Memasuki awal tahun 2020, tepatnya di bulan Januari, banyak film Indonesia seru yang akan dirilis, lho Bela. Film-film tersebut akan menemanimu di awal tahun 2020, nih.

Dari film yang berkisah tentang percintaan, tentang petualangan, hingga ada film dokumenter yang sudah berhasil mendapatkan banyak penghargaan hadir untuk mewarnai bioskop-bioskop di Tanah Air pada bulan Januari 2020 ini. 

Apa saja ya? Yuk simak!

1. ABRACADABRA

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/abracadabrafilm

Di awal tahun 2020 kalian akan disuguhkan oleh film bergenre komedi bertema sulap, lho. Ya! Abracadra! Film yang diperankan oleh Reza Rahadian ini berkisah tentang Lukman, seorang grandmaster sulap yang sudah tidak percaya lagi pada keajaiban sehingga pada pertunjukan sulap terakhir ia berencana untuk mengagalkan aksi sulapnya sekaligus untuk berpamitan kepada teman-teman. 

Lukman melakukan sebuah trik sulap memasukan salah satu penonton ke dalam sebuah peti. Dan, Abracadra! seorang anak laki-laki yang masuk ke dalam peti tersebut menghilang, dan Lukman tidak mengetahui cara mengembalikan anak laki-laki itu. 

Penasaran dengan kisah selanjutnya? Nantikan di bioskop kesayanganmu, pada 9 Januari 2020.

2. Akhir Kisah Cinta Si Doel

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/akhirkisahcintasidoel

Nah, kalau film yang satu ini kamu pasti nggak asing lagi kan? Diangkat dari sinetron legendaris berjudul Si Doel Anak Betawi, dan sudah sukses dengan dua film sebelumnya, kini kisah Si Doel berlanjut di film ketiganya yang bertajuk Akhir Kisah Cinta Si Doel

Kisah cinta antara Doel dan kedua perempuan, yaitu Zaenab, dan Sarah berlanjut di film ini. Film ini mengisahkan kebimbangan seorang Zaenab yang positif hamil untuk tetap tinggal atau pergi meninggalkan Doel, dan keputusan Sarah untuk tetap mengajukan perceraian atau rujuk kembali dengan Doel, serta keputusan Doel untuk memilih satu di antara kedua perempuan tersebut.

Bagi kebanyakan film, penanyangan premier menjadi suatu ritual yang dilakukan sebelum film tersebut tayang serentak. Namun, jangan berharap film Akhir Kisah Cinta Si Doel ini bakal ada penayangan premier ya, Bela. Karena faktanya film Akhir Kisah Cinta Si Doel tidak akan melakukan premier untuk menghindari spoiler. Wah jadi semakin penasaran, ya? Film terakhir Si Doel ini akan tayang serentak di bioskop pada 23 Januari 2020.

3. Anak Garuda

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/anakgaruda_official

Film kali ini hadir karena terinspirasi dari kisah nyata Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) yang didirikan oleh Julianto Eko Putra atau akrab disapa Koh Jul berjudul Anak Garuda.

Berkisah tentang Koh Jul yang diperankan oleh Kiki Narendra, dan ketujuh anak garuda, Sayyida (Tissa Biani), Sheren (Rania Putrisari), Olfa (Clairine Clay), Wayan (Geraldy Kreckhoff), Dila (Rebecca Klopper), Yohana (Violla Georgie), dan Robet (Ajil Ditto). Mereka adalah alumni Sekolah SPI dengan latar belakang yang berbeda, dan harus menghadapi konflik di saat Koh Jul untuk pertama kalinya melepas mereka menjadi satu tim tanpa arahannya melakukan perjalanan ke Eropa. Nantikan petualangan ketujuh Anak Garuda di bioskop pada 16 Januari 2020.

4. Dignitate

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/filmdignitate

Film Dignitate yang diperankan oleh Al Ghazali sebagai Alfi berkisah tentang perjalanan cinta Alfi siswa SMA Sanjaya yang terkenal sarkas, dingin, dan galak. Walaupun memiliki sifat yang dingin tidak membuat siswi-siswi disekolahnya berhenti menyukainnya, tetapi Alfi adalah sosok yang hanya fokus terhadap prestasi. 

Sampai akhirnya datang siswi baru bernama Alana yang memiliki sifat bertolak belakang dengan Alfi sehingga membuat mereka sering bertengkar. Kehidupan Alana mulai berubah ketika munculnya tokoh Regan yang tidak lain adalah mantan Alana. Regan adalah anak geng motor yang sering membuat kegaduhan. Bagaimana kelanjutan kisah Alfi dan Alana di film Dignitate? Saksikan filmnya di bioskop pada 23 Januari 2020, ya. 

5. Janin

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/filmjanin

Sulap sudah, kisah cinta pun sudah, sekarang giliran film horor yang akan tayang di awal bulan. Ya! Janin. Janin adalah film bergenre horor yang diperankan oleh Jill Gladys, berkisah tentang pasangan suami istri bernama Randu dan Dinar yang belum lama menikah. 

Kebahagian keduanya dimulai ketika Dinar mengandung buah hati mereka. Namun, setelah memasuki bulan keempat dan setelah wanita paruh baya menjadi tetangga mereka keanehan pun mulai bermunculan. Banyak kejadian aneh yang membuat Dinar terganggu. Hingga sesosok hantu perempuan meneror Dinar dan ingin mengambil janin yang ada di dalam perut Dinar. 

Akankah janin yang ada di perut Dinar berhasil direbut oleh sosok hantu perempuan? Saksikan ketegangan film Janin di bioskop pada 16 Januari 2020.

6. Mangga Muda

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/manggamudamovie

Nah kali ini hadir film bergenre komedi yang diperankan oleh Tora Sudiro, Gery Iskak, dan Nafa Urbach berjudul Mangga Muda. Film ini berkisah tentang Agil (Tora Sudiro) yang merupakan seorang supir angkot dan mempunyai seorang istri cantik bernama Luli (Alexandra Gottardo). 

Namun, mereka belum dipercaya untuk memiliki seorang anak. Segala cara sudah keduanya lakukan sampai suatu saat Agil membuat nazar, yaitu apabila Luli sampai hamil Agil akan mengabulkan apa saja yang diinginkan istrinya tersebut. Dan, Luli akhirnya hamil, Lalu apa ya yang diminta Luli kepada Agil? Saksikan film Mangga Muda yang tayang di bioskop pada 23 Januari 2020. 

7. Nyanyian Akar Rumput

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/goodworkid

Ini dia film dokumenter yang mendapatkan banyak penghargaan film, Nyanyian Akar Rumput judulnya. Nyanyian Akar Rumput sendiri adalah film yang berhasil memenangkan Piala Citra untuk Film Dokumenter Panjang Terbaik Festival Film Indonsesia tahun 2018. Film ini dibuat selama empat tahun lamanya, yaitu dari tahun 2014 sampai tahun 2018. 

Berkisah tentang Fajar Merah putra dari Wiji Thukul - seorang sastrawan dan aktivis HAM yang 'dihilangkan' pada tahun 1998 oleh Rezim Presiden Soeharto -, bersama band Merah yang dibentuknya tahun 2010 dan mendapat dukungan dari keluarga, Fajar Merah mencoba menghidupkan kembali puisi-puisi Ayahnya, membalutnya dengan alunan nada dan merekamnya menjadi sebuah album. Film dokumnter ini kan ditayangkan di bioskop pada tanggal 16 Januari 2020. Tertarik untuk menontonnya Bela?

8. Semesta

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020kompas.com

Semesta juga merupakan film dokumenter karya Chairun Nissa yang diproduksi oleh Tanakhir Films, didirikan oleh dua produser, yaitu Nicholas Saputra, dan Mandy Marahimin.

Semesta adalah film dokumenter yang berkisah tentang tujuh sosok di tujuh provinsi di Indonesia yang bergerak melawan dampak perubahan iklim dengan merawat alam Indonesia atas dorongan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing. 

Ketujuh sosok ini melalui langkah kecilnya masing-masing, telah melakukan sesuatu untuk merawat alam Indonesia. Saksikan langkah mereka di biokop kesayangan kamu mulai 30 Januari 2020, ya.

9. Surat Dari Kematian

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/_maxpictures

Film horor yang satu ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama Surat Dari Kematian. Surat Dari Kematian ini mengisahkan anak-anak remaja yang melakukan setiap mitos terlarang dan merekamnya untuk diupload ke YouTube. 

Suatu ketika setelah gagal membuktikan urban legend hantu Mbak Rohanna di Jembatan Perawan, Yogyakarta, membuat Zein harus mengajukan pilihan tempat angker lainnya pada Kinan untuk mereka jadikan materi di konten Youtube mereka. Tidak mudah, apalagi Kinan terbilang sangat logis dan bertolak belakang dengan Zein yang memiliki kemampuan indera keenam. 

Sampai pada suatu ketika, Pasha, mahasiswa yang merupakan mahasiswi satu kampus dengan Zein dan Kinan melakukan aksi yang mengerikan di tengah kota Yogyakarta, Pasha pun mengaku mendapatkan surat dari kematian yang mengahruskan Pasha melakukan apa yang surat itu mau, kalau tidak hal yang mengerikan akan terjadi padanya. Saksikan kisah seram mereka di bioskop pada tanggal 9 Januari 2020.

10. Temen Kondangan

10 Film Indonesia ini Akan Temanimu di Awal Tahun 2020instagram.com/film_temenkondangan

Film komedi berjudul Teman Kondangan ini berkisah tentang ketakutan terbesar Putri (Prisia Nasution) yang akhirnya datang ketika menerima undangan pernikahan mantan kekasihnya Dheni (Samuel Rizal). Untuk membuktikan kalau dirinya sudah move-on, Putri ditantang oleh sahabat-sahabatnya untuk hadir ke pesta tersebut, dengan syarat membawa 'gandengan'. 

Lalu, Putri mencoba mengundang tiga laki-laki yang berbeda, dengan harapan salah satu di antara ketiganya akan bisa hadir. Namun, apa jadinya kalau ketiga laki-laki tersebut datang bersamaan? Bagaimana nasib Putri? Saksikan film Teman Kondangan di bioskop mulai tanggal 30 Januari 2020.

Itulah 10 film Indonesia yang siap nemenin awal tahun kamu. Kira-kira kamu mau nonton film yang mana saja Bela?

Baca Juga: Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Hadirkan Teks Teman Tuli