Kasus penyiraman air keras yang terjadi pada mantan penyidik KPK, Novel Baswedan, akhirnya mendapat angin segar. Secara mengejutkan, Joko Widodo mengumumkan bahwa pelaku penyiraman air keras pada Novel akan diumumkan dalam waktu dekat. Hal ini tentunya disambut baik publik mengingat kasus belum juga menemukan titik terang pasca kejadiannya yang berlangsung pada April 2017 lalu.

Bela, pelaku penyiraman air keras memang harus ditindak tegas, ya. Hal ini dikarenakan para korban yang pastinya mengalami luka fisik dan psikologis pasca penyiraman. Meski ada yang sampai melakukan operasi ratusan kali, para korban ini ternyata mampu lho untuk bangkit dan kembali menjalani hidup. Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!

1. Sonali Mukherjee

Selain Novel, Ini 4 Korban Penyiraman Air Keras yang Mampu BangkitOneindia.com

Perempuan asal India ini harus mengalami kesakitan saat 70% wajah dan tubuhnya rusak akibat disiram air keras dan dilecehkan secara seksual oleh 3 pria yang tiba-tiba masuk ke dalam rumahnya. Saat itu, Sonali yang beru berusia 17 tahun pun harus bolak-balik masuk ruang operasi sampai 28 kali. Sayangnya, rangkaian operasi itu tidak mampu mengembalikan wajah Sonali seperti sedia kala. Bahkan, Sonali juga harus menerima kenyataan bahwa ia tidak bisa lagi melihat.

Namun, selang 10 tahun kemudian tepatnya pada 2015, Sonali menemukan tambatan hatinya dan menikah dengan seorang pria bernama Chittaranjan. Menurut Sonali, ia sangat tersentuh ketika Chittaranjan mengatakan bahwa ia adalah wanita paling sempurna yang pernah ditemuinya. Semoga selalu bahagia, ya!

2. Resham Khan

Selain Novel, Ini 4 Korban Penyiraman Air Keras yang Mampu BangkitTheusafeed.com

Apa jadinya ketika sebuah perayaan ulang tahun berubah menjadi sebuah bencana? Itulah yang dirasakan oleh Resham Khan. Saat merayakan ulang tahunnya di London pada 27 lalu, Resham harus menelan pil pahit karena separuh wajahnya rusak akibat terkena siraman air keras. 

Meski awalnya harus mengalami depresi saat melihat penampilannya di cermin, Resha akhirnya menemukan cara untuk membuat dirinya lebih percaya diri. Ya, makeup! Menurut Resha, dengan makeup, ia bisa membuat penampilannya lebih cantik meski harus ia harus  sedikit kesulitan untuk mengaplikasikan makeup pada kulitnya. Cantik, ya!

3. Dana Vulin

Selain Novel, Ini 4 Korban Penyiraman Air Keras yang Mampu BangkitDailymail.com

Nasib naas menimpa Dana Vulin, perempuan yang harus menjalani 200 operasi di sekujur tubuhnya setelah disiram air keras pada 2012 lalu. Hal ini dikarenakan sang pelaku, Natalie Dimitrovska, menyimpan api cemburu pada Dana. Selama sekitar 4 tahun, Dana akhirnya harus mengenakan masker diseluruh wajah dan tubuhnya karena lukanya yang sangat parah hingga membuat Dana berpikir untuk mengakhiri hidupnya. 

Untungnya, Dana kemudian mendapatkan tekadnya kembali untuk bisa memperbaiki penampilannya. Hasilnya, setelah melalui ratusan operasi menyakitkan, Dana kini bisa tampil percaya diri di depan publik. Ia juga merilis buku berjudul "Worth Fighting For" yang menggambarkan kisah hidupnya.

4. Siti Nur Jazilah (Lisa "Face Off")

Selain Novel, Ini 4 Korban Penyiraman Air Keras yang Mampu BangkitInstagram.com/lisa_jewellry_handmade

Publik di Indonesia pernah digemparkan oleh kasus penyiraman air keras yang menimpa Siti Nur Jazilah atau yang dikenal sebagai Lisa. Saat itu diketahui bahwa si pelaku yang juga suaminya sendiri, Mulyono, tega menyiram air keras kepada Lisa karena cemburu. Hasilnya, Lisa harus rela kehilangan paras cantiknya dan terpaksa menjalani operasi "face off" sebanyak 17 kali dan dirawat selama 7 tahun untuk memperbaiki kerusakan pada wajahnya.

15 tahun berselang, kini Lisa diketahui telah sukses menekuni bisnisnya di bidang perhiasan handmade. Lisa juga banyak diundang sebagai motivator di berbagai acara. Hebat, ya!

Nah, itu dia 4 korban penyiraman air keras yang mampu bangkit dan menjalani kehidupannya dengan lebih baik. Siapa nih yang paling menginspirasimu, Bela?

Baca Juga: 7 Fakta Operasi Plastik di Korea Selatan, Memesona dengan Risiko Besar