10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!

Tubuh jadi kembali segar dan produktif

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!

Saat bekerja atau belajar, rasa kantuk terkadang datang tanpa bisa dihindari. Apalagi, jika jam sudah menunjukkan lewat dari tengah hari. Hal itu tentu akan sangat mengganggu konsentrasi dan fokus dalam bekerja, bukan?

Jika dibiarkan, rasa kantuk tersebut akan membuat pekerjaan atau hal yang dipelajari menjadi tidak maksimal. Solusinya dari masalah tersebut ialah dengan menemukan cara agar tidak ngantuk

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Simak ulasan Popbela.com berikut ini!

1. Mengonsumsi kafein

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Chevanon Photography

Cara agar tidak ngantuk yang pertama ini tentu sudah familier untukmu. Ya, kafein merupakan salah satu stimulan alami yang bisa meningkatkan energi dan fokus. Ada berbagai minuman yang mengandung kafein, di antaranya adalah kopi, teh, cokelat panas, dan soda. 

Namun, kamu juga bisa mendapatkan kafein dari makanan seperti cokelat. Meski demikian, jangan lupa konsumsi kafein dalam jumlah yang wajar saja karena bisa menyebabkan efek samping tertentu.

Efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi kafein di antaranya adalah detak jantung yang cepat, gugup, hingga sakit kepala. 

2. Membuat ruangan tetap sejuk

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Max Vakhtbovych

Penting diketahui, ruangan yang hangat akan mudah membuatmu merasa lelah. Sebaliknya, ruangan yang sejuk akan membuatmu lebih semangat.

Jadi, kamu bisa membuka jendela atau menggunakan AC untuk menyegarkan diri dan mengalirkan energi kembali. 

Tak hanya sejuk saja, buat ruangan yang kamu gunakan untuk bekerja nyaman dan mendukung. Kamu bisa merapikan barang-barang di sekitar dan buat tempat kerja kamu benar-benar kondusif untuk bekerja.

Hindari bekerja di atas kasur saat di rumah karena hal itu akan membuat rasa kantuk akan datang. 

3. Melakukan aktivitas fisik atau olahraga

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Andrea Piacquadio

Olahraga menjadi salah satu cara agar tidak ngantuk selanjutnya. Aktivitas ini dapat meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Tak hanya itu saja, olahraga yang teratur juga bisa meningkatkan kualitas tidur. 

Kamu bisa melakukan olahraga selama 30 menit sehari. Olahraga yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah olahraga aerobik. Dengan aktivitas ini, kamu bisa memiliki lebih banyak energi di siang hari dan membuatmu tetap fokus. 

Saat berada di kantor, kebanyakan aktivitas hanya menetap di satu tempat saja sehingga membuatmu mengantuk. Jadi, kamu bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti berjalan-jalan untuk menghilangkan rasa kantuk. 

4. Mengonsumsi camilan sehat

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Sam Lion

Banyak orang yang mengandalkan minuman sebagai cara untuk menghilangkan kantuk. Padahal, kamu juga bisa mengonsumsi makanan ringan untuk membuatmu tetap terjaga. 

Namun, sebaiknya pilih camilan ringan yang bergizi dengan memperhatikan porsinya. Sebab, mengonsumsi camilan berlebihan juga bisa menambah berat badan.

Camilan yang manis bisa mendorong tubuh menjadi lebih berenergi. Camilan sehat yang bisa kamu konsumsi di antaranya adalah yoghurt, kacang-kacangan, atau buah segar. 

5. Membuat ruangan lebih terang

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Andrea Davis

Ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang redup akan membuat tubuh semakin lelah. Melansir Webmd, penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya yang terang bisa mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. 

Jadi, buatlah ruangan kerja atau belajar menjadi lebih terang sebagai cara agar tidak ngantuk. Selain itu, kamu juga bisa keluar ruangan untuk mendapatkan cahaya dari sinar matahari dan menghirup udara segar setidaknya selama 30 menit untuk menghidupkan kembali indra untuk bekerja. 

6. Mandi atau memercikkan air ke wajah

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Leah Kelley

Saat berada di rumah, kau bisa mandi air dingin atau air bersuhu biasa saja untuk membantu menghilangkan lelah dan kantuk. Jika tidak sempat, maka kamu bisa memercikkan air dingin ke wajah atau menyikat gigi supaya tubuh terasa lebih segar.

Rasa dingin yang menghampiri wajah tersebut juga akan memperbaiki sirkulasi tubuh dan juga membangun energi yang membuatmu lebih terjaga. Kamu bisa mempraktikkannya di sela-sela kantuk saat bekerja atau belajar supaya kembali segar. 

7. Makan bergizi secara teratur

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Julian Jagtenberg

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi untuk makan siang menjadi salah satu cara agar tidak ngantuk. Hal ini karena karbohidrat bisa memiliki efek yang sama seperti gula dan kafein pada tubuh. 

Selain memilih makanan yang tepat, kamu juga perlu makan secara teratur sepanjang hari. Sebab, tubuh akan sulit fokus hingga sore hari jika kamu hanya mengonsumsi makanan di sekali waktu saja. 

8. Minum banyak air

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Maurício Mascaro

Bagi beberapa orang, rasa kantuk memang bisa dihilangkan dengan mengonsumsi kafein dari kopi. Namun, banyak orang yang justru gelisah setelah mengonsumsinya.

Jadi, cara lain untuk bisa membuat tubuh lebih segar adalah dengan meminum cairan yang rendah atau tanpa kalori. Cairan yang bisa kamu konsumsi tersebut adalah air minum atau teh herbal.

Sebab, cairan tersebut dalam tubuh akan membantu mengalirkan sistem peredaran darah. Kamu juga tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak kafein yang bisa membuat sakit kepala.

9. Mendengarkan musik

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Andrea Piacquadio

Mendengarkan musik juga bisa membangunkan indra kita sehingga menjadi tidak merasa mengantuk lagi. Dengan musik, kamu juga bisa mengalihkan perhatian dari rasa lelah yang datang ketika bekerja. 

Namun, tidak semua orang bisa fokus pada satu jenis musik saja. Kamu bisa menyesuaikan jenis musik tersebut sesuai dengan preferensi masing-masing. Sebab, ada orang yang justru merasakan kantuk ketika mendengarkan musik tertentu. 

10. Melakukan pijatan ringan

10 Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja atau Belajar, Efektif!pexels.com/Karolina Grabowska

Cara agar tidak ngantuk yang terakhir adalah dengan mendapatkan pijatan. Kamu bisa meminta bantuan teman untuk memijat ringan di titik-titik tertentu pada tubuh supaya bisa kembali segar. 

Titik-titik yang bisa dipijat tersebut di antaranya adalah bagian belakang leher, titik di antara ibu jari dan jari telunjuk, belakang lutut, dan tepat di bawah pangkal kaki. Kamu pun bisa melakukan pijatan ringan itu sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Itulah 10 cara agar tidak ngantuk yang bisa kamu coba. Kamu bisa mencoba untuk menghilangkan kantuk saat bekerja atau belajar.

Kira-kira, cara mana yang paling efektif untukmu, Bela? 

Baca Juga: 40 Kata-Kata Motivasi untuk Diri Sendiri, Bikin Semangat!

Baca Juga: 20 Template Jadwal Pelajaran Aesthetic, Bikin Semangat Belajar

Baca Juga: 15 Pantun Ucapan Selamat Pagi, Bikin Semangat Memulai Hari

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Profil Muhammad Khairi, Suami Kiky Saputri 

Profil Muhammad Khairi, Suami Kiky Saputri 

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu

Selain GWS, Ini Singkatan Bahasa Inggris Kekinian yang Perlu Kamu Tahu