Sempat berhibernasi selama 2 tahun, di akhir bulan September 2022, IDN Media kembali menggelar acara Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022 untuk yang ketiga kalinya. Ajang millennial dan gen-z terbesar bertema ”Indonesia Fast Forward“ ini berlangsung selama dua hari, tepatnya 29-30 September 2022, di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

IMGS 2022 kali ini menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten yang berasal dari berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan, sampai kepemimpinan millennial.

IMGS 2022 membawa angin segar sekaligus semangat untuk bangkit melalui sesi-sesi dengan berbagai topik diskusi yang berbeda. Semua tersaji dalam tiga panggung utama IMGS 2022, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta. 

Banyak keseruan terjadi di hari terakhir IMGS 2022, lho. Penasaran? Keep scrolling, Bela!

Sambutan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Hadir di panggung Visionary Leaders, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif memberikan sambutannya, “Karena perubahan iklim, banyak negara di dunia sepakat untuk memberlakukan zero carbon emission. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan energi terbarukan dan potensi energi terbarukan Indonesia masih sangat luas. Sehingga, potensi ini mesti didukung oleh perkembangan teknologi yang ekonomis. Sebagai anak muda, peran Millennial dan Gen-Z dibutuhkan dalam memerangi krisis energi dan menurunkan emisi.”

Anies Baswedan sampai Najwa Shihab ramaikan panggung Visionary Leader

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jurnalis dan Founder Narasi Najwa Shihab, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, dan Presiden Persija Jakarta Muhammad Prapanca turut hadir di panggung ini.

Dalam sesi The Future of Indonesia Democracy’, Anies Baswedan, Najwa Shihab dan Burhanuddin Muhtadi memberikan pandangan dan harapan mereka terhadap demokrasi di Indonesia. 

Apalagi di tahun 2024 nanti Indonesia akan melakukan perhelatan demokrasi besar, yakni pemilihan presiden. Pada pemilu nanti akan lebih banyak Gen Z, generasi kelahiran 1997–2021, yang dapat berpartisipasi. Sementara itu, generasi milenial sudah terjun di kancah politik dan menjadi jajaran politisi muda.

Putri Tanjung bicara tentang seni bernegosiasi

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Berlanjut di panggung Future is Female persembahan Popbela.com, ada banyak sesi yang nggak kalah menarik salah satunya bertemakan “Women in The Workforce: The Art of Negotiation”, Putri Tanjung membagikan pengalamannya sebagai seorang negosiator di dalam perusahaan yang dijalaninnya.

Bernegosiasi itu untuk kepentingan dua belah pihak. Jangan sampai merugikan orang lain dan menjatuhkan orang lain,” pesan Putri Tanjung.

Dua sosok muda berprestasi Mischka Aoki & Devon Kei Enzo bagikan harapan mereka tentang pendidikan

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Di panggung Future is Female by Popbela.com, hadir pula tokoh-tokoh perempuan Indonesia sebagai pembicara antara lain Pilot Perempuan Garuda Indonesia Tania Artawidjaya, Iim Fahima, seorang founder Queenrides, dan masih banyak lagi.

Nggak ketinggalan di panggung ini juga menghadirkan sosok generasi gen-z yang sangat inspiratif dan berprestasi, yakni Mischka Aoki & Devon Kei Enzo. 

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Tercatat sebagai peraih medali Internasional terbanyak di tahun 2021, keduanya juga mendapatkan apresiasi langsung loh dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim yang juga menghadiri IMGS 2022 di hari kedua ini. 

Pada kesempatan sore itu Mischka Aoki memberikan pandangannya tentang sistem pendidikan di Indonesia. Menurut Mischka sebagai generasi yang ingin merasakan pendidikan lebih baik, ada beberapa hal yang patut jadi fokus setiap individu ataupun semua pihak. Pertama pola pikir dan mental health jadi hal yang perlu difokuskan, kedua melek akan teknologi, dan terakhir dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar.

Keanu, Baim Wong dan Aul satu panggung di Talent Trifecta

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

Tiga kreator kocak, Baim Wong, Aul dan Keanu diundang untuk menjadi pembicara Indonesia Millennial And Gen Z Summit 2022. Dalam sesi "Be Authentic: Staying On Top Of Trends" di panggung Talent Trifecta, mereka berbagi soal awal mula ia menjejaki dunia konten.

Aul yang dikenal dengan aksi kocak bin nyeleneh di TikTok dengan pembawaan yang ‘lemas’ mengatakan bahwa pesona yang ia bangun ternyata tidak pernah direncanakan sebelumnya. 

Berbeda dengan Keanu. Persona marah-marah yang begitu melekat dengan dirinya juga menjadi sesuatu yang baru di kalangan public figure. Keanu pun terang-terangan mengungkap bahwa ia lebih suka disebut selebgram daripada kreator konten.

Artis yang kerap kali melanglang buana di dunia persinetronan Indonesia, Baim Wong juga menceritakan awal mula ia banting setir menjadi konten kreator. Bermula ketika tawaran untuk bermain sinetron mulai memudar. Ia kemudian mencoba membuat akun YouTube, Baim pun memulai dengan membuat konten ngisengin orang dan coba menyamar. Channel-nya baru mendapat perhatian publik usai suami Paula Verhoeven ini berpura-pura jadi orang gila.

Perbincangan seru tentang cerita horor bersama Nessie Judge

#IMGS2022: Last Day, Banyak Pembicara Keren Membuat Acara Makin Seru! dok. IDN Media

YouTuber sekaligus podcaster, Nessie Judge, nggak mau ketinggalan meramaikan panggung Talent Trifecta dalam perhelatan IMGS 2022 hari kedua. Perbincangan seru sore itu membahas mengapa cerita horor menjadi hal yang paling dan masih disukai oleh masyarakat Indonesia. 

Nessie kemudian turut memberikan tanggapannya dengan lugas, “I think horror in Indonesia is part of culture. Jadi, dari kecil kita selalu mendengar cerita-cerita horor dan kita punya ikon-ikon horor seperti suster ngesot, pocong, kuntilanak. Itu sudah bagian dari our culture, our identity a little bit dan itu kenapa kayaknya karena sesuatu yang masih kita belum mengerti dan banyak banget sudut pandangnya jadi itu sangat menarik untuk orang Indonesia,” ungkapnya. 

Nggak lupa Nessie juga mengingatkan Nerorris–sebutan untuk penggemar konten horor Nessie untuk menantikan konten paling ditunggu di bulan Oktober, yaitu Spooktober. Siapa yang sudah nggak sabar dibanjiri konten-konten horor dari akun Nessie Judge?

Itulah rangkuman keseruan acara Indonesia Milenial & Gen-Z Summit 2022 di hari kedua. Sayangnya, keseruan Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 harus berakhir. Bagi kamu yang melewati keseruan dan sesi-sesi menarik dalam acara IMGS 2022, kamu bisa lho membaca artikel-artikel yang sudah diterbitkan. Nantikan perhelatan Indonesia Summit tahun berikutnya, ya Bela! See you! 

Baca Juga: #IMGS2022: Mengenal Budaya Patriarki Bersama Nova Riyanti Yusuf

Baca Juga: #IMGS2022: Pentingnya Ajaran Orang Tua Bagi Marsha Zulkarnain

Baca Juga: #IMGS2022: Mischka Aoki Ungkap Harapan Usai Jenjang Pendidikan