras, tetapi berhati hangat sangat berkesan.

3. Her Private Life

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Dibintangi oleh Kim Jae Wook dan Park Min Young, Her Private Life menjadi salah satu drama populer yang mengisahkan kehidupan seorang penggemar dari salah satu idol. Walaupun terbilang cukup sukses, banyak orang yang terkejut mengetahui bahwa itu didasarkan pada novel yang ditulis oleh Kim Sung Yeon pada tahun 2017.

Sebagai hasil dari kesuksesan novel tersebut, kemudian diadaptasi menjadi webtoon pada tahun 2019 (ditulis oleh Jun Hye Jin dan diilustrasikan oleh Kim Jin Hee). Dengan kesuksesan gabungan novel dan webtoon, tidak mengherankan jika ini diadaptasi menjadi Kdrama!

4. Extraordinary You

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonpinterest.com

Drama pembuat baper satu ini juga diadaptasi dari kisah webtoon, lho, Bela. Extraordinary You menceritakan tentang dunia dalam buku komik di mana karakter pendukung bernama Eun Dan Oh ( Kim Hye Yoon ) menerobos dinding keempat. Dia mulai menyadari bahwa dirinya adalah seorang pemeran pendukung di buku komik dan sangat ingin mengubah nasibnya.

Drama ini didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Moo Ryoo dan awalnya berjudul July Found by Chance (judul literal). Serial ini pertama kali diterbitkan pada Januari 2018, sedangkan KDramanya ditayangkan pada 2 Oktober 2019.

5. Dinner Mate

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Drama ‘healing’, Dinner Mate didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Park Shi In yang berjudul Would You Like To Have Dinner Together?. Webtoon tersebut rilis pada 2013 dan dramanya ditayangkan pada 25 Mei 2020.

Dibintangi oleh Song Seung Heon sebagai psikiater dan Seo Ji Hye yang bekerja untuk sebuah perusahaan media. Bercerita tentang pertemuan keduanya secara kebetulan dan memutuskan untuk makan malam bersama secara teratur, mendiskusikan apa pun yang terjadi dalam hidup mereka.

6. City Hunter

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Drama sukses yang dibintangi Lee Min Ho dan Park Min Young ini ternyata diadaptasi dari serial manga Jepang yang sangat sukses, lho. Berkat kesuksesannya itu, City Hunter dikembangkan menjadi serial anime, film Hong Kong, video game, dan akhirnya drama Korea yang juga sukses besar.

KDrama ini tayang perdana pada 25 Mei 2011 dan sangat sukses tidak hanya di Korea, tetapi di Eropa. Drama ini juga yang membuat nama Lee Min Ho terkenal di Eropa dan hingga kini masih terus dicintai.

7. Mystic Pop-Up Bar

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Mystic Pop-Up Bar dibintangi oleh Hwang Jung Eum, Yook Sung Jae , dan Choi Won Young sebagai tiga orang yang berusaha menyembuhkan segala jenis beban dalam kehidupan orang lain, bahkan termasuk membalas dendam atas nama mereka.

Drama ini didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Bae Hye Soo yang diterbitkan pada 1 Juni 2016. Dalam serial ini kamu bisa menemukan perpaduan dari aksi, cinta, balas dendam dan fantasi. Tidak heran webtoon (dan dramanya) sukses.

8. Clean With Passion For Now

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Dalam dramanya, Clean With Passion For Now dibintangi oleh Kim Yoo Jung sebagai Gil Oh Sol, seorang gadis yang tidak terlalu peduli dengan kebersihan, dan Yoon Kyun Sang , seorang CEO kaya yang menderita mysophobia (ketakutakan akan sesuatu yang kotor). Keduanya bentrok dalam kepribadian, tetapi mampu saling bergantung yang membuat mereka jatuh cinta.

Serial ini didasarkan pada webtoon yang ditulis oleh Aengo. Drama dan webtoon sama-sama menyenangkan karena menggambarkan sepotong kisah hidup dengan banyak elemen komedi serta romansa. Akting kedua pemeran utamanya pun sangat merangkum nuansa karakter webtoon dan penuh dengan pesona dan chemistry.

9. Incomplete Life

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Incomplete Life adalah drama yang mengisahkan kehidupan para pekerja kantor. Diperankan oleh bintang-bintang berbakat, Im Si Wan, Lee Sung Min dan Kang Sora, sebagai pekerja kantoran biasa yang berurusan dengan semua rasa sakit dan tanggung jawab untuk mencoba mempertahankan pekerjaan mereka.

Drama ini menggemparkan Korea karena mampu menggambarkan kesulitan dan kesuksesan kehidupan nyata dari orang-orang di tempat kerja pada umumnya.

Incomplete Life awalnya adalah sebuah webtoon yang ditulis oleh Yoon Tae Ho. Ia mampu menggambarkan dengan cara-cara yang lucu dan menyenangkan bagian kehidupan yang biasa ini. Orang-orang sangat senang dan antusias ketika mendengar bahwa webtoon tersebut akan dibuat menjadi serial K-drama.

10. Taxi Driver

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Drama on going satu ini juga diadaptasi dari webtoon yang ditulis oleh Carlos dan diilustrasikan oleh Lee Jae Jin. Dibintangi oleh Lee Je Hoon sebagai Kim Do Ki, seorang sopir taksi yang tugasnya membantu orang-orang yang tertindas untuk membalas dendam.

Serial ini dikemas dengan adegan aksi dan perkelahian, dan sangat menarik untuk ditonton. Versi webtoon juga memiliki nuansa gelap yang membuatnya menghibur meski tidak bisa melihat aksinya secara bergerak. Ini jelas merupakan bukti betapa berbakatnya sang pembuat.

11. Navillera

11 KDrama yang Mungkin Kamu Belum Tahu Diadaptasi dari Webtoonsoompi.com

Drama on going lainnya yang juga diadaptasi dari webtoon adalah Navillera. Webtoon-nya juga berjudul Navillera yang ditulis oleh Hun dan diilustrasikan oleh Ji Min. Webtoon tersebut dirilis pada 2017 dan diangkat menjadi drama. Versi Kdrama dari serial ini secara resmi ditayangkan di Netflix pada 22 Maret 2021.

Bercerita tentang seorang pensiunan tukang pos berusia 70 tahun bernama Shim Deok Chul (Park In Hwan) yang selalu mendambakan menjadi balerino. Dia bertemu Lee Chae Rok (Song Kang), seorang balerino bercita-cita tinggi yang mengalami banyak kesulitan dalam hidup. Sejak perilisannya drama ini mendapat tanggapan positif dari penonton.

Dari ke 11 drama di atas, mana yang jadi favoritmu, nih? Tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: Selain 'Sweet Home', Ini 5 Drama Korea Adaptasi Webtoon yang Dinanti

Baca Juga: Rekomendasi 8 KDrama Action dan Thriller Adaptasi Webtoon

Baca Juga: Tampil Keren, 6 Aktris Korea Ini Sukses Perankan Karakter Webtoon