It's Okay to Not Be Okay adalah drama Korea yang penuh misteri. Menceritakan tentang penulis buku anak yang anti sosial, Ko Moon Young yang akhirnya bertemu orang yang akan ia cintai. Namun, pertemuan keduanya melahirkan banyak teka-teki yang sampai saat ini belum terjawab.

Para penonton pun mulai membahas dan melahirkan teori dari masing-masing pemikiran mereka setelah menyambungkan satu adegan dengan adegan lainnya. Beberapa teori telah dirangkum di bawah ini.

1. Sang Tae dan Moon Young adalah saudara kandung

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Teori pertama dan paling aneh adalah keterikatan darah antara Moon Young dan Sang Tae sebagai saudara kandung. Teori ini muncul dari bakat seni yang dimiliki Sang Tae dan Moon Young.

Ibu Moon Young diceritakan sebagai penulis novel yang sukses. Sedangkan menulis novel memerlukan kemampuan berkhayal yang sangat baik. Sang-Tae diceritakan memiliki kemampuan menggambar yang sangat menakjubkan. Sedangkan Moon Young memiliki bakat menulis seperti ibunya. Hal inilah yang akhirnya menjadikan penonton berasumsi bahwa keduanya adalah saudara kandung.

Jadi bagaimana menurut kalian tentang teori ini? apakah benar Sang-Tae dan Moon Young merupakan saudara kandung?

2. Sang Tae dan Gang Tae bukan saudara kandung

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Jika kita perhatikan kembali dalam beberapa scene di drama ini, terdapat kartun yang sering ditampilkan. Kartun tersebut adalah kartun tentang Dooly seekor dinosurus yang sesungguhnya merupakan anak adopsi.

Hal ini pun dijelaskan oleh Sang Tae ketika ia menceritakan fakta bahwa Dooly merupakan dinosaurus dengan spesies berbeda dengan ibunya kepada kepala perawat. Dimana Dooly merupakan dinosaurus Carnivora dan ibunya adalah dinosaurus Herbivora. Cerita tentang Dooly yang merupakan anak adopsi memancing penonton untuk berasumsi apakah cerita ini terkait dengan keadaan Sang Tae?

Jika teori ini benar maka teori ini mendukung teori pertama sebelumnya.

3. Ibu Ok Ran adalah ibu kandung Moon Young

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Ibu Ok Ran merupakan salah satu pasien yang berada di Rumah Sakit Jiwa Ok. Dalam beberapa scene dirinya menunjukan perilaku yang dilakukan oleh ibu kandung Moon Young seperti menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasanya dinyanyikan untuk Moon Young. Perilaku kedua adalah memancing kemarahan ayah Moon Young yang mengakibatkan dirinya dicekik oleh ayah Moon Young.

Dan yang terakhir adalah dirinya yang mendatangi Moon Young di hari ulang tahun Moon Young. Hal inilah yang menjadikan penonton meyakini bahwa Ibu Ok-Ran adalah ibu kandung dari Moon Young.

4. Pembunuh ibu Gang Tae adalah ibu Moon Young

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Teori keempat ini adalah teori yang kurang berdasar dari segala teori yang ada. Teori ini ada dikarenakan imajinasi para penonton yang mengaitkan Moon Young yang membenci kupu-kupu sehingga ia merobek sayapnya, dikaitkan dengan kebencian Moon Young Kepada ibunya. Sehingga kupu-kupu ini seakan-akan menggambarkan ibu Moon Young.

Kemudian kunci dari kematian ibu Gang Tae adalah kesaksian dari Sang Tae mengenai kupu-kupu yang diyakininya berada di tempat kejadian perkara, dan bahkan yang membunuh ibu Sang Tae dan Gang Tae.

Keterkaitan inilah yang mendasari penonton melahirkan teori keempat.

5. Kepala perawat adalah ibu kandung Moon Young yang sebenarnya

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Walaupun sebelumnya ada teori yang mengatakan bahwa ibu kandung Moon Young adalah Ibu Ok Ran, namun sebagian penonton ada juga yang meyakini bahwa Ibu kandung Moon Young adalah kepala perawat di rumah sakit jiwa tersebut. Hal ini didasari dengan ekspresi aneh kepala perawat ketika dirinya terluka akibat sayatan buku yang disebabkan oleh Ibu Ok Ran. Ekspresi yang seharusnya ditunjukan adalah kesakitan namun dirinya menunjukan ekpresi senang dengan sedikit senyum kepuasan yang dirasa janggal.

Ekspresi inilah yang mengaitkan kepala perawat dengan sifat psikopat yang dimiliki ibu Moon Young. 

6. Ibu kandung Moon Young sebenarnya memang meninggal

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Dari awal penulis telah memberitahu penonton bahwa ibu kandung Moon Young memang telah tiada. Hal ini berasal dari kesaksian ayahnya yang mengatakan bahwa Ibu Moon Young telah tewas.

Menurut penonton kemtian ibu Moon Young diakibatkan pembunuhan yang dilakukan oleh ayahnya. Sedangkan alasan ayahnya membunuh Ibu Moon Young adalah dirinya menyaksikan pembunuhan yang dilakukan ibu Moon Young kepada ibu Gang Tae. Dirinya yang menyaksikan pembunuhan yang dilakukan oleh istrinya menjadikannya takut untuk menjadi korban pembunuhan selanjutnya, sehingga dengan terpaksa dirinya membunuh ibu Moon Young.

Setelah ayahnya membunuh ibu Moon Young, dirinya mulai mendapatkan penyakit kejiwaan. Dan hal itulah yang mengakibatkannya berada di Rumah Sakit Jiwa Ok.

7. Gang-Tae sebenarnya psikopat

7 Teori Kdrama It's Okay To Not Be Okay yang Jarang DiketahuiDok. TvN

Kepribadiannya yang lebih banyak diam dan dingin mengasumsikan penonton bahwa psikopat sesungguhnya bukanlah Moon Young melainkan Gang Tae. Selain kepribadiannya yang diam dan dingin, senyum creepy yang ditunjukannya juga diyakini mirip dengan karakter psikopat. Belum lagi ketika temannya mengatakan bahwa senyum Gang Tae mirip dengan Joker.

Penggiringan opini yang terus dilakukan oleh penulis kepada penonton agar seakan-akan bahwa Moon Young lah yang psikopat padahal jika diamati Moon Young hanya mengalami trauma dan sesekali terlihat merasa takut. Sedangkan psikopat sendiri tidak pernah merasa takut, sama halnya dengan Gang-Tae.

Menurut kamu teori mana yang paling masuk akal?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "7 Teori KDrama It's Okay To Not Be Okay yang Belum Kamu Ketahui"

Baca Juga: Realistis, Ini 9 Kutipan Menohok dari Drama 'It's Okay Not to Be Okay'

Baca Juga: Akrab! 11 Momen Pemain 'It's Okay to Not Be Ok' di Belakang Kamera

Baca Juga: Kenalan Yuk sama Kwak Dong Yeon, Si Pasien "It's Okay to Not Be Okay"