10 Lagu K-Pop Terpopuler di Tahun 2022, Apa Lagu Favoritmu?

10 Lagu K-Pop Terpopuler di Tahun 2022, Adakah Lagu Favoritmu?

Ratusan juta kali diputar

10 Lagu K-Pop Terpopuler di Tahun 2022, Adakah Lagu Favoritmu?

Demam K-pop belum menunjukkan penurunan, malah kian hari semakin bersinar. Di tahun 2022 ini banyak sekali produsen musik di Korea Selatan yang berbondong-bondong menciptakan karya. Bahkan ada beberapa yang debut setelah sekian lama vakum, seperti halnya BLACKPINK dan SNSD.

Nggak jarang lagu-lagu K-pop terbaru tersebut langsung diserbu oleh ratusan juta pendengar di seluruh dunia. Lebih dari 400 album, baik album mini maupun album studio dirilis di tahun 2022, nggak terbayangkan seberapa banyak lagu yang mereka produksi di tahun ini.

Dari sekian banyak lagu pasti ada lagu yang paling populer lahir di antaranya. Untuk itu, Spotify merilis daftar 10 lagu K-pop terpopuler di tahun 2022. Penasaran siapa saja ada di daftar tersebut?  

1. "Pink Venom"- BLACKPINK

https://www.youtube.com/embed/gQlMMD8auMs

Pink Venom” menjadi lagu K-pop pertama yang masuk daftar terpopuler. Single yang menjadi pembuka album ‘Born Pink’ ini berhasil meraih 456 juta penonton di musik video yang diunggah di YouTube. Selain itu, lagu ini berhasil menggaet 300 juta lebih pendengar di Spotify.

"Pink Venom" sukses secara komersial dan memuncak di nomor satu di tangga lagu Billboard Global 200 selama dua minggu lamanya, membuatnya menjadi hit nomor satu pertama yang diduduki oleh girl grup.

Di negara asalnya sendiri, lagu tersebut berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard's South Korea Songs selama dua minggu dan memuncak di nomor dua di Circle Digital Chart. 

Menariknya lagi, “Pink Venom” menjadi lagu pertama grup K-pop yang menduduki puncak Tangga Lagu ARIA Australia, dan menduduki puncak tangga lagu di Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, dan Vietnam.

2. "That That" (PSY feat. SUGA 'BTS')

https://www.youtube.com/embed/8dJyRm2jJ-U

Lagu K-pop terpopuler selanjutnya berasal dari kolaborasi penyanyi Korea Selatan Park Jae-sang (PSY) bersama dengan salah satu member BTS, Suga bertajuk "That That". Lagu yang dirilis sebagai bagian dari album studio ke-8 PSY yang bertajuk ‘Psy 9th’ ini berhasil didengarkan oleh pendengar Spotify sebanyak lebih dari 145 ribu kali. 

Sejak diunggahnya musik video pada 29 April 2022, MV tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 30 juta views dalam waktu 24 jam setelah dirilis. Lagu ini juga pernah bertengger di posisi ke-5 dalam Top Global 200 Billboard, menduduki puncak di negara asalnya serta Vietnam, dan Amerika Serikat.

3. "Tomboy" - (G)I-dle

https://www.youtube.com/embed/Jh4QFaPmdss

Selanjutnya ada lagu yang berasal dari girl band, (G)I-dle. Pada 24 Februari, (G)I-dle akan merilis album terbaru mereka yang bertajuk ‘I Never Die’ dengan single utamanya "Tomboy" yang rilis pada 14 Maret 2022, perilisan pertama mereka sebagai grup beranggotakan lima orang.

"Tomboy" pernah menjadi menduduki puncak tangga lagu pertama grup di Korea Selatan di Gaon Digital Chart, K-pop Hot 100 Billboard Korea Selatan, yang bertahan selama dua minggu berturut-turut. Lagu ini juga berhasil didengarkan sebanyak lebih dari 125 juta kali di Spotify.

4. "Love Dive" - IVE

https://www.youtube.com/embed/Y8JFxS1HlDo

Selanjutnya ada lagu “Love Dive” dari girl grup Korea IVE. Berkat lagu ini idol grup yang terdiri dari enam orang ini berhasil membawa pulang penghargaan Song of the Year pada MAMA Award 2022, dan kategori yang sama pada Melon Music Award 2022.

Lagu yang dibawakan idol grup yang memulai debut di tahun 2021 ini sejak satu minggu setelah dirilis menjadi viral dan mencapai 200 juta penayangan untuk tantangan TikToknya. Di Spotify sendiri lagu ini berhasil diputar lebih dari 192 juta kali, lho. Selain itu, video musik  tersebut melonjak melewati 10 juta penayangan hanya dalam sepuluh jam setelah dirilis, Bela.

5. "Yet To Come" - BTS

https://www.youtube.com/embed/kXpOEzNZ8hQ

Idol grup BTS di tahun 2022 ini nampaknya berhasil mencetak banyak prestasi, nih. Sejak merilis “Life Goes On” pada tahun 2020, “Yet To Come” menjadiri rilisan BTS yang kembali menggunakan bahasa Korea secara penuh. "Yet To Come", lagu utama dari album antologi PROOF ini pernah menjadi lagu berbahasa Korea pertama BTS yang dinominasikan untuk Grammy Award 2022.

Sejak perilisannya lagu ini beberapa kali masuk ke dalam beberapa nominasi penghargaan musik bergengsi, seperti MTV Award 2022, MAMA Awards 2022, dan Grammy Award tentunya.

Lagu ini juga telah diputar sebanyak 212 juta kali di Spotify, dan telah menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara, seperti Jepang, India, Filipina, dan Vietnam. Di negara asalnya, lagu "Yet to Come" memulai debutnya di nomor 13 pada edisi Minggu ke-24 Gaon Digital Chart sebagai entri baru dengan peringkat tertinggi untuk periode tanggal 5–11 Juni. Di Amerika Serikat, lagu tersebut memulai debutnya di nomor 13 di Billboard Hot 100. Itu juga menduduki puncak Penjualan Lagu Digital Dunia.

6. "Eleven" - IVE

https://www.youtube.com/embed/--FmExEAsM8

Girl group IVE kembali mempersembahkan lagu yang tengah populer di tahun 2022. IVE  sendiri menjadi menonjol di antara grup rookie lainnya karena memiliki dua mantan anggota IZ*ONE, Wonyoung dan Yujin. Kali ini lagu bertajuk “Eleven”.

Secara musikal, "Eleven" adalah lagu dance-pop yang menggunakan instrumentasi oriental yang memiliki ritme perkusi berulang dan melodi marimba, sedangkan isi liriknya mengungkapkan hati seorang gadis yang sedang jatuh cinta.

Lagu Eleven sendiri berhasil menduduki posisi kedua dalam tangga lagu mingguan Jepang. Di Billboard K-pop Hot 100, lagu ini debut di nomor 12 dan terus naik ke posisi kedua pada Januari 2022.

7. "POP!" - NAYEON

https://www.youtube.com/embed/f6YDKF0LVWw

Lagu K-pop terpopuler selanjutnya datang dari salah satu member Twice, Nayeon. “POP!” sendiri adalah lagu solo pertama Nayeon. Im Nayeon, memuncak di nomor 7 di Billboard 200 AS, menjadikannya solois Korea Selatan pertama yang masuk 10 besar tangga lagu.

Lagu ini sempat viral di TikTok begitu juga dengan koreografinya yang unik. Lagu ini masuk ke dalam nominasi penghargaan MAMA Award 2022, yakni untuk kategori Best Dance Performance – Solo, dan Song of the Year. Di Spotify sendiri lagu ini berhasil masuk ke dalam jajaran 10 besar dengan jumlah streaming mencapai lebih dari 132 kali.

8. "ZOOM" - Jessi

https://www.youtube.com/embed/6j928wBZ_Bo

Zoom in (uh-huh), zoom out (okay)

Zoom in (uh-huh), zoom out (okay)

Zoom in (uh-huh), zoom out (okay)

Siapa sih yang nggak tahu lagu ini? Sempat viral di berbagai platform media sosial, lagu “Zoom” karya rapper kenamaan Korea Selatan, Jessi menjadi salah satu lagu K-pop paling populer di tahun 2022. Kamu juga ikut meramaikan trennya di TikTok nggak?

Selain viral di TikTok, “Zoom” pernah menjadi lagu pertama Jessi yang menembus 100 juta pendengar di Spotify, tepatnya pada tanggal 1 November 2022. Lagu tersebut memecahkan rekor pertama untuk penyanyi asal Korea Selatan yang meniti kariernya dengan konsep Amerika Serikat ini, lho. 

Di Asia, "Zoom" sempat bertengger di peringkat delapan Indonesia, lima di Malaysia, empat di Filipina, lima di Singapura, 20 di Taiwan, dan 21 di Vietnam.

9. "Wa Da Da" - Kep1er

https://www.youtube.com/embed/n0j5NPptyM0

Seminggu setelah meraih kemenangan pertama mereka di M Countdown, Kep1er mencatatkan kemenangan ketiga mereka untuk lagu debut mereka "Wa Da Da". Telah didengar lebih dari 125 juta kali di Spotify, dan masuk ke dalam peringkat 77 Global 200 Billboard, serta menduduki posisi 9 di Japan Hot 100. Di Amerika Serikat, lagu tersebut debut di posisi 13 di Billboard World Digital Song Sales dalam tangga lagu terbitan tanggal 15 Januari 2022.

10. "MANIAC" - Stray Kids

https://www.youtube.com/embed/OvioeS1ZZ7o

Menjadi lagu kedua dalam rilisan EP keenam Stray Kids, “Maniac” menjadi salah satu lagu K-pop terpopuler di tahun 2022, nih, Bela. "Maniac" sendiri adalah lagu trap, electro pop tentang orang-orang "aneh" yang melanggar norma sosial yang ditetapkan oleh dunia, yang mengacu pada monster Frankenstein.

"Maniac" berhasil memuncak di nomor 29 di Tangga Lagu Gaon Digital Chart, dan tampil pertama kali di US Billboard Bubbling Under Hot 100 di nomor 19, begitu pula di negara Australia, Kanada, Portugal, dan Inggris Raya.

Saat ini pun Stray Kids sedang melakukan tur dunia, lho. Bertajuk Stray Kids 2nd World Tour MANIAC, konser juga digelar di Indonesia, yaitu pada 12–13 November 2022 di Beach City International Stadium, Jakarta. Kamu ikutan nonton konser mereka juga, nggak?

Itulah 10 lagu K-pop terpopuler di tahun 2022. Dari ke-10 lagu di atas adakah idol favoritmu, Bela?

Baca Juga: 10 Nama Geng Artis Paling Populer Tahun 2022, Ada 'The Prediksi'

Baca Juga: 10 Film Bisu Paling Ikonik Menurut Rotten Tomatoes, Populer di Masanya

Baca Juga: 21 Idol K-Pop yang Selesai Wamil di Tahun 2023, Catat Tanggalnya! 

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Rating Terus Melesat, 5 Fakta Seru Drama 'Crash Course in Romance'

Rating Terus Melesat, 5 Fakta Seru Drama 'Crash Course in Romance'

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator