Beberapa benda yang berada di sekitarmu memang diciptakan untuk mempermudah kamu saat melakukan segala aktivitas. Misal perkakas seperti palu, obeng, dan gergaji adalah benda-benda yang diperlukan saat kamu akan memperbaiki sesuatu. Namun, benda-benda yang seharusnya diciptakan untuk membantu meringankan pekerjaan apabila digunakan dengan tidak hati-hati maka benda tersebut bisa sangat membahayakan bahkan bisa sampai membahayakan nyawa kamu, lho.

Melansir dari toptenz.net 10 benda sehari-hari di bawah ini ternyata menyimpan bahaya tersembunyi paling mematikan. Apa saja ya? Yuk simak Bela. 

10. Mesin Penyedot Debu

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamuelektro-esa.at

Tahukah kamu bahwa mesin penyedot debu bisa membahayakan nyawa? Kecelakaan yang sering terjadi akibat mesin penyedot debu adalah pada saat kamu menggunakan penyedot debu untuk membersihkan tangga. Kondisi tangga yang sempit ditambah mesin penyedot debu yang sedikit berat dan terkadang kabel ataupun selang dari penyedot debu yang tidak beraturan dapat membuatmu kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh. 

Selain menimbulkan cidera, penyedot debu juga sangat tidak direkomendasikan diberikan kepada anak-anak dan digunakan di dekat mereka. Mengapa? Dalam satu kasus, ada seorang anak yang menderita luka bakar tingkat keempat setelah tangannya terjebak dalam penyedot debu yang ia mainkan. Duh, bahaya sekali, ya?

9. Pemanggang Roti

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamustackpathdns.com

Siapa yang menyangka bahwa alat yang satu ini bisa membahayakan nyawa? Nyatanya memang iya, mesin pemanggang roti bisa menyebabkan kamu mengalami luka bakar yang serius, dan juga bisa menimbukan kebakaran, lho. 

Hal tersebut terjadi apabila mesin pemanggang roti menjadi macet karena adanya roti yang tersangkut di dalam, lalu kamu mengerahkan segala upaya untuk mengeluarkan roti tersebut dengan menggunakan sendok atau garpu yang terbuat dari logam. Masalahnya adalah logam menghantarkan listrik, dan kamu bisa tersengat listrik. 

Sebaiknya hindari menyalakan atau mencabut pemanggang roti dengan tangan yang basah. Dan, jangan pernah meninggalkan mesin pemanggang roti tanpa pengawasan dan pastikan untuk mencabutnya saat tidak digunakan, ya Bela.

8. Pemutih Pakaian

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan NyawamuDok. Internet

Mungkin terdengar sepele, tetapi pemutih juga merupakan benda yang bisa membahayakan nyawamu. Kandungan klorin pada pemutih apabila tercampur dengan bahan kimia yang salah akan sangat berbahaya. Masalahnya adalah beberapa bahan kimia yang sangat umum, seperti amonia atau pembersih rumah tangga berbasis asam. Pemutih dapat menyebabkan cedera kimia yang mengerikan apabila tercampur dengan bahan-bahan tersebut. 

Pemutih juga menjadi salah satu penyebab utama kasus keracunan pada anak-anak. Maka sebaiknya letakan pemutih jauh dari jangkauan anak-anak, ya.

7. Meja Rias dan Rak Buku

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamualicdn.com

Begitu banyak kasus kematian terjadi akibat kecelakaan dari meja rias dan rak buku yang terjatuh. Biasanya hal tersebut terjadi apabila saat orang dewasa yang menarik sesuatu yang berada di rak, dan juga terkadang anak-anak yang memanjat rak-rak tersebut sehingga kecelakaan kecil maupun serius pun tidak dapat dihindari. 

Fakta mengungkapkan kematian di masa kanak-kanak oleh furnitur yang jatuh terjadi di Amerika Serikat setiap dua minggu sekali. Hal tersebut bisa dihindari dengan cara rak bisa direkatkan ke dinding dengan menggunakan paku, dan dengan cara mengurangi beban dari rak- rak tersebut. 

6. Lampu Lava (Lava Lamps)

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamumcgill.ca

Diciptakan pada tahun 1963 di Inggris oleh pengusaha Edward Craven, mantan pilot intelijen Perang Dunia II, lampu lava telah menjadi semakin populer sejak diperkenalkan. Diciptakan dengan bohlam di dalam wadah transparan atau tembus cahaya - seringkali berbentuk roket - yang berisi air. Di dalam tabung tersebut terdapat lilin yang apabila dipanaskan makan lilin tersebut akan menggumpal dan terus bergerak ke atas dan ke bawah. 

Suatu kasus seorang pria malang asal Washington bernama Aiden Bray meninggal pada usia 24 tahun ketika ia meletakkan lampu lava di atas kompor untuk menghangatkan lampu tersebut. Tekanan menumpuk sangat cepat saat air mencapai titik didih dan lampu meledak. Pecahan kaca berhamburan dan salah satunya  menembus hati pria yang malang itu. Duh, mengerikan sekali.

5. Smartphone

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamubaltimoresun.com

Ternyata ponsel pintarmu juga bisa membahayakan nyawa, lho. Sengatan listrik dan cedera akibat baterai meledak adalah sedikit bahaya yang diketahui timbul akibat penggunaan smartphone. Dalam satu kasus, seorang gadis berusia 14 tahun meninggal setelah smartphone-nya meledak saat dia tidur. 

Alua Abzalbek dari Kazakhstan dilaporkan menderita cedera fatal ketika telepon pengisian daya terlalu panas. Lalu, seorang CEO Malaysia dilaporkan meninggal ketika sebuah "ponsel" miliknya meledak. Dan masih banyak kasus kematian yang ditimbulkan dari smarphone. Kamu harus hati-hati ya, apalagi saat smartphone-mu sedang mengisi daya, ya. 

4. Microwave

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan NyawamuDok. Internet

Microwave memang diciptakan untuk membantu kamu dalam memasak. Diciptakan demi kenyamanan, kecepatan, dan lebih aman daripada memasak dengan menngunakan kompor. Namun, terkadang microwave juga bisa menimbulkan bahaya jika tidak digunakan sesuai dengan prosedur. 

Misalnya kamu tidak boleh memanaskan telur yang masih utuh dengan cangkangnya, karena gelombang mikro yang diberikan oleh microwave bisa membuat telur meledak. Dalam satu kasus yang sangat mengerikan, seorang anak perempuan berusia 9 tahun di Inggris menderita trauma signifikan pada matanya akibat telur yang dipanaskan menggunakan microwave meledak saat dikeluarkan dari microwave sehingga serpihan cangkang telur mengenai matanya.

3. Hewan Pengerat

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamudonnhatidy.com

Kamu pasti tahu kan kalau tikus sangat tidak baik bagi kesehatanmu? Apabila di dalam rumahmu mulai terdengar suara-suara tikus lebih baik mulai sekarang kamu siapkan perangkap tikus ya Bela. Oh iya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan rumahmu ya, karena tikus sangat menyukai tempat-tempat yang kotor. Gangguan kesehatan yang sering ditimbulkan dari tikus adalah penyakit Tifus.

Dan yang lebih mengejutkan lagi ada beberapa jenis tikus yang membawa virus Sin Nombre yang sangat jahat. Virus tersebut berevolusi dengan hewan pengerat dan membunuh 30 persen orang yang terinfeksi. Tidak ada vaksin, dan mereka yang terinfeksi memerlukan perawatan medis untuk peluang bertahan hidup.

2. Kayu Manis

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamuctfassets.net

Kamu tahu Cinnamon Challenge? Yap! Sebuah tantangan yang sempat viral di Amerika, yaitu memakan sesendok kayu manis bubuk dalam waktu kurang dari 60 detik tanpa minum apa pun, kemudian mengunggah video ke Internet. Sejumlah kematian dilaporkan akibat Cinnamon Challenge tersebut, lho. 

Sebagian besar kematian terjadi karena tersedak oleh serbuk kecil dari kayu manis bubuk tersebut. Dan kematian akibat bubuk kayu manis juga terjadi apabila bubuk kayu tersebut terhisap terlalu banyak ke dalam paru-paru. Di Kentucky, seorang bocah lelaki berusia empat tahun meninggal hanya satu setengah jam setelah dia menuju persediaan kayu manis yang disimpan di dapur. Bocah tersebut meninggal akibat bubuk kayu manis yang terhirup terlalu banyak ke dalam patu-paru. 

1. Selendang

Hati-Hati! 10 Benda Kecil Ini Ternyata Membahayakan Nyawamuwomenarray.com

Syal atau selendang adalah aksesoris yang populer sungguh disayangkan betapa berbahayanya syal dalam situasi-situasi tertentu bahkan  bisa menyebabkan kematian bagi penggunanya. Seperti salah satu kasus yang cukup terkenal, yaitu kasus Isadore Duncan tahun 1929, yang mengalami kecelakaan akibat selendang panjangnya tersangkut ke dalam roda Buggati miliknya, dan kasus yang terjadi di Kanada, seorang wanita Montreal meninggal setelah syal dan rambutnya tersangkut di eskalator. 

Penelitian medis telah dilakukan menunjukkan sejumlah kasus di India akibat perempuan-perempuan yang menggunakan selendang-selendang panjang. Masalahnya adalah seledang yang digunakan dengan panjang 12 kaki ini bisa menimbulkan cedera leher yang sangat serius jika seledang tersebut tersangkut di kendaran bermotor, dan juga alat-alat pertanian. Duh, mengerikan sekali ya?

Itulah 10 benda sehari-hari yang bisa membahyakan nyawamu. Sebaiknya kamu selalu berhati-hati dalam setiap pekerjaan dan menggunakan benda-benda, baik yang sudah di bahas di atas maupun benda-benda lainnya, ya Bela.

Baca Juga: 7 Benda yang Ternyata Tidak Boleh Kamu Bawa Saat Penerbangan