Kobe Bryant, sosok yang dikenal sebagai legenda NBA akhirnya menutup usia pada Minggu, (26/1/19) kemarin. Pemain dengan julukan Black Mamba ini memang punya segudang prestasi mentereng kala aktif sebagai ujung tombak Lakers. Berhasil kalahkan skor Michael Jordan, kini Kobe tercatat sebagai pencetak skor terbanyak nomor 3 di NBA. 

Penasaran dengan perjalanan karier Kobe Bryant? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Mulai Bermain Basket Sejak Umur 3 Tahun

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantNickyswift.com

Pria yang bernama lengkap Kobe Bean Bryant ini ternyata sudah mencintai dunia basket sejak belia, lho! Ya, sejak umur 3 tahun, Brian sudah suka bermain bermain basket. Saat itu, team favoritnya adalah Lakers.

2. Berhasil Masuk Ke Draft NBA Setelah Lulus SMA

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantNickyswift.com

Saat SMA, Kobe sudah terkenal akan kepiawaiannya bermain basket. Ia bahkan disebut sebagai pemain basket terbaik di seluruh SMA di Amerika kala itu.

Akhirnya, setelah lulus SMA, Kobe mengikuti seleksi masuk salah satu liga basket bergengsi di dunia, National Basketball Association (NBA) pada tahun 1996. Ia kemudian berhasil dipilih oleh Charlotte Hornets untuk masuk NBA. Beberapa waktu berselang, Kobe akhirnya pindah ke Lakers setelah di-trade oleh Hornets.

3. Menjadi Taring Juara Lakers Bersama O'Neal

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantIndiatoday.com

Setelah memenangkan Kontes Slam Dunk pada 1997, Kobe sukses menjadi sorotan. Bersama rekannya Shaquille O'Neal, keduanya berhasil memimpin Lakers memenangkan juara dalam 3 tahun berturut-turut, yaitu tahun 2000 sampai 2002. Sayangnya, keduanya kemudian terlibat perseteruan yang akhirnya membuat O'Neal pindah ke klub barunya, Miami Heat.

4. Cetak Poin Fantastis di Tahun 2006

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantDeverpost.com

Sukses memimpin Lakers meraih berbagai kejuaraan, Kobe kemudian berhasil menghebohkan publik saat bermain melawan Toronto Raptors di tahun 2006. Saat itu, Kobe berhasil mencetak poin fantastis, yaitu sebesar 81 poin yang juga menjadi poin tertinggi kedua dalam sejarah NBA.

5. Sempat Dituduh Melakukan Serangan Seksual

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantTuttobasket.com

Ternyata karier Kobe tak selamanya mulus. Pada tahun 2003, Kobe pernah ditahan karena diduga melakukan serangan seksual kepada seorang karyawan hotel. Akhirnya, Kobe pun mengakui tuduhan tersebut dan meminta maaf kepada publik. Atas kejadian tersebut, karier cemerlang Kobe mendadak anjlok. Beragam brand pun ramai-ramai memutus kontrak dengannya.

6. Kalahkan Poin Skor Michael Jordan

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantInstagram.com/yayu_0_0

Sejak bergabung dengan NBA di usia 18 tahun,  Kobe sudah 16 kali bergabung dalam NBA All-Star (1998-2014). Pada 2014 lalu, Kobe bahkan mengalahkan rekor skor pemain basket legendaris Michael Jordan setelah mencetak 32.310 poin atau selisih 18 poin diatas Jordan.

7. Cetak Skor Manis Jelang Pensiun

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe Bryantmsn.com

Setelah beragam cedera yang dialaminya saat berlaga di NBA, Kobe mengalami penurunan performa selama berlaga di NBA di akhir masa pensiunnya.

Pertandingan terakhirnya pun tiba. Pada 2016, Lakers menjamu Utah Jazz di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat. Di penampilan terkahirnya tersebut, Kobe berhasil mencetak 60 poin, sebuah angka fantastis bagi pemain basket berusia 37 tahun sekaligus sebagai penutup karier yang manis, ya!

8. Raih Oscar di Tahun 2018

Pernah Raih Piala Oscar, Ini 8 Perjalanan Karier Kobe BryantEtonline.com

Meski sudah pensiun, Kobe Bryant tetap mencetak prestasi bahkan di luar bidang olahraga. Pada tahun 2018, ia mendapatkan penghargaan Oscar untuk kategori Film Pendek Animasi Terbaik 2018 untuk film Dear Basketball: The Legend of Kobe Bryant. 

Film ini menceritakan bagaimana perjalanan hidup Kobe Bryant saat awal meniti karier sebagai atlet. Karena film ini, Kobe Bryant menjadi atlet pertama di dunia yang pernah mendapatkan piala Oscar.

Baca Juga: Diduga Karena Kabut Tebal, Ini Kronologi Kecelakaan Kobe Bryant