Penghujung tahun adalah saat yang tepat untuk merangkum semua kejadian-kejadian viral yang terjadi di tahun tersebut. Yap! YouTube Rewind adalah sebuah video yang ditunggu-tunggu para pengguna YouTube untuk melihat seberapa keren kreasi dari rangkuman kejadian setiap tahun yang dibuat oleh para kreator-kreator YouTube

Video Rewind 2019 ini baru saja dirilis pada Kamis, 5 November 2019 sebagai bagian dari tradisi tahunan YouTube yang menyoroti tren dan pencipta terbesar tahun ini. Video Rewind 2019 sudah ditonton lebih dari 11 juta kali. Dalam video Rewind 2019 kali ini menampilkan sejumlah momen dari setiap kategori, mulai dari video YouTube terbaik di beberapa negara, video musik paling banyak ditonton, dan video paling populer lainnya.

YouTube Rewind 2019 Rilis, Netizen Kurang Puas?Popbela.com/Nabila Damaan

Setelah keributan yang disebabkan video Rewind 2018 tahun lalu, YouTube menyajikan video tahun ini sebagai kompilasi momen terbesar platform dalam upaya untuk menyoroti konten yang paling banyak ditonton dan disukai pengguna. Terdapat beberapa kreator YouTube dalam video tersebut seperti Shane Dawson, James Charlie, PewDiePie, jeffreestar, Pensilmation, hingga Atta Halilintar masuk ke dalam video Rewind 2019

YouTube Rewind 2019 Rilis, Netizen Kurang Puas?Popbela.com/Nabila Damaan

Sayangnya, para pengguna YouTube merasa sangat kecewa dan tidak puas dengan video Rewind 2019. Terbukti pada video yang menjadi trending YouTube ini mendapatkan lebih banyak dislike daripada like. Video Rewind 2019 sendiri telah menerima 1,8 juta dislike dibandingkan dengan hampir 1 juta Like, dan ribuan komentar dari pengguna YouTube yang kecewa. 

Rata-rata dari pengguna YouTube yang menyaksikan video Rewind 2019 merasa ini adalah video yang membosankan. Kreator dari video Rewind 2019 dianggap terlalu malas dalam membuat video. Dan, ada beberapa pengguna yang merasa ini adalah video Rewind yang 'low-budget' karena hanya menayangkan kompilasi video-video dari kreator-kreator di YouTube.

YouTuber asal London, Evan Edinger mengatakan dalam cuitannya di Twitter bahwa video Rewind 2018 memang buruk, tapi video Rewind 2019 tidak menggambarkan apa-apa melainkan hanya sebuah statistik.

Sebuah akun animasi dari Twitter @RiseFallNick juga mengungkapkan kekecewaan terhadap video Rewind 2019. 

Apakah video Rewind 2019 akan mengikuti jejak video Rewind tahun sebelumnya yang mendapat rekor video yang paling banyak mendapatkan dislike? Apa pendapat kamu tentang video Rewind 2019 ini, Bela? 

Baca Juga: Caci Maki hingga Pujian, Ini Reaksi Netizen Soal YouTube Rewind 2018