Menjadi seorang idol K-Pop memang bukan suatu pekerjaan yang mudah. Keterkenalan menuntut para idol untuk tampil di depan publik dengan image yang baik. Penampilan serta talenta harus terus dijaga demi eksistensi di dunia hiburan. 

Belum lagi jadwal latihan, konser serta kegiatan lain yang mendukung kecemerlangan mereka di dunia hiburan cukup padat. Tentu hal tersebut sudah sangat melelahkan. Menjadi seseorang yang sempurna baik di depan maupun di belakang kamera pun menjadi hal yang penting bagi perjalanan karier sang idol.

Namun, setiap idol pasti memiliki beberapa haters yang selalu berkomentar tentang kehidupan mereka bahkan sampai dengan menggunakan kata-kata yang kasar. Selain tuntutan pekerjaan, perilaku haters juga lah yang membuat beberapa idol merasa terbebani dan akhirnya mengalami depresi. Baru-baru ini dikabarkan salah satu personel boyband asal Korea Wanna One, Kang Daniel pada awal tahun 2019 didiagnosa mengalami depresi.

Lalu, siapa saja idol Korea yang mengakui alami depresi? Yuk, simak.

1. Taeyeon 'SNSD'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami DepresiWonderfullGeneration

Taeyeon, leader girlband 'SNSD' pada bulan Juni lalu sempat membuat para penggemarnya merasa khawatir. Dalam Instagram Story, Taeyeon mengaku bahwa dirinya sedang mengalami depresi yang mengharuskan ia meminum obat antidepresi dari dokter dan sedang dalam masa pemulihan. Taeyeon juga sempat meminta maaf kepada para penggemarnya karena selama ia sakit Taeyeon jarang berkomunikasi dengan mereka. 

Belum diketahui apa yang menyebabkan ketua dari girlband SNSD ini mengalami depresi. Dalam postingan Instagram terakhirnya, Taeyeon mengatakan bahwa dirinya menjadi lebih bersemangat karena telah melakukan interaksi dengan para penggemarnya. 

2. G-Dragon 'BIGBANG'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami DepresiKpopping

Di awal kariernya menjadi anggota boyband 'BIGBANG', G-Dragon mengungkapkan bahwa dirinya sempat merasa depresi karena dikecam telah melakukan plagiarisme pada single Heartbreaker. Hal tersebut sempat membuat G-Dragon menutup diri dari orang-orang sekitarnya, bahkan G-Dragon menghidari komunikasi dengan orangtuanya sendiri. 

Untungnya berkat dukungan dari orang-orang sekitar, juga dari para penggemar G-Dragon bisa melewati masa depresinya, bahkan bisa mengeluarkan album Kwon Ji Yong, serta mengikuti wajib militer dengan baik. 

3. Uee 'After School'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami Depresifanpop

Pada bulan April lalu, Uee aktris sekaligus penyanyi Korea Selatan menceritakan kisahnya yang pernah hampir mengalami depresi karena komentar jahat penggemar. Uee merasa tertekan dengan beberapa komentar netizen yang mengatakan bahwa bentuk tubuh Uee mengalami perubahan akibat melakukan operasi. Para penggemar menyayangkan bentuk tubuh Uee yang terlalu kurus akibat melakukan diet, bahkan mengira Uee melakukan operasi karena wajahnya yang terlalu tirus. 

4. Heechul 'Super Junior'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami Depresikprofiles.com

Kali ini datang dari salah satu personel boyband 'Super Junior', Heechul. Dalam acara variety show 'Why are You at My House' yang tayang pada bulan Agustus lalu Heechul menceritakan bagaimana ia merasa depresi akibat ulah para penggemar. Heechul sampai tidak menyukai apabila gorden di dalam rumahnya terbuka. Hal tersebut sangat mengganggunya takala banyak fans yang merusak privasinya. 

5. HyunA

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami Depresipinterest.com

Nggak tanggung-tanggung, bukan hanya satu melainkan HyunA pernah mengalami tiga masalah kesehatan mental, lho Bela. HyunA mengakui hal tersebut melalui akun sosial media miliknya. Kala itu HyunA sempat merasa menyesal telah terjun ke dunia hiburan. Lalu, pada tahun 2016 HyunA melakukan pemeriksaan dan didiagnosa mengalami depresi dan gangguan kepanikan. Setelah itu HyunA juga lebih sering pingsan dan diketahui HyunA juga mengidap penyakit lain bernama Vasovagal Syncope. Vasovagal Syncope sendiri adalah sebuah kondisi yang menyebabkan orang tak sadarkan diri karena mengalami tekanan yang sangat ekstrem.

6. B.I 'iKON'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami Depresisepositif

Rapper yang telah memulai masa training-nya sejak usia 12 tahun tersebut mengungkapkan ia sempat stres ketika harus kalah dari Tim A, yang kini lebih dikenal dengan nama Winner. Ia merasa tidak bisa mengendalikan emosinya saat tampil di TV WIN: WHO IS NEXT, membuatnya kesulitan membuat tim B bangkit. Dan, pada tahun 2016 B.I tertangkap akibat membeli obat-obatan terlarang dan menyebabkan ia harus keluar dari 'iKon'.

7. Kang Daniel 'Wanna One'

Miris! Ini 7 Idol Korea yang Mengaku Alami DepresiSoompi.com

Baru-baru ini mantan member Wanna One, Kang Daniel didiagnosa menderita penyakit mental depresi. Kang Daniel diumumkan akan mengambil istirahat dari segala kegiatan keartisan untuk memulihkan kesehatan. Kabar tentang Kang Daniel tersebut dibenarkan oleh Agensi KONNECT Entertainment. Akibatnya proses pra-rekaman untuk Show Champion MBC Music yang dijadwalkan pada 4 Desember kemarin dibatalkan. 

Kabarnya Kang Daniel merasa sangat tertekan karena kerap diserang para haters dengan banyak beredarnya rumor yang tidak benar tentang dirinya. Belum lagi ditambah dengan komentar-komentar negatif yang ditulis oleh para netizen.

Itulah deretan idol K-Pop yang mengakui alami depresi. Selain kesehatan fisik kesehatan mental juga sangat penting. Jaga terus kesehatanmu, ya Bela.

Baca Juga: 5 Idol K-Pop yang Sering Banget Terlibat Skandal Kencan