10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Mulai dari penjelasan sampai kesimpulan

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Salah satu jenis teks yang menjadi materi pelajaran bahasa Indonesia adalah teks eksplanasi. Jenis teks ini sering kita temui di media massa saat memberitakan tentang fenomena alam, sosial, atau budaya. 

Biasanya, teks ini dijelaskan secara runtut mulai dari terjadinya fenomena atau peristiwa sampai akhir kejadian. Dengan begitu, pembaca akan memahami proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa. 

Untuk mengetahui secara lebih detail mengenai jenis teks ini, contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya dari Popbela.com berikut bisa kamu cermati. Yuk, simak ulasannya!

Pengertian teks eksplanasi

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyaunsplash.com/Reagan Freeman

Sebelum membahas mengenai contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya, kamu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Teks eksplanasi merupakan tulisan yang menjelaskan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi. 

Peristiwa tersebut bisa berupa peristiwa alam, sosial, atau budaya. Jadi, di dalam teks eksplanasi penulis akan mencoba menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa. 

Tulisan di dalam teks eksplanasi disusun secara kronologis dan sebab akibat. Selain itu, penjelasan di dalamnya juga disertai dengan bukti-bukti ilmiah ataupun teoretis sehingga bisa menambah pengetahuan pembaca.

Adapun tujuan penulisan teks eksplanasi ialah untuk menjelaskan langkah-langkah atau kronologi suatu fenomena. Dengan membaca teks tersebut, pembaca akan memahami suatu kejadian dengan mudah dan sederhana. 

Struktur teks eksplanasi

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyapexels.com/Vlada Karpovich

Adapun struktur teks eksplanasi cukup singkat yang harus disusun secara runtut untuk memudahkan seseorang memahami bacaan. Berikut adalah struktur teks eksplanasi. 

  1. Judul 
    Seperti jenis teks lainnya, judul juga diperlukan dalam teks eksplanasi. Judul ditulis dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas yang bisa menggambarkan keseluruhan isi teks. 
  2. Pertanyaan umum 
    Bagian berikutnya dalam teks eksplanasi adalah pertanyaan umum. Pernyataan ini berisi tentang informasi sederhana mengenai peristiwa atau fenomena yang terjadi. Biasanya, kalimat di dalamnya menggunakan kata-kata 'adalah', 'ialah', 'merupakan', dan semacamnya. 
  3. Sebab-akibat
    Setelah mengetahui gambaran umum mengenai fenomena yang terjadi, selanjutnya penulis bisa menjelaskan lebih detail mengenai tahapan atau proses yang terjadi. Bagian ini biasanya disusun secara kronologis atau sebab akibat. 
  4. Interpretasi penulis
    Struktur terakhir dalam teks eksplanasi berisi pendapat dari penulis. Pendapat tersebut kemudian disertai dengan kesimpulan atas peristiwa atau fenomena yang disampaikan dengan singkat, padat, dan jelas. 

1. Contoh teks eksplanasi tentang kemiskinan

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyaacademia.edu

Contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya yang pertama ialah mengenai fenomena sosial kemiskinan. Seperti struktur aslinya, di bagian awal teks dijelaskan mengenai pengertian umum kemiskinan. Setelah itu, barulah masuk pada sebab akibat terjadinya kemiskinan. 

2. Contoh teks eksplanasi tentang tsunami Aceh

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyaacademia.com

Selanjutnya, teks eksplanasi di atas menjelaskan tentang tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Dengan membaca teks di atas, kita dapat mengetahui proses terjadinya tsunami sehingga bisa membuat pembaca lebih waspada dan hati-hati. 

3. Contoh teks eksplanasi

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyacermin-dunia.github.io

Salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah angin puting beliung. Biasanya, teks eksplanasi seperti di atas muncul pada buku pelajaran untuk mengenalkan pada siswa tentang proses terjadinya bencana alam puting beliung. 

4. Contoh teks eksplanasi tentang hujan es

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyascribd.com

Fenomena alam lainnya yang bisa dijelaskan dengan teks eksplanasi adalah hujan es. Dari teks eksplanasi yang lengkap di atas, pembaca bisa mengetahui faktor-faktor terjadinya hujan es dan proses terjadinya secara rinci. 

5. Contoh teks eksplanasi tentang tsunami Jepang

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyastudocu.com

Contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya di atas terdiri dari bagian pernyataan umum dan sebab akibat. Pernyataan umum tersebut berisi mengenai pengertian tsunami, sedangkan sebab akibat menjelaskan proses terbentuknya tsunami. 

6. Contoh teks eksplanasi tentang banjir rob

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyapinterest.com

Teks eksplanasi juga bisa ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Di bagian pembuka atau pernyataan umum, kamu bisa menceritakan situasi umum sebelum terjadinya peristiwa. Kemudian, di bagian penjelasan, barulah kamu bisa menuliskan secara detail peristiwa dari berbagai sumber terpercaya. 

7. Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyaterbaik.co.id

Dalam contoh teks eksplanasi di atas, dijelaskan bahwa gempa bumi terjadi karena pergerakan kerak bumi. Kemudian, penulis juga menambahkan kesimpulan bahwa gempa bumi bisa terjadi kapan saja. 

8. Contoh teks eksplanasi tentang pengangguran

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyascribd.com

Kembali ke fenomena sosial, contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya di atas membahas mengenai pengangguran. Di dalamnya, dijelaskan lengkap mulai dari pengertian, sebab akibat, dan juga solusi atas permasalahan ini. 

9. Contoh teks eksplanasi tentang pelangi

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyamapel.id

Fenomena alam lainnya yang bisa dijelaskan menggunakan teks eksplanasi ialah terjadinya pelangi. Di bagian pernyataan umum, dijelaskan mengenai apa itu pelangi. Kemudian, bagian sebab-akibat menjelaskan tentang proses ilmiah munculnya pelangi. 

10. Contoh teks eksplanasi tentang puting beliung

10 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnyaslideshare.net

Contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya yang terakhir menjelaskan mengenai bencana alam puting beliung. Teks tersebut dimulai dari apa itu puting beliung, penyebab, proses, hingga akibat dari peristiwa alam ini. 

Demikian contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya yang bisa membuat pembaca memahami suatu kejadian lebih runtut dan sederhana. Semoga kamu bisa semakin memahami jenis teks ini dengan lebih mudah ya, Bela.

Baca Juga: 7 Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris dan Artinya Lengkap

Baca Juga: 6 Contoh Teks Prosedur Sederhana Beserta Strukturnya Lengkap

Baca Juga: 9 Contoh Surat Resmi yang Benar untuk Berbagai Keperluan

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Transfer Pulsa Telkomsel dengan Mudah dan Cepat

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator