Salat merupakan ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh seorang Muslim. Dalam menjalankan ibadah ini, kita perlu mengikuti rukun salat yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. 

Salah satu rukun fi'liyah atau rukun yang harus dilakukan dalam salat adalah duduk tahiyat atau tasyahud akhir. Di dalam gerakan salat tersebut, seorang Muslim wajib membaca doa tasyahud beserta selawat sebelum salam. 

Selain tasyahud dan selawat sebelum salam, terdapat bacaan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, saat duduk tahiyat akhir merupakan waktu mustajab untuk berdoa. 

Berikut bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam lengkap beserta Arab, latin, dan artinya yang perlu kamu ketahui dan hafalkan. 

1. Rukun salat

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinyaunsplash.com/afiq fatah

Sebelum mengetahui bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam lengkap beserta Arab, latin, dan artinya, kamu perlu mengetahui rukun salat terlebih dahulu.

Rukun salat merupakan setiap perbuatan dan perkataan mendasar yang menjadi bagian dari salat. Oleh karena itu, tidak sempurna salat seseorang jika tidak menjalankan rukun salat ini. 

Adapun rukun salat yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut. 

  1. Berdiri bagi yang mampu
  2. Niat yang dibarengi dengan takbiratul ihram
  3. Membaca Surat Al-Fatihah di setiap rakaat shalat
  4.  Rukuk dan thuma’ninah
  5.  I’tidal setelah rukuk dan thuma’ninah
  6. Sujud dua kali dalam satu rakaat dan thuma’ninah
  7. Duduk di antara dua sujud disertai thuma’ninah
  8. Tasyahud akhir dan duduk tasyahud
  9. Membaca tasyahud akhir
  10. Berselawat kepada Nabi setelah membaca tasyahud akhir
  11. Salam
  12. Tertib.

2. Doa tasyahud akhir

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Pir Sümeyra

Salah satu rukun salat yang wajib dilakukan adalah membaca tasyahud atau tahiyat akhir. Doa ini dibaca dengan posisi duduk tahiyat akhir, yakni kedua kaki ditekuk pada sisi sebelah kanan.

Telapak kaki kanan tersebut menghadap kiblat dengan menekuk jari-jari kaki. Kemudian, posisi kaki tersebut menyimpang di sebelah kanan pinggang. Sementara itu, posisi kaki kiri diletakkan di bawah kaki kanan. 

Dalam posisi duduk tersebut, kamu perlu membaca doa tasyahud akhir. Berikut adalah macam-macam bacaan tasyahud akhir. 

1. Doa tasyahud akhir Muhammadiyah

اَلتَّحِيَّاتُ لِلّهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّباَتُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهاَ النَّبِيُّوَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ. اَلسَّلاَمُ عَلَيْناَ وَعَلَى عِباَدِاللهِ الصَّالِحِيْنَ

Attahiyyaatu lillaahi washsholawaatu waththoyyibaat. Assalaamu ‘alaika ayyuhannabiyyu warohmatullaahi wabarokaatuh. Assalaamu’alainaa wa’ala ‘ibaadillaahi shshoolihiin.

Artinya: Segala kehormatan, kebahagiaan dan kebagusan adalah kepunyaan Allah, Semoga keselamatan bagi Engkau, ya Nabi Muhammad, beserta rahmat dan kebahagiaan Allah. Mudah-mudahan keselamatan juga bagi kita sekalian dan hamba-hamba Allah yang baik-baik.

2. Doa tasyahud NU

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ 

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thayyibatul lillaah. Assalaamu’alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh. Assalaamu’alainaa wa’alaa ‘ibaadillaahish shaalihiin. 

Artinya: Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan, dan kebaikan bagi Allah, salam, rahmat, dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam keselamatan semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang saleh.

3. Doa selawat kepada Nabi

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Ali Khalil

Doa tasyahud atau tahiyat akhir di atas kemudian diikuti dengan bacaan selawat kepada Nabi. Bacaan selawat ini juga menjadi salah satu rukun salat sehingga wajib dibaca dan dihafalkan bagi setiap Muslim. Doa ini berisi tentang pujian kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabatnya. 

Berikut adalah doa selawat Nabi yang wajib kamu ketahui. 

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَالِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَالِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَالِ إِبْرَاهِيْمَ. إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Allaahumma sholli ‘alaa Muhammad wa’alaa aali Muhammad. Kamaa shollaita ‘alaa ibroohiim wa aali ibroohiim. Wabaarik ‘alaa Muhammad wa aali Muhammad. Kamaa baarokta ‘alaa ibroohiim wa aali ibroohiim. Innaka hamiidummajiid.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah kemurahan-Mu kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Kau telah limpahkan kepada Ibrahim dan keluarganya, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Kau telah berkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau yang Maha Terpuji dan Maha Mulia.

4. Doa tahiyat akhir sebelum salam

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Ali Arapoğlu

Setelah membaca doa tasyahud akhir dan selawat nabi, sebaiknya bacaan salat tersebut dilengkapi dengan doa tahiyat akhir sebelum salam yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, waktu setelah tahiyat tersebut merupakan ruang mustajabnya doa. 

Berikut adalah doa tahiyat akhir sebelum salam lengkap beserta Arab, latin, dan artinya. 

اَللّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ, وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ, وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْياَ وَالْمَمَاتِ, وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

Allaahumma innii a’uudzubika min ‘adzaabi jahannam. Wamin ‘adzaabil qobri. Wamin fitnatil mahyaa walmamaati. Wamin syarri fitnatil masiihiddadjaal.

Artinya: Ya Allah aku berlindung kepada Engkau dari siksa jahannam dan siksa kubur, begitu juga dari fitnah hidup dan mati, serta dari jahatnya fitnah Dajjal (pengembara yang dusta).

Selain doa di atas, terdapat doa lain yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhari, yaitu sebagai berikut.

اللَّهمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا كَبِيْرًا وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Allâhumma innî zhalamtu nafsî zhulman katsîran kabîran wa lâ yaghfirudz dzunûba illâ anta, faghfir lî maghfiratan min ‘indika, warhamnî innaka antal ghafûrur rahîm.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku dengan kezaliman yang banyak, tidak ada yang mengampuni dosa selain engkau. Ampunilah aku dengan ampunan di sisi-Mu dan kasihilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Setelah membaca doa sebelum salam kemudian mengucapkan salam.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barokaatuh.

Artinya: Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, rahmat dari Allah SWT dan berkah-Nya.

5. Keutamaan membaca doa tahiyat akhir sebelum salam

Bacaan Doa Tahiyat Akhir Sebelum Salam Lengkap Arab, Latin dan Artinyapexels.com/Thirdman

Bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam lengkap beserta Arab, latin, dan artinya di atas memiliki keutamaan agar terhindar dari fitnah Dajjal di akhir zaman kelak. Sebab, Dajjal di hari akhir akan memberikan bujuk rayu yang menyesatkan. 

Keutamaan tersebut terdapat dalam riwayat Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah SAW bersabda berikut. 

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع من عذاب جهنم، ومن عذاب ‏القبر ومن فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال” رواه مسلم

Artinya: “Jika kamu telah selesai melakukan tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah SWT dari empat hal, adzab api Jahanam, adzab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat-Mu.” (HR. Muslim).

Itulah bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam lengkap beserta Arab, latin, dan artinya. Kamu bisa membacanya dengan tertib sesuai dengan rukun salat yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga: Bacaan Doa Tahiyat Awal dan Akhir Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Baca Juga: Doa Iftitah Lengkap: Arab, Latin dan Artinya yang Benar

Baca Juga: Tata Cara Wudu yang Benar Beserta Doa dan Urutannya Lengkap