Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Ada yang mengikuti lomba 17-an di lingkungan tempat tinggal, mengadakan malam tirakatan, sampai mengikuti upacara bendera. 

Namun, di era teknologi ini kamu sudah bisa merayakannya melalui media sosial. Contohnya, dengan membuat Twibbon dan status WhatsApp kata-kata Soekarno. Meskipun terdengar mudah, tetapi cara itu bisa memberikan pesan yang luar biasa. 

Nah, kali ini Popbela.com sudah merangkum kata-kata Soekarno tentang perjuangan, kemerdekaan, pemuda, pemimpin dan pahlawan yang bisa kalian pakai untuk status dan caption media sosial. Simak ulasan lengkapnya, ya!

1. Kata-Kata Soekarno Tentang Perjuangan

35 Kata-Kata Soekarno yang Bijak dan Inspiratifcommons.wikimedia.org

Kata-kata Soekarno tentang perjuangan ini bisa menjadi semangat untuk kamu yang sedang berjuang dalam hal apa pun. Nasihat dari sang proklamator ini masih bisa diresapi sampai saat ini meskipun sudah diucapkan puluhan tahun yang lalu. 

Berikut kata-kata tentang perjuangan dari Soekarno. 

  1. "Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun dilautan yang dalam."
  2. “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.”
  3. “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”
  4. “Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”
  5. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”
  6. “Hidup bukanlah tentang ‘Aku Bisa Saja’, namun tentang ‘Aku Mencoba’. Jangan pikirkan tentang Kegagalan, itu adalah Pelajaran.”
  7. “Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan.”

2. Kata-Kata Soekarno Tentang Kemerdekaan

35 Kata-Kata Soekarno yang Bijak dan Inspiratifcommons.wikimedia.org

Sesuai dengan momen peringatan proklamasi tanggal 17 Agustus, kata-kata Soekarno ini sangat cocok kamu jadikan status media sosial. Pasalnya, seringkali kita lupa dengan makna kemerdekaan itu sendiri.

Untuk mengingat makna kemerdekaan kembali, resapi kata-kata berikut ini. 

  1. "Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad 'Merdeka, merdeka atau mati'!"
  2. "Bangunlah suatu dunia dimana semuanya bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan."
  3. “Merdeka hanyalah sebuah jembatan, Walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!”
  4. “Negara Republik Indonesia ini bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, bukan milik sesuatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”
  5. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
  6. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
  7. “Nasionalis yang sedjati, jang nasionalismenya itu bukan timbul semata-mata suatu copie atau tiruan dari nasionalisme barat akan tetapi timbul dari rasa tjinta akan manusia dan kemanusiaan”

3. Kata-Kata Soekarno Tentang Pemuda

35 Kata-Kata Soekarno yang Bijak dan Inspiratifgetarchive.net

Sejak masa lalu, pemuda memegang peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Soekarno kerap memberikan nasihat tentang pentingnya peran pemuda.

Di masa sekarang, pemuda juga menjadi pelopor supaya bangsa Indonesia lebih maju lagi. Untuk membangkitkan semangat pemuda, berikut kata-kata Soekarno tentang pemuda. 

  1. "Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia."
  2. "Gantung kan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang."
  3. "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."
  4. "Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda."
  5. “Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!”
  6. “Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita”
  7. "Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia."

4. Kata-Kata Soekarno Tentang Pemimpin

35 Kata-Kata Soekarno yang Bijak dan Inspiratifpicryl.com

Sebagai seorang pemimpin, Soekarno tentu merasakan bagaimana pentingnya peran pemimpin untuk rakyat. Ia telah memimpin bangsa ini mulai dari sebelum kemerdekaan sampai akhirnya merdeka dari penjajah. 

Oleh karena itu, kata-kata Soekarno tentang pemimpin ini akan sangat menggambarkan betapa cinta dirinya kepada Indonesia. 

  1. “Aku tinggalkan Kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”
  2. “Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.”
  3. “Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.”
  4. “Tulislah tentang aku dengan tinta hitam atau tinta putihmu. Biarlah sejarah membaca dan menjawabnya.”
  5. “Jikalau aku misalnya diberikan dua hidup oleh Tuhan, dua hidup ini pun akan aku persembahkan kepada tanah air dan bangsa.”  
  6. "Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah"
  7. "Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat"

5. Kata-Kata Soekarno Tentang Pahlawan

35 Kata-Kata Soekarno yang Bijak dan Inspiratifcommons.wikimedia.org

Kemerdekaan bukan hanya diperoleh dari satu orang saja, melainkan merupakan perjuangan para pahlawan sejak dulu kala. Untuk mengingat perjuangan dan semangat para pahlawan, kata-kata Soekarno tentang pahlawan ini bisa kamu resapi.

Dengan begitu kamu akan merasakan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak mudah untuk diperjuangkan. 

  1. “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.”  
  2. "Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup di masa pancaroba, jadi tetaplah bersemangat elang Rajawali".
  3. "Tetapi kecuali daripada itu, maka peristiwa menjadi merdekanya sesuatu bangsa yang tadinya dijajah oleh imperialisme bangsa lain, merdeka, betul-betul merdeka dan bukan merdeka boneka."
  4. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya."
  5. “Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian!”
  6. "Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya, jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali".
  7. "Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung elang terbang sendirian".

Itulah kumpulan kata-kata Soekarno tentang perjuangan, kemerdekaan, pemuda, pemimpin dan pahlawan yang bisa kamu pakai untuk status WhatsApp dan caption di Instagram ataupun Facebook. Selain itu, kata-kata dari Soekarno ini juga bisa kamu resapi supaya semangat kemerdekaan bisa kamu rasakan. 

Selamat hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-77, Indonesiaku!

Baca Juga: 30 Twibbon 17 Agustus 2022 Keren untuk Meriahkan HUT RI

Baca Juga: 12 Sepeda Hias Unik dan Menarik untuk 17 Agustus, Beda dari yang Lain!

Baca Juga: 30 Dekorasi 17 Agustus di Kantor yang Unik dan Meriah